kenapa flashdisk tidak terbaca

5 Alasan Kenapa Flashdisk Tidak Terbaca dan Cara Mengatasinya

Banyak orang yang menggunakan flashdisk sebagai sarana penyimpanan data. Terutama untuk data yang sering dipindah-pindahkan atau data-data pekerjaan agar bisa dibawa berpergian dengan mudah. Namun ada kalanya flashdisk mengalami kerusakan hingga tidak terbaca oleh perangkat. Ada banyak alasan kenapa flashdisk tidak terbaca, alasannya tidak selalu karena flashdisk sudah rusak.

Sebenarnya masalah seperti flashdisk tidak bisa terbaca merupakan hal yang cukup umum. Hal tersebut bisa terjadi karena alasan yang berbeda-beda. Jika mengetahui cara mengatasinya, maka data pasti bisa kembali dan flashdisk bisa digunakan lagi. Karena itu ulasan berikut ini akan membahas alasan flashdisk tidak bisa terbaca dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Port USB yang Kotor

Port USB pada laptop atau komputer berupa celah kecil dan mungkin jarang diperhatikan kebersihannya oleh pemilik perangkat. Apalagi di tempat sekecil itu debu dan kotoran mudah sekali bertumpuk dan menghalangi sirkuit sistem. Hal ini dapat menyebabkan konektor USB tidak bisa terpasang dengan baik. Akibatnya flashdisk tidak bisa terbaca.

Cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca karena port USB yang kotor tentu saja dengan membersihkannya. Karena itu ada baiknya memperhatikan kebersihan port USB pada laptop maupun komputer. Tidak perlu terlalu sering dibersihkan. Cukup dibersihkan sesekali agar debu dan kotoran tidak menumpuk dan menghalangi konektor USB.

2. Konektor Flashdisk Kotor

Tidak hanya port USB pada komputer atau laptop saja yang bisa kotor, konektor pada flashdisk mungkin juga kotor. Sehingga menghalangi konektivitas USB yang menjadi alasan kenapa flashdisk tidak terbaca. Apalagi flashdisk yang tidak memiliki tutup konektor dan sering diletakan di sembarang tempat yang mungkin saja berdebu dan penuh kotoran. Sehingga kotoran dan debu tersebut dapat masuk dengan mudah ke konektor flashdisk.

Baca Juga  4 Aplikasi Sadap WA Jarak Jauh, Paling Aman Tanpa Ketahuan

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya pengguna memilih flashdisk yang memiliki penutup konektor sehingga lebih menjaga kebersihan flashdisk. Kemudian meletakan flashdisk di tempat khusus yang lebih bersih dan lebih sedikit debu dan kotorannya.

3. Melepaskan flashdisk dari Komputer Tanpa Eject

Mungkin ada banyak pengguna flashdisk yang meremehkan proses eject sebelum melepas flashdisk dari perangkat seperti komputer dan laptop. Banyak pengguna yang langsung mencabut flashdisk tanpa mengeject flashdisk terlebih dahulu. Padahal kebiasaan melepaskan flashdisk dari komputer tanpa di eject lebih dahulu bisa menyebabkan flashdisk tidak terbaca.

Proses eject dapat melepaskan sepenuhnya keterkaitan data yang ada di komputer dan flashdisk. Sehingga sebelum melepas flashdisk perlu dilakukan proses eject lebih dahulu. Untuk mengatasinya, para pengguna ada baiknya membiasakan diri untuk selalu mengeject flashdisk sebelum melepaskannya dari perangkat.

4. Flashdisk yang Digunakan Palsu

Banyak sekali brand yang mengeluarkan flashdisk dengan keunggulan dan fiturnya masing-masing. Seperti kebanyakan barang lainnya, semakin bagus kualitasnya semakin mahal pula harganya. Hal itu membuat banyak oknum membuat barang replika atau barang palsu agar bisa menjualnya dengan harga lebih murah.

Para pengguna harus berhati-hati dalam membeli flashdisk dan jangan tergiur harga murah. Lebih baik membeli flashdisk di toko official yang sudah memiliki garansi produk. Flashdisk palsu terntu saja, tidak bisa bekerja sebaik flashdisk asli. Sehingga akan serting tidak terbaca oleh komputer dan laptop maupun perangkat lain.

5.  Adanya Virus dan Malware pada USB

Alasan terakhir kenapa flashdisk tidak bisa terbaca adalah mungkin ada virus atau malware pada flashdisk. Flashdisk bisa terjangkit virus atau malware karena kebiasaan memasang dan menyambungkan flashdisk ke sembarang perangkat. Padahal belum tentu perangkat yang tersambungkan itu aman dan bebas virus. Untuk mengatasi ini, ada baiknya para pengguna lebih berhati-hati menyambungkan flashdisknya dan memasang anti virus dan malware.

Baca Juga  Cara Memperbaiki Foto Yang Rusak Di Memory Card Menggunakan PC

Itulah 5 alasan kenapa flashdisk tidak terbaca dan bagaimana cara mengatasinya. Tidak sulit sebenarnya untuk menjaga dan merawat flashdisk. Memahami penyebab-penyebab data tidak terbaca dan bagaimana cara mencegahnya. Hal ini setidaknya bisa menjaga keamanan data yang para pengguna miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *