perbedaan flashdisk dan flashdrive

5 Fakta Mengenai Perbedaan Flashdisk dan Flashdrive

Ketika mencari sarana penyimpanan data dengan ukuran yang relatif kecil. Maka para pengguna sering dihadapkan dengan pilihan menggunakan flashdisk atau flashdrive. Namun apa sebenarnya perbedaan flashdisk dan flashdrive? Banyak orang yang jadi bingung untuk membedakan dua perangkat ini. Tidak mengetahui apa yang membuat dua istilah ini berbeda dan mana yang lebih unggul untuk dijadikan sarana penyimpanan.

Berikut ini adalah 5 fakta yang harus diketahui mengenai perbedaan antara flashdisk dan flashdrive. Jika mengetahui 5 fakta di bawah ini, dijamin para pengguna tidak akan kebingungan lagi dalam membedakan flashdisk dan flashdrive:

1. Tidak Ada Bedanya, Cuma Istilah

Alasan mengapa orang selalu bingung mana yang lebih baik antara flashdisk dan flashdrive. Itu karena keduanya tidak ada bedanya. Yup, perbedaan flashdisk dan flashdrive ini hanya soal istilah. Baik istilah flashdisk maupun flashdrive sebenarnya menunjuk hal yang sama. Yaitu sarana penyimpanan portable yang berukuran kecil dan bisa dibawa-bawa dengan mudah. Munculnya dua istilah ini dikarenakan perbedaan penggunaan bahasa saja.

Bagi penduduk luar negeri, istilah flashdrive lebih populer dan lebih umum digunakan ketimbang flashdisk. Jika istilah flashdisk di google, maka artikel dan bahan berbahasa Indonesia akan lebih banyak keluar. Sebaliknya, jika istilah flash drive yang di google maka hasil pencariannya akan lebih banyak berbahasa asing umumnya Bahasa Inggris.

2. Menggeser CD/DVD

Sebelum ada flashdisk atau flashdrive, orang-orang menyimpan data portable dengan memanfaatkan CD/DVD. Yup, dulu CD/DVD tidak hanya dimanfaatkan untuk keperluan musik saja, loh namun juga penyimpanan data secara general. Namun sekarang peran CD/DVD digeser oleh flashdisk atau flashdrive yang dinilai lebih praktis dan lebih banyak kapasitasnya dibandingkan CD/DVD.

Baca Juga  5 Alasan Kenapa Flashdisk Tidak Terbaca dan Cara Mengatasinya

Namun bukan berarti CD/DVD menghilang sepenuhnya dari peredaran. Biasanya penggunaan CD/DVD sekarang hanya difokuskan untuk keperluan musik. Di mana masih banyak musisi yang memasarkan karyanya dalam bentuk CD/DVD.

3. Bisa Bertahan Selama 10 Tahun Lebih

Mungkin tidak banyak orang menyadari bahwa flashdisk atau flashdrive ini memiliki rentang umur. Rata-rata flashdisk dan flashdrive yang diproduksi bisa digunakan hingga 100.00 siklus. Siklus yang dimaksud adalah proses tulis-hapus yang dilakukan oleh para penggunanya. Hal ini juga bergantung dengan teknologi memori yang digunakan juga intensitas penggunaan flashdisk. Jika dihitung secara rata-rata, maka satu flashdisk bisa digunakan selama 10 tahun lebih penggunaan.

Setelah angka siklus tersebut tercapai, bukan berarti bahwa flashdisk tidak bisa digunakan lagi. Flashdisk atau flashdrive bisa digunakan hanya saja akan ada banyak malfungsi di dalamnya. Flashdisk dan flashdrive akan mulai lemot  saat dikoneksikan, sering tidak terbaca, bahkan sampai menghapus data dengan sendirinya.

4. Tidak Ada Disk dalam Flashdisk

Menurut Merriam-Webster Dictionary, disk memiliki arti piringan bundar datar yang dilapisi zat magnetik, digunakan komputer untuk menyimpan data-data. Teknologi disk ini bisa dibilang merupakan teknologi yang cukup kuno dibandingkan dengan perkembangan teknologi sekarang. Flashdisk sendiri walaupun mengandung kata ‘disk’ di dalamnya tidak menggunakan teknologi disk.

Alih-alih disk, flashdisk atau flashdrive menggunakan komponen flsh memory chip dan crystal oscillator. Hal ini yang membuat istilah flashdrive lebih populer di luar negeri. Karena memang teknologi disk tidak digunakan dalam alat ini.

5. Ditemukan oleh Profesor Jepang

Teknologi flashdisk atau flashdrive dikembangkan oleh Professor Fujio Matsuoka. Beliau merupakan lulusan dari Universitas Tohoku di Jepang. Flashdisk atau flashdrive sendiri merupakan salah satu temuannya ketika, beliau sedang bekerja di Toshiba. Saat pertama kali dikembangkan unit penyimpanan data ini terdiri atas connector, controller, flash memory chip, dan crystal oscillator. Sudah jelas, dari awal tidak ada teknologi disk dalam perangkat ini.

Baca Juga  Simak Ulasan Cara Membuat 2 Akun Facebook dengan 1 Nomor Hp

Itulah 5 fakta mengenai perbedaan flashdisk dan flashdrive yang bila disimpulkan sebenarnya tidak ada perbedaan di antaranya. Dua istilah tersebut hanya masalah istilah saja namun merujuk pada benda yang sama. Artinya adalah tempat penyimpanan yang berukuran kecil dengan sifat portable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *