Berikut 5 Cara Memperbaiki HP Lemot Agar Performa HP Kembali Kencang

Berikut 5 Cara Memperbaiki HP Lemot Agar Performa HP Kembali Kencang

Menggunakan ponsel dengan performa lambat tentu sangat merepotkan dan akan membuang-buang waktu. Biasanya, pengguna akan melakukan restart untuk memperbaiki kinerja HP. Tanpa banyak diketahui, nyatanya masih banyak cara memperbaiki HP lemot yang bisa dilakukan selain menyetel ulang ponsel.

HP lemot bisa disebabkan oleh berbagai masalah yang penyelesaiannya tergantung kepada masalahnya masing-masing. Oleh karena itu, perlu diketahui terlebih dahulu apa penyebab tersebut sehingga bisa ditemukan cara yang tepat untuk mengatasinya. Berikut penyebab dan cara memperbaiki ponsel yang lemot:

1. Berikan Sisa Memori Internal yang Cukup

Salah satu cara memperbaiki HP lemot yang disebabkan oleh memori yang penuh tentu dengan menghapus sebagian datanya. Performa HP yang ditenagai chipset dan RAM tidak semata-mata mengabaikan kapasitas memori. Meski memiliki RAM yang besar sementara ruang penyimpanan penuh, hal ini akan memperlambat kinerja HP.

Bersihkah secara berkala data-data atau aplikasi yang tidak digunakan. Karena spesifikasi memori pada tiap HP berbeda, perlu disesuaikan jumlah pemakaian dengan total memori yang dimiliki. Dengan memberikan cukup ruang, ponsel dapat kembali beroperasi dengan optimal.

2. Menggunakan Aplikasi Antivirus Bawaan Ponsel

Banyak pengguna percaya menginstall aplikasi antivirus tambahan semakin memberikan proteksi pada ponselnya. Nyatanya, setiap ponsel sudah dibekali antivirus bawaan yang sudah terinstall. Antivirus ini selalu berjalan pada latar belakang dan memakan ruang di RAM.

Jika pengguna memiliki aplikasi antivirus lebih dari satu untuk membantu kinerja antivirus bawaan, tentu RAM yang digunakan akan semakin tinggi. Hal ini ikut menjadikan ponsel lemot dan performanya menurun. Cukup gunakan antivirus bawaan karena satu aplikasi ini pun telah bekerja secara optimal.

3. Segera Update Software Ketika Muncul Notifikasi Pembaharuan

Setiap aplikasi pada ponsel selalu memiliki versi terbaru yang diusung oleh pengembang. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki sistem-sistem yang belum sempurna pada versi sebelumnya. Jika pengguna mendapatkan pemberitahuan untuk update aplikasi atau software, segeralah lakukan update.

Lakukan update software, pengguna akan mendapatkan versi terbaru yang lebih canggih dan masalah pada software sebelumnya dapat teratasi. Bisa saja masalah ini yang menyebabkan HP menjadi lemot. Walaupun terkadang software yang terupdate terasa tidak lebih baik dari sebelumnya, setidaknya masalah pada sistem yang tidak diketahui telah diatasi oleh pihak pengembang.

Baca Juga  Cara Menggunakan Aplikasi Sadap WA di iPhone Tanpa Barcode

4. Gunakan Widget Seperlunya

Pengguna biasanya menambahkan widget pada home screen agar tidak bosan ketika membuka layar ponsel. Widget juga digunakan sebagai jalan pintas menuju suatu aplikasi agar akses lebih cepat alih-alih mencari icon tersebut di menu. Dengan banyaknya widget yang dipasang pada home screen, tampilan menjadi lebih indah dan banyak shortcut menuju aplikasi.

Satu hal yang jarang diketahui adalah, widget ternyata menjadi salah satu penyumbang HP menjadi lemot. Tanpa diketahui pengguna, banyaknya widget yang digunakan menyita kapasitas RAM cukup besar. Untuk memperbaiki HP yang lemot, gunakan widget seperlunya dan tidak berlebihan.

5. Rajin Menghapus Cache yang Tersisa

Ketika menggunakan aplikasi, sistem akan merekam aplikasi tersebut dan menyimpan data-datanya agar ketika dibuka kembali, proses loading tidak terlalu lama. Data tersimpan inilah yang disebut dengan cache. Semakin banyak aplikasi yang dijalankan, semakin menumpuk pula jumlah cache.

Cache yang berjumlah banyak tentu memakan memori. Tanpa disadari ruang penyimpanan akan penuh terisi oleh data sementara ini. Untuk menghindarinya, bersihkan cache secara berkala karena data tersimpan dari aplikasi yang dijalankan cukup banyak. Hal ini kadang terlupakan oleh pengguna padahal kehadiran cache cukup berpengaruh pada kinerja ponsel.

Cara memperbaiki HP lemot di atas bisa segera dijalankan ketika performa ponsel dirasa mulai menurun. Lakukan masing-masing langkah ketika mengetahui penyebab HP lemot tersebut. Baiknya cara ini dilakukan secara konsisten agar kinerja ponsel selalu terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *