cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Android yang Paling Ampuh

Android merupakan salah satu Operating System yang paling banyak digunakan pada ponsel. Versinya terus ditingkatkan oleh pengembang agar pengalaman pengguna semakin menyenangkan dengan fitur-fitur teranyar. Sayangnya dengan versi android yang semakin tinggi, ada sebagian aplikasi yang tidak support. Inilah saat yang tepat untuk menggunakan cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di android. Memang ada hal lain yang menyebabkan aplikasi sulit dibuka selain versi yang tidak didukung oleh android. Agar aplikasi bisa segera dibuka simak uraian di bawah ini:

1. Setel Ulang Ponsel

Pada dasarnya, restart atau setel ulang ponsel bertujuan untuk mengembalikan kinerja ponsel yang mulai merosot. RAM yang sudah mulai penuh menjadikan ponsel melambat dan tidak merespon jika pengguna memasukkan perintah. Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa aplikasi sulit dibuka pada perangkat android.

2. Bersihkan Cache yang Masih Tersimpan

Terkadang cache yang tersisa menjadikan suatu aplikasi sulit untuk dibuka bahkan tidak terbuka sama sekali. Untuk mengatasinya, bersihkan cache yang masih tersimpan pada aplikasi tersebut. Cache adalah data sementara yang muncul ketika pengguna mengakses aplikasi agar aplikasi tersebut tidak membutuhkan proses yang lama ketika dibuka kembali.

Apabila cache yang tersimpan terlalu banyak, aplikasi justru akan sulit terbuka. Walaupun membersihkan cache bisa membuat sebagian bahkan seluruh data hilang, aplikasi yang terpasang tidak akan hilang dan bisa dijalankan seperti biasa.

3. Upgrade ke Versi Aplikasi yang Terbaru

Untuk meningkatkan fitur-fiturnya, pengembang akan memperbarui aplikasi secara berkala. Pembaharuan aplikasi ini kadangkala menjadikan aplikasi lama tidak berfungsi dan versi yang terdapat pada ponsel terus meminta upgrade hingga mengakibatkan sistem tidak bisa membukanya sampai diperbaharui.

Baca Juga  7 Aplikasi Sadap WA untuk Menyadap WhatsApp Pacar, Suami atau Istri

Jika aplikasi sudah meminta ditingkatkan ke versi terbaru, segera lakukan perintah tersebut. Jika pengguna mengabaikan perintah ini, aplikasi tidak akan bisa terbuka dan ketika diklik akan kembali ke halaman home secara otomatis. Pembaruan aplikasi dimaksudkan agar sistem di dalamnya semakin canggih dan semakin memudahkan penggunanya.

4. Copot Aplikasi dan Pasang Kembali

Apabila cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di android sebelumnya tetap gagal, cobalah untuk memberhentikan aplikasi dan lakukan install ulang. Cara ini akan memperdaya sistem seakan-akan aplikasi tersebut baru saja diinstall pada ponsel dengan pengaturan yang masih baru. Menggunakan cara ini sebenarnya akan menghilangkan data karena ponsel membaca bahwa aplikasi yang dipakai masih baru dengan setting default. Walaupun begitu, ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara ampuh agar aplikasi dapat berjalan kembali di android.

5. Menggunakan Aplikasi dengan Versi Lama

Sebagian android terkadang meminta pembaharuan ketika versi android dan versi aplikasi tidak sesuai. Jika pengguna memakai versi android lama sementara aplikasinya hanya support pada versi android terbaru, tentu dua hal ini bertabrakan dan menyebabkan aplikasi tidak bisa dijalankan.

Jika versi lama aplikasi masih tersedia, cobalah memakai versi lama terlebih dahulu agar tetap support pada ponsel android. Pengguna dapat melihatnya di toko aplikasi mengenai informasi tentang ketersedian aplikasi untuk berbagai versi android. Carilah versi aplikasi yang didukung oleh perangkat pengguna.

6. Memperbarui Versi Android

Cara lain agar aplikasi support pada android adalah dengan memperbarui versi android itu sendiri. Ada kalanya versi android pengguna merupakan versi yang sudah tertinggal sehingga tidak bisa mengakses aplikasi-aplikasi terbaru. Upgrade android ke versi terbaru agar dapat menikmati aplikasi yang diinginkan. Atau carilah versi aplikasi yang sesuai untuk android pengguna.

Baca Juga  Apa Saja Aplikasi Untuk Melihat Stalkers Instagram, Simak Ulasannya

Mencoba cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di android haruslah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Masalah mungkin terjadi pada aplikasi maupun android itu sendiri. Jika penyebabnya sudah diketahui, pengguna bisa langsung menggunakan cara yang sesuai dengan masalah tersebut. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *