cara membuat baterai hp samsung awet

Inilah 7 Cara Membuat Baterai Samsung Awet yang Harus Pengguna Lakukan

Samsung adalah salah satu merk HP yang sangat terkenal di Indonesia. Merk terkenal asal Korea Selatan ini dikenal dengan sistem operasi yang bagus dan harga yang terjangkau. Akan tetapi jenis ponsel ini biasanya lebih cepat panas yang membuat baterai menjadi boros. Berikut ini 7 cara membuat baterai HP Samsung awet yang harus pengguna terapkan:

1. Menggunakan Charger Samsung Original

Salah satu penyebab daya ponsel cepat habis adalah karena ketidak cocokan antara HP dengan chargernya. Apalagi jika pengguna sering menggunakan kabel USB sebagai sarana pengisian daya. Hal tersebut juga bisa membuat ponsel menjadi semakin panas alhasil baterainya juga boros. Untuk itu sebaiknya pengguna Samsung selalu menggunakan charger Samsung original bawaan produknya saja. Selain itu saat pengisian daya  juga hindari pemakaian terlebih dahulu dan jangan mengisi daya sampai 100%.

2. Mengaktifkan Mode Penghemat Daya

Jika pengguna memiliki banyak aplikasi yang biasanya dibuka setiap hari cara membuat baterai HP Samsung awet yang mudah adalah dengan mengaktifkan mode power saving. Apabila mengaktifkan mode ini, ponsel akan otomatis memfilter aplikasi-aplikasi yang bisa dibuka dan yang tidak. Biasanya juga akan otomatis mematikan bluetooth dan notifikasi aplikasi. Jadi, pengguna hanya akan menggunakan aplikasi yang hemat dayanya.

3. Mengurangi Tingkat Lighting Pada Layar

Selain mengaktifkan power saver hal yang bisa membuat baterai menjadi awet adalah mengurangi kecerahan layar. Hal ini karena semakin terang layar maka penggunaan daya juga semakin besar. Untuk itu pengguna bisa mengatur tingkatnya menjadi lebih gelap sedikit. Selain menghemat daya dengan layar tidak terlalu terang juga membuat penglihatan menjadi nyaman. Artinya, dapat mengurangi kecerahan berarti juga menjaga kesehatan mata dan menghemat daya.

Baca Juga  Cara Menggunakan Aplikasi Sadap WA di iPhone Tanpa Barcode

4. Mematikan Sinkronisasi Otomatis

Salah satu kelebihan dari Samsung adalah sistem dan aplikasi akan selalu terupdate secara otomatis tanpa pengaturan terlebih dahulu. Pasalnya, proses sinkronisasi biasanya berlangsung setiap saat maka akan membuat baterai cepat habis. Untuk itu pengguna harus terlebih dahulu mematikan sinkronisasi di pengaturan. Jadi, walaupun internet hidup sinkronisasi tidak akan terjadi. Untuk mematikannya cukup atur di pengaturan akun Google.

5. Mematikan Fitur Berbagi Lokasi

Apabila pengguna setiap harinya menggunakan internet dan GPS selalu terhubung maka membuat ponsel menjadi boros baterainya. Jadi, alangkah lebih baiknya jika GPS sedang tidak diperlukan sebaiknya matikan saja. Pengguna bisa menggunakan GPS jika memang dalam keadaan darurat. Apalagi jika pengguna di rumah terus tentu GPS bukan menjadi hal penting. Jika perlu berbagi lokasi juga bisa menggunakan share location pada WhatsApp.

6. Mematikan Data Seluler

Setelah menggunakan aplikasi dan data seluler sebaiknya dimatikan saja. Hal ini karena jika data seluler selalu hidup bukan hanya akan boros paketan tetapi juga boros baterai. Apabila mengaktifkan data seluler berjam-jam tanpa dipakai justru bisa membuat ponsel menjadi panas dan otomatis akan mengurangi daya. Apalagi jika ditinggal tidur, maka wajib hukumnya mematikan data seluler terlebih dahulu.

7. Mengatur Durasi Wallpaper

Jika pengguna menggunakan wallpaper bergerak pada layar maka sebaiknya diatur durasinya. Pengguna bisa memilih waktu yang paling cepat misal 5 detik saja. Bahkan sebenarnya untuk menghemat baterai sebaiknya menggunakan wallpaper original dari ponsel saja. Selain itu mungkin bisa menggunakan foto pribadi atau yang lain yang lebih hemat dayanya. Pasalnya, wallpaper bergerak akan memakan banyak sekali daya.

Itulah penjelasan tentang 7 cara membuat baterai HP Samsung awet terbaik yang bisa pengguna praktekan. Hal yang paling penting adalah hindari pemakaian berlebih dan disiplin dalam menggunakannya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *