ram android penuh padahal aplikasi sedikit

5 Alasan Ram Android Penuh Padahal Aplikasi Sedikit dan Cara Mengatasinya

Banyak pengguna smartphone yang mungkin mengalami masalah RAM Android penuh padahal aplikasi sedikit. Sudah menghapus banyak aplikasi namun tetap saja tidak memberi ruang yang cukup pada RAM. RAM sendiri merupakan singkatan dari Random Acces Memori, tugasnya adalah untuk menyimpan kerja aplikasi agar dapat diakses sekaligus dan secara acak.

Karena itu kinerja smartphone kadang sangat bergantung pada besaran RAMnya. Begitu pula sisa kapasitas dalam memori RAM. Umumnya RAM menjadi penuh karena ada banyak aplikasi yang terpasang. Namun ada alasan lain mengapa RAM android penuh walaupun aplikasi sedikit. Berikut ini adalah penjelasannya sekaligus cara mengatasinya:

1. Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Alasan pertama adalah mungkin saja ada aplikasi di smartphone kamu yang tetap berjalan di latar belakang. Biasanya aplikasi ini tetap berjalan sekalipun tidak dibuka, aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah aplikasi jenis real time seperti sosial media atau maps. Aplikasi ini terus berjalan karena perlu mengupdate terus-menerus aplikasi yang masuk.

Akhirnya karena selalu berjalan, aplikasi inipun yang paling banyak memakan memori RAM. Cara mengatasi hal ini sangat mudah. Yaitu dengan menghentikan paksa jenis aplikasi yang berjalan di latar belakang dan menonaktifkannya. Para pengguna bisa mengatur aplikasi-aplikasi jenis real time ini untuk bekerja saat dibuka saja dan tidak berjalan di latar belakang.

2. Aplikasi yang Menyita Banyak RAM

Alasan kedua RAM Android penuh padahal aplikasi sedikit adalah karena aplikasi yang sedikit itu memang yang paling banyak menyita banyak RAM. Walaupun para pengguna sudah menghapus banyak aplikasi dan hanya menyisakan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Namun kadang aplikasi yang tersisa ini adalah aplikasi yang paling banyak memenuhi memori RAM.

Baca Juga  Inilah Cara Memperbaiki Charger HP yang Tidak Mengisi

Cara mengatasinya adalah para pengguna harus lebih selektif dalam memilih aplikasi mana yang benar-benar dibutuhkan. Apabila satu aplikasi terlalu besar untuk RAM mungkin bisa menginstall yang versi lite saja, sehingga fungsi aplikasi tetap ada namun kerja aplikasi jadi lebih ringan.

3. Aplikasi Bawaan yang Berjalan Terus Menerus

Setiap smartphone terutama yang berbasis sistem operasi android pasti sudah ada yang namanya aplikasi bawaan. Yaitu aplikasi yang sudah terpasang sejak smartphone dibuat. Ternyata aplikasi bawaan ini telah disetting khusus agar terus bekerja dan berjalan selama smartphone dalam kondisi aktif. Karena itu aplikasi bawaan ini bisa menyita memori RAM.

Sayangnya tidak ada cara pasti untuk mengatasi hal ini, karena biasanya aplikasi bawaan berjalan untuk mendukung sistem smartphone. Jika dihentikan maka smartphone tidak akan bekerja dengan baik. Namun ada beberapa sistem yang bisa dihentikan paksa dan tidak mempengaruhi kinerja smartphone. Sistem ini berbeda-beda pada setiap smartphone. Para pengguna bisa menghentikan kerja sistem ini jika memang sedang tidak digunakan.

4. Kapasitas RAM Android yang Memang Kecil

Alasan selanjutnya mengapa RAM Android bisa cepat penuh walaupun aplikasinya sedikit adalah mungkin saja kapasitas RAM Android yang kurang mumpuni. Apalagi zaman sekarang ukuran aplikasi semakin besar karena memang ada banyak update dan pengembangan yang dilakukan. Sehingga RAM smartphone sudah tidak sanggup lagi untuk menampung aplikasi. Cara mengatasi masalah ini hanyalah satu yaitu mengupgrade ukuran RAM ke ukuran yang lebih besar.

5. Menggunakan Aplikasi Penambah RAM dan Pembersih RAM

Ternyata menggunakan aplikasi dengan fungsi menambah RAM dan pembersih RAM tidak akan membantu pengguna mengosongkan RAM. Malah aplikasi ini akan menambah beban kerja dalam memori RAM smartphone. Apalagi tidak semua aplikasi sejenis dengan fungsi ini bisa dipercaya efektivitasnya. Sehingga lebih baik segera menghapus aplikasi pembersih RAM dari smartphone.

Baca Juga  Apa Saja Aplikasi Untuk Melihat Stalkers Instagram, Simak Ulasannya

Itulah 5 alasan RAM Android penuh padahal aplikasi sedikit berikut cara mengatasinya. 5 alasan yang baru dibahas adalah alasan yang paling umum terjadi di smartphone android. Ternyata cara mengatasinya tidaklah sulit dan bisa dilakukan oleh semua pengguna android.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *