cara membuat leaflet di hp

Cara Membuat Leaflet di HP dengan Menggunakan Aplikasi Canva

Cara membuat leaflet di HP sebenarnya sangat mudah dan sudah banyak aplikasi yang menyediakan fitur tersebut. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat leaflet adalah aplikasi Canva. Aplikasi Canva sendiri sudah sangat populer dan banyak digunakan untuk keperluan edit foto atau membuat berbagai macam desain.  Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat leaflet di HP dengan memanfaatkan aplikasi Canva:

1. Download Aplikasi Canva pada HP

Jika di smartphone belum ada aplikasi Canva tentunya, para pengguna harus mendownload aplikasi ini terlebih dahulu. Aplikasi Canva bisa dengan mudah ditemukan di Play Store pada kategori Photography atau Edit. Pastikan juga memori HP cukup untuk menampung aplikasi Canva, karena ukuran aplikasi Canva cukup besar setara dengan banyaknya fitur dan fungsi yang dibawanya.

2. Buka Aplikasi Canva dan Pilih Tipe Desain

Setelah aplikasi Canva sudah terinstall, pengguna bisa segera membuka aplikasi. Untuk mulai membuat desain dalam Canva. Pengguna pertama-tama memilih tipe desain apa dulu yang akan dibuat. Ada berbagai pilihan tipe desain dalam Canva, mulai dari untuk membuat poster, brosur, stiker, dan sebagainya. Karena dalam tutorial ini yang dibahas adalah leaflet, maka pengguna bisa memilih tipe desain ‘Leaflet’.

3. Pilih Gambar Dasar dan Elemen Grafis

Cara membuat leaflet di HP selanjutnya di aplikasi Canva adalah memilih gambar dasar untuk leaflet. Pengguna bisa mengunggah gambar dasar sendiri dari memori smartphone, atau jika tidak ada gambar yang bisa diunggah. Pengguna bisa menggunakan gambar yang sudah disediakan oleh template Canva. Setelah masuk ke tipe desain ‘Leaflet’ pengguna akan dibawa pada banyak pilihan template yang bisa digunakan.

Setelah memilih gambar dasar, selanjutnya adalah memilih elemen grafis yang akan digunakan. Elemen grafis ini bisa menambah tampilan leaflet agar semakin menarik. Selain template, Canva juga menyediakan banyak elemen grafis yang bisa digunakan secara gratis di perpustakaan elemen grafisnya. Mulai dari gambar, ikon, logo, bingkai, dan sebagainya.

Baca Juga  Pilihan Aplikasi Sadap WA, Paling Mudah Digunakan

4. Tambahkan Teks dan Filter pada Leaflet

Setelah itu jangan ketinggalan untuk menambahkan teks dalam leaflet, teks ini yang memuat dan menjelaskan konten promosi yang akan dibahas. Posisi teks bisa disesuaikan di sisi manapun pengguna mau. Pastikan jika posisi teks terintegrasi dengan baik dengan desain dan elemen grafis yang ada. Hal ini agar tampilan leaflet tidak hanya menarik dan berseni namun juga kelihatan rapi dan mudah dipahami.

Kemudian agar menambah tampilan leaflet, tambahkan juga filter yang sesuai dengan tema leaflet. Di Canva sudah tersedia ratusan filter dengan berbagai tema dan konsep. Para pengguna tinggal memilih filter mana yang paling sesuai dan yang ingin digunakan.

5. Download Gambar Leaflet dan Sebar Melalui Media Sosial atau Dicetak

Setelah desain leaflet selesai, gambar bisa langsung di download dan tersimpan di memori smartphone pengguna. Pengguna juga bisa langsung menyebarkan leaflet langsung ke media sosial melalui aplikasi Canva. Jika gambar leaflet ingin dicetak juga bisa, tidak perlu khawatir karena kualitas gambar yang dihasilkan Canva sudah cukup baik.

Untuk ukuran desain melalui HP, gambar yang dihasilkan oleh Canva tidak akan pecah. Ada baiknya juga ketika mendownload gambar memilih kualitas gambar yang paling tinggi. Jangan lupa untuk memilih format yang paling memadai apakah JPG, JPEG, atau PNG dan sebagainya.

Itulah cara membuat leaflet di HP dengan memanfaatkan aplikasi Canva. Caranya sangatlah mudah dan praktis, apalagi Canva sudah menyediakan banyak template dan elemen grafis untuk menunjang kreativitas penggunanya. Aksesnya pun sangat terbuka mulai dari versi gratis hingga versi berbayarnya.

Pencarian Popular

membuat desain leaflet di aplikasi canva

Leave a Reply

Your email address will not be published.