cara memperbaiki hp yang kena air

Cara Memperbaiki HP yang Kena Air, Ikuti Langkah-langkahnya Berikut Ini

Salah satu hal yang ditakutkan pengguna HP adalah jika terkena air. Ada saja penyebabnya, bisa karena tumpahan air atau HP masuk ke genangan. Hal ini menjadi masalah karena tidak semua HP memiliki kelebihan tahan air. Untuk itu, perlu diketahui cara memperbaiki HP yang kena air dengan beberapa langkah mudah.

Lalu bagaimana jika HP terlanjur terkena air? Pastikan dulu untuk tidak panik dan ikuti beberapa langkah yang akan dijelaskan di bawah ini. Cara berikut sudah dibuktikan banyak orang dan bisa membuat HP menyala lagi. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini:

1. Amankan HP dari Air yang Mengenainya

Cara pertama yang harus dilakukan adalah menjauhkan HP dari air yang mengenainya. Jika masuk genangan, segera angkat HP agar air yang masuk bisa menetes keluar. Meskipun langkah ini tidak bisa mengeluarkan semua air, setidaknya air yang terlanjur masuk bisa sedikit keluar.

Jika air yang mengenainya berasal dari air yang tumpah, segera lakukan hal yang sama yaitu menjauhkan dari air tersebut. Cara ini harus segera dilakukan karena air mudah meresap ke dalam HP dengan cepat. Namun, apabila HP sedang diisi dayanya jangan langsung memegang HP yang terkena air.

2. Cepat Matikan HP

Setelah menjauhkan HP dari air, langkah selanjutnya adalah matikan HP. Langkah ini dimaksudkan untuk menjaga komponen HP dari korsleting dan kerusakan. Karena HP yang dinyalakan dalam keadaan basah bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponennya. Hal ini harus dihindari dengan cara mematikan dan jangan dinyalakan terlebih dahulu.

3. Buka HP lalu Lepas Memory Card, Baterai, dan yang Lainnya

Cara memperbaiki HP yang kena air selanjutnya adalah membuka HP. Kemudian keluarkan kartu memori, kartu SIM, dan baterai yang ada di dalamnya. Pelepasan ini berguna untuk mengetahui komponen mana saja yang memiliki tingkat keasaman tertinggi. Kemudian segera lap dengan kain kering agar air menghilang.

Baca Juga  Simak Ulasan Cara Membuat 2 Akun Facebook dengan 1 Nomor Hp

Namun, ada perbedaan jika HP jatuh ke air laut, terkena alkohol, atau air lain selain air biasa. Jangan gunakan lap kering. Sangat disarankan untuk menggunakan lap yang dibasahi dengan air biasa. Tujuannya adalah untuk menghilangkan air-air tersebut yang bisa menyebabkan korosi pada perangkat HP.

4. Keringkan HP dengan Penyedot Debu atau Beras

Ada dua metode pengeringan HP yang sangat ampuh. Pertama, bisa menyedot air yang ada di HP menggunakan vacuum cleaner. Cara ini terbilang sangat ampuh dan sudah banyak orang yang membuktikannya. Namun, jangan mendekatkan ujung penyedot debu terlalu dekat karena bisa menyebabkan kerusakan pada HP.

Metode yang yang bisa digunakan jika tidak memiliki vacuum cleaner adalah dengan merendam HP di dalam beras. Kenapa beras? Karena beras adalah benda kering yang mudah menyerap air. Pastikan HP terendam sepenuhnya di dalam beras dan biarkan sekitar dua hari. Perlu diingat, jangan gunakan hair dryer untuk mengeringkan HP.

5. Pasang Semua Komponen dan Nyalakan HP

Jika sudah selesai pada tahap pengeringan, maka semua komponen sudah bisa dipasang dan HP bisa dinyalakan. Pastikan dulu jika sudah benar-benar kering. Karena jika masih ada air yang tertinggal, maka masih ada kemungkinan HP akan rusak lagi. Jadi, selama proses pemasangan tersebut teliti lagi setiap komponennya.

Demikian cara memperbaiki HP yang kena air atau genangan. Setelah HP menyala, pastikan semua data masih ada di dalam HP. Jika masih ada keraguan dan takut akan ada kerusakan lanjutan, segera bawa HP ke tempat servis. Hal ini sangat membantu untuk mengurangi risiko kerusakan di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.