cara menggunakan headset bluetooth untuk telepon

Cara Menggunakan Headset Bluetooth untuk Telepon dengan Mudah

Headset Bluetooth adalah salah satu perangkat yang sedang naik daun. Penggunaannya yang mudah memberikan banyak manfaat bagi para pengguna. Salah satu kegunaan alat ini adalah untuk melakukan panggilan telepon. Banyak orang yang ingin tahu cara menggunakan headset Bluetooth untuk telepon karena dirasa sangat praktis.

Unsur kepraktisan ini didapat karena headset Bluetooth tidak dilengkapi dengan kabel. Jadi, Hp dan headset harus disambungkan dulu dengan Bluetooth melalui beberapa langkah. Penasaran dengan langkah-langkah yang harus dilakukan? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Nyalakan Headset Bluetooth

Cara pertama adalah dengan menyalakan headset Bluetooth yang dimiliki. Langkah yang harus dilakukan sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol “On” yang ada pada headset. Cara untuk mengetahui apakah headset Bluetooth sudah menyala atau belum adalah dengan melihat lampu LED-nya.

Jika sudah berkedip dan mengeluarkan warna, maka headset sudah menyala. Namun, jika tidak ada tanpa-tanda berkedip tekan lagi tombol “On” di headset agar headset bisa segera menyala. Jika sudah, maka bisa berlanjut ke langkah selanjutnya untuk mengatur sambungan Bluetooth.

2. Aktifkan Mode Sambungan di Headset Bluetooth

Langkah kedua adalah dengan mengaktifkan mode pairing pada headset Bluetooth. Nantinya, mode ini yang berguna untuk menyambungkan HP dengan headset. Cara untuk menyalakan mode sambungan hanya dengan menekan tombol “On” sedikit lebih lama. Tunggu hingga lampu LED menampilkan warna yang berkedip.

Setiap merek headset memiliki kedipan warna yang berbeda-beda. Ada yang menampilkan warna biru, ada yang warna merah, tapi ada juga yang berkedip dengan kombinasi merah dan biru. Sebenarnya semua warna ini memiliki indikasi yang sama bahwa mode pairing telah aktif dan bisa digunakan.

Baca Juga  4 Aplikasi Sadap WA Jarak Jauh, Paling Aman Tanpa Ketahuan

3. Nyalakan Mode Bluetooth di Perangkat

Jika sudah mengaktifkan mode sambungan pada headset, bisa dilanjutkan dengan menyalakan Bluetooth di HP. Caranya adalah masuk menu “Setting” atau “Setelan” kemudian buka menu “Bluetooth”. Tombol untuk mengaktifkan Bluetooth biasanya ada pada bagian paling atas. Lalu geser tombol tersebut untuk mengaktifkan Bluetooth.

4. Lakukan Pemindaian pada Perangkat Bluetooth

Setelah menyalakan Bluetooth di HP, maka pemindaian perangkat bisa dilakukan. Cara ini bertujuan untuk mengetahui apakah sinyal headset Bluetooth sudah bisa ditemukan di HP. Langkah ini biasanya memerlukan waktu beberapa saat sampai semua sinyal perangkat dengan Bluetooth menyala bisa ditangkap oleh HP.

5. Sambungkan Koneksi antara HP dan Headset

Jika sudah menemukan nama headset Bluetooth saat proses pemindaian tadi, segera klik “Connect”. Biasanya, akan muncul kotak dialog baru yang mengarahkan pengguna untuk mengisi PIN. Isi saja PIN tersebut dengan empat angka nol. Urutan angka nol ini sudah biasa digunakan untuk mengisikan PIN dengan lebih mudah.

6. Terima dan Matikan Telepon dengan Tombol yang Ada

Cara menggunakan headset Bluetooth untuk telepon yang terakhir adalah dengan melakukan panggilan yang diinginkan. Jika ingin memanggil seseorang, biasanya langsung otomatis tersambung ke headset. Namun, jika ingin menerima panggilan dari orang lain tinggal tekan sekali pada tombol di headset tersebut.

Tombol yang ditekan bisa yang kiri atau kanan. Jadi, bisa menekan tombol mana saja dan tidak ada aturan pasti. Sedangkan jika ingin mematikan telepon, tekan satu kali pada tombol mana saja. Aturan penekanan tombol ini tidak bisa dilakukan pada semua merek. Maka dari itu, sangat disarankan membuka buku panduannya.

Itulah cara menggunakan headset Bluetooth untuk telepon dengan langkah yang mudah. Munculnya headset Bluetooth ini sangat memudahkan banyak pengguna untuk melakukan panggilan dengan headset tanpa kabel. Urutan langkah tersebut adalah urutan yang umum pada beberapa merek headset. Jika ada yang berbeda, lebih baik cari di buku panduan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.