cara mengatasi youtube yang lemot

Cara Mengatasi Youtube yang Lemot di Ponsel

Cara mengatasi YouTube yang lemot di ponsel adalah hal yang wajib diketahui para pecinta YouTube. YouTube adalah hiburan yang luar biasa dan mungkin tidak lama akan mengambil alih pangsa pasar TV tidak berbayar. Begitu banyak video dan podcast, yang mengandung unsur hiburan dan pendidikan bisa ditemukan di YouTube. Hanya saja, kendala yang sering dialami adalah ketika YouTube menjadi lemot.

Mengakses YouTube lewat ponsel pun jadi keasyikan tersendiri, untung teknologi ini ada sebelum pandemi covid-19. Dunia dalam genggaman bukan slogan kosong dengan adanya YouTube. Tapi semua itu tak berarti apabila Youtube lemot. Karena itu simak cara-cara mengatasinya di bawah ini:

1. Hapus Histori Tontonan

Hapus sejarah tontonan adalah cara mengatasi youtube yang lemot yang ampuh. Biasanya problem YouTube lemot di ponsel diakibatkan oleh dua hal: sambungan internet terganggu dan histori tontonan telah penuh sesak sehingga kelancaran video tidak seperti yang diinginkan penonton. Cara mengatasinya mudah. Buka aplikasi Youtube, sentuh gambar avatar penonton di pojok kanan atas.

Sentuh “setelan” lalu pilih histori dan privasi. Klik “hapus histori tontonan”. Akan keluar pertanyaan untuk menegaskan apakah penonton benar-benar mau menghapus sejarah tontonannya. Klik ya, maka sejarah tontonan sudah terhapus. Langkah berikut menghapus riwayat penelusuran video. Ini akan memberi ruang pada ponsel kita untuk hal lainnya. Sebaiknya bersih-bersih cache di YouTube ini dilakukan berkala.

2. Menata Tampilan Video

Setelah langkah no. 1 di atas dilakukan, bisa saja penonton masih mengalami kelambatan YouTube yang ditontonnya. Kemungkinan itu disebabkan laju internet tidak sinkron dengan kualitas video yang berjalan. Cara mengatasi YouTube yang lemot bisa dilanjutkan dengan menyesuaikan kualitas video. Pilih ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas video yang sedang berjalan. Pada tahap ini ada beberapa pilihan kualitas video yang bisa dipilih.

Baca Juga  Unduh Sekarang! 5 Aplikasi Mengganti Wajah di Video yang Tengah Viral

Jika tidak diatur YouTube otomatis mengatur ke posisi otomatis (360p). Artinya ini menyesuaikan kualitas video dengan laju internet penonton. Pada pilihan kualitas video klik salah satu tampilan video seperti apa yang diinginkan pengguna. Jika YouTube masih lemot, pilih kualitas tampilan yang lebih rendah sebelumnya, yang paling rendah 144p. Lakukan beberapa kali sampai menemukan pilihan yang paling sesuai dengan laju internet sampai kelemotan internet hilang.

3. Mengatur Laju Internet

Hal lain cara mengatasi YouTube yang lemot di ponsel selain mengatur setelan di YouTube adalah menyetel hubungan internet yang sebenarnya adalah alasan no.1 penyebab YouTube lemot di ponsel. Buka setelan ponsel, sentuh setelan jaringan atau istilah lain tergantung merk ponsel, pengguna bisa menemukan setelan untuk memilih operator, biasanya ada dua untuk ponsel dual sim card. Pilih salah satu yang saat itu jaringannya dirasa lancar dan bisa menanggulangi kelemotan YouTube.

4. Gunakan Wi-Fi

Jika ada kesempatan atau peluang memakai wifi, menggunakan wifi sebagai cara mengatasi YouTube yang lemot sebab Wifi mempunyai laju dan sinyal gelombang yang lebih mantap bila dikomparasikan dengan cellular network dari hampir semua operator yang ada di Indonesia. Caranya cukup buka pengaturan di ponsel dan pilih Wi-Fi. Aktifkan Wi-Fi dan masukkan kata sandi yang diminta.

5. Bersihkan Cache dari Berbagai Aplikasi

Tidak hanya membuat lemot YouTube, cache dari berbagai aplikasi bisa membuat lemot banyak aplikasi lainnya. Untuk membersihkannya klik pengaturan atau setelan buka daftar aplikasi. Buka penggunaan penyimpanan. Bersihkan cache masing-masing data aplikasi sebagai salah satu cara mengatasi YouTube yang lemot.

Demikianlah lima cara mengatasi YouTube yang lemot di ponsel. Lima cara di atas bisa dilakukan dengan mudah. Pengguna YouTube hanya perlu rajin untuk melakukan kelima cara tersebut. jika rutin dilakukan YouTube akan beroperasi lebih baik dan pengguna pun bisa menikmati waktu menonton YouTubenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.