5 Cara Cek Mutasi Di ATM BRI dengan Mudah
5 Cara Cek Mutasi Di ATM BRI dengan Mudah, Foto: suara.com

5 Cara Cek Mutasi Di ATM BRI dengan Mudah

Mutasi suatu tabungan sangat penting diketahui oleh nasabah terkait uang masuk dan keluar. Semua catatan transaksi akan diketahui Ketika seseorang melihat mutasi pada rekeningnya. Saat ini, ada cara cek mutasi di ATM BRI yang sangat mudah sehingga membuat nasabah tidak perlu melakukan print buku tabungan.

Pengecekan mutasi melalui ATM hanya memperlihatkan beberapa transaksi yang terbaru. Mengetahui mutasi ini merupakan hal yang sangat penting bagi nasabah yang menabung pada suatu bank. Biasanya seseorang mengecek mutasi untuk memastikan bahwa uang masuk dan keluar sesuai dengan yang diketahui. Berikut cara cek mutasi ATM yang mudah dilakukan, berikut ini:

1. Masukkan Kartu Pada Slot Card

Nasabah harus mengunjungi outlet ATM terdekat untuk memasukkan kartu pada slot card yang terdapat di mesin. Ketika memasukkannya pastikan kartu berada pada arah yang benar dan mesin tidak mengalami kerusakan. Mesin akan memiliki tampilan yang berbeda ketika nasabah telah memasukkan kartu tersebut.

Memasukkan kartu pada slot card merupakan cara cek mutasi di ATM BRI dengan mudah. Kartu yang digunakan harus merupakan kartu yang berasal dari Bank BRI dan memiliki masa aktif kartu.

2. Masukkan PIN

Ketika nasabah memasukkan kartu pada slot card maka tampilan tersebut akan berubah yaitu menampilkan beberapa bahasa. Bahasa tersebut harus dipilih oleh nasabah sesuai dengan pengetahuannya agar memudahkan transaksi. Setelah memilih bahasa maka akan menampilkan layar untuk memasukkan PIN dari kartu tersebut.

PIN memiliki enam digit angka yang yang sudah dibuat saat pembuatan rekening BRI tersebut. Pastikan nasabah lain yang berada pada atlet tersebut tidak melihat PIN yang sedang dimasukkan.

3. Klik Opsi Lainnya

Jika sudah memasukkan PIN, cara cek mutasi di ATM BRI selanjutnya memilih opsi yang lainnya. Selanjutnya tampilan masih akan berubah dengan memperlihatkan beberapa opsi yang diinginkan oleh nasabah. Pada opsi ini nasabah bisa memilih opsi lainnya untuk mengetahui mutasi pada kartu tersebut.

Baca Juga  5 Perbedaan Reksadana vs Saham yang Harus Dipahami Bagi Investor Pemula

Di menu ini akan menampilkan beberapa opsi lagi yang dapat dipilih oleh nasabah sesuai dengan kebutuhannya. Selanjutnya, nasabah dapat memilih menu mutasi rekening untuk mengetahui perputaran uang yang masuk dan keluar baru-baru ini.

4. Menunggu Struk Mutasi

Setelah nasabah memilih menu mutasi maka ada pesan terkonfirmasi yang dapat dipilih sehingga mesin tersebut akan mengeluarkan struk. Mengetahui mutasi melalui ATM hanya akan menampilkan beberapa transaksi saja. Struk yang digunakan sama seperti truk ketika melakukan transfer uang dan transaksi lainnya.

Akan terlihat jelas pada struk tersebut terkait uang yang yang masuk dan keluar baru-baru ini. Debit dan kredit akan ditentukan sesuai dengan uang tersebut masuk atau keluar pada rekening yang dimiliki nasabah.

5. Ambil Kartu pada Mesin

Melihat struk mutasi melalui ATM sangat mudah dan cepat tanpa harus melakukan antri seperti di bank. Melalui mesin hanya menampilkan beberapa item terbaru sehingga tidak terlalu detail seperti buku tabungan. Setelah mengetahui jumlah mutasi ya yang ada pada rekening maka nasabah dapat mengambil kembali kartu ATM pada mesin.

Mesin secara otomatis memberikan pilihan kepada nasabah untuk melanjutkan atau mengakhiri transaksi. Jika nasabah ingin melanjutkan maka harus memasukkan PIN, dan jika nasabah ingin mengakhirinya maka kartu akan keluar dari mesin.

Itulah cara cek mutasi di ATM BRI dengan mudah dan mendapatkan informasi yang sesuai. Melakukan transaksi melalui ATM sangat mudah dan simple dibandingkan harus melalui bank namun keterangan yang didapatkan tidak sedetail melalui bank. Mutasi merupakan perputaran sehingga dapat menunjukkan jumlah uang masuk dan uang keluar yang terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.