Cara Tukar Uang 75rb Sendiri maupun Bersama Mudah tanpa Ribet
Foto: mahakama.co

Cara Tukar Uang 75rb Sendiri maupun Bersama Mudah tanpa Ribet

Saat penerbitannya, uang 75 ribu memang menarik perhatian masyarakat Indonesia. Pada awalnya untuk mendapatkan uang 75 ribu ini, harus menukarnya langsung di Bank Indonesia atau BI. Kini tidak perlu pergi jauh-jauh ke BI, uang 75 ribu bisa tetap didapatkan. Berikut cara tukar uang 75rb yang bisa dilakukan sendiri maupun bersama:

Tukar Uang 75rb Sendiri (Individu)

Maksud dari kata sendiri disini ialah menukar uang dengan individu, jadi uang yang ditukar untuk satu orang. BI memberi jatah kepada masyarakat yakni 100 lembar 75 ribu, untuk setiap individu. Jatah tersebut merupakan jatah per hari, jadi masyarakat masih bisa menukarnya lebih banyak lagi. Berikut cara tukar uang dengan besaran 75 ribu sendiri/individu:

1. Membuka Situs PINTAR

Pertama ialah membuka situs PINTAR untuk mendaftar atau memesan uang 75 ribu. Tidak cuma memesan, melalui situs PINTAR ini masyarakat juga akan menentukan tanggal dan lokasi untuk melakukan penukaran. Situs PINTAR akan meminta pengguna untuk memasukkan data diri seperti NIK, nama, jumlah uang, hingga email.

2. Simpan Bukti dari Situs PINTAR

Jika semua data sudah diisi dengan benar, selanjutnya tunggu sampai situs menyetujui. Situs akan memberikan bukti berhasil, itu tandanya data yang dimasukkan disetujui. Simpan bukti dari situs PINTAR itu, bisa dicetak atau disimpan di smartphone melalui tangkapan layar.

3. Datang ke Lokasi untuk Menukar Uang

Datang lah ke lokasi yang ada pada bukti, untuk melakukan penukaran uang. Jangan lupa juga untuk memperhatikan tanggal, harus sesuai dengan tanggalnya. Jika lupa datang pada tanggal yang telah ditentukan, maka harus memesan ulang melalui situs PINTAR. Cara tukar uang 75rb ini sangat mudah dilakukan.

Baca Juga  Cara Mengenali Indikator Teknikal Saham dengan tepat

4. Bawa KTP Asli dan Terapkan Prokes

Data yang diperlukan saat di lokasi penukaran ialah KTP, dan juga bukti dari situs PINTAR. Saat ini wabah Covid-19 masih menjamur di Indonesia. Jadi, jangan lupa juga untuk menerapkan prokes, seperti misalnya memakai masker. Jika tidak memakai masker, biasanya tidak akan diizinkan masuk ke lokasi penukaran.

5. Penukaran Bisa Diwakilkan

Tidak usah khawatir jika berhalangan di waktu yang ditentukan, karena penukaran bisa diwakilkan. Lakukan penukaran dengan memilih orang yang dipercaya, kemudian membawa beberapa bukti perwakilan. Bukti perwakilan yang harus dibawa ialah KTP asli yang berhalangan, bukti situs PINTAR, dan surat kuasa dengan materai.

Menukar Uang 75rb Bersama

Berbeda dengan cara sebelumnya, cara ini dilakukan bersama atau kolektif. Jadi, bisa mengajak teman dan juga saudara, dengan diwakilkan satu orang. Perlu diketahui bahwa untuk menukar uang secara bersama ini minimal 17 orang. Berikut cara tukar uang 75rb secara bersama:

1. Membuat Formulir Permohonan

Buatlah formulir permohonan untuk menukar uang, bisa dikerjakan oleh perwakilan. Dalam formulir tersebut berisi permohonan, dan juga data-data dari seluruh orang yang akan menukar uang 75rb. Kirimkan formulir permohonan itu ke email BI, dalam bentuk Ms.Excel.

2. Dapatkan Bukti dan Lakukan Penukaran

Jika permohonan diterima BI, selanjutnya BI akan mengirim bukti untuk melakukan penukaran. Datang lah ke lokasi yang ada pada bukti, untuk melakukan penukaran uang. Jangan lupa juga untuk memperhatikan tanggal, harus sesuai dengan tanggalnya.

3. Bawa Data yang Dibutuhkan

Di lokasi biasanya akan diminta beberapa data seperti formulir permohonan yang asli, KTP asli perwakilan, fotokopi KTP seluruh pemesan. Data lain yang diminta adalah bukti pemesan dari BI. Jangan lupa untuk membawa uang yang akan ditukar, dan uang berhasil ditukar menjadi 75 ribu rupiah.

Baca Juga  Instrumen Pasar Modal Umumnya Bersifat Jangka Panjang

Itulah cara tukar uang 75rb yang mudah dilakukan. Tidak perlu repot pergi lagi ke BI hanya untuk sekedar menukar uang 75rb. Hal ini dikarenakan sudah mengetahui cara tukar uang yang cepat dan juga praktis seperti uraian di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.