Inilah Syarat Buka Rekening BTN untuk KPR, Lengkap dengan Caranya

Inilah Syarat Buka Rekening BTN untuk KPR, Lengkap dengan Caranya

BTN merupakan bank negeri, yang terkenal dengan cicilan rumahnya atau KPR. Sudah banyak masyarakat Indonesia yang terbantu, dengan memakai sistem KPR ini. Untuk bisa melakukan KPR dibutuhkan beberapa syarat khusus. Berikut ini syarat buka rekening BTN untuk KPR, lengkap dengan caranya:

Persyaratan Membuka Rekening Bank BTN untuk KPR

Pastikan untuk mengetahui dulu syarat yang dibutuhkan, untuk mengajukan KPR di BTN. Syarat yang paling umum adalah data pribadi, seperti fotokopi KTP dan juga fotokopi NPWP. Jika tidak memiliki NPWP tidak usah khawatir, karena biasanya tidak terlalu dibutuhkan. Syarat berikutnya adalah mengisi berbagai formulir dari BTN, sebagai tambahan informasi.

Biasanya di dalam formulir tersebut akan ditanya mengenai pekerjaan, dan juga gaji yang didapatkan. Bank BTN harus mengetahui hal tersebut, untuk mengetahui kemampuan nasabahnya. Jika semua syarat umum telah dipenuhi, selanjutnya adalah memenuhi syarat khusus. Syarat khususnya adalah membayar sejumlah uang sebesar 2 juta rupiah.

Uang tersebut digunakan sebagai setoran awal saat membuka rekening untuk KPR. Nantinya uang tersebut akan masuk kembali ke tabungan, jadi tidak usah khawatir. Syarat buka rekening BTN untuk KPR ini harus dipenuhi. Biasanya sesuai kebijakan bank, syarat yang berlaku bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Cara Membuka Rekening BTN untuk KPR

Setelah membahas mengenai syarat mengajukan KPR, selanjutnya adalah cara untuk mengajukan KPR tersebut. Untuk mengajukan bisa dilakukan ke BTN terdekat, dengan membawa persyaratan yang sudah dijelaskan. Berikut cara buka rekening BTN untuk KPR:

1. Datang ke Kantor BTN Terdekat

Pertama adalah mendatangi kantor BTN terdekat, dengan membawa KTP asli. Jangan lupa juga untuk membawa persyaratan lain, seperti dokumen dan uang setoran awal. Minta nomor antrian customer service ke petugas penjaga, jika memang kantor BTN sedang ramai.

Baca Juga  Cara dan Syarat Mudah Daftar Mandiri Internet Bisnis

2. Menuju ke Customer Service

Saat nomor antrian terpanggil, segera pergi ke Customer Service yang ditunjuk. Biasanya Customer Service akan meminta KTP asli lebih dulu, untuk melihat apakah KTP tersebut asli dan sudah aktif. Jika pengecekan KTP telah selesai, nasabah akan diminta untuk mengisi beberapa formulir.

3. Isi Formulir dan Serahkan Dokumen

Saat mengisi formulir pastikan mengisi dengan lengkap dan benar. Jangan sampai data yang diisi salah atau keliru. Pasalnya formulir tersebut merupakan bentuk tanggung jawab nasabah, bila dikemudian hari membuat masalah. Biasanya setelah mengisi formulir, selanjutnya formulir tersebut akan ditandatangani oleh nasabah. Serahkan formulir tersebut bersama dengan dokumen yang diminta, sebagai syarat untuk membuat tabungan KPR.

4. Membayar di Teller

Formulir dan dokumen tadi akan diproses dulu oleh pihak BTN, jika sesuai biasanya nasabah akan diarahkan ke Teller. Nantinya pihak teller akan meminta nasabah untuk membayar uang setoran awal, yang tadi sebesar 2 juta rupiah. Berikan uang itu kepada Teller, supaya tabungan KPR bisa jadi dengan cepat.

5. Mendapatkan Buku Tabungan dan Tanda Bukti Lain

Biasanya setelah melakukan setoran awal, tabungan KPR akan langsung diproses. Tunggu sampai proses selesai, dan nasabah akan dipanggil lagi oleh Customer Service. Nasabah akan diberi buku tabungan dan bukti lain, serta dijelaskan mengenai cara untuk menabungnya.

Itulah syarat buka rekening BTN untuk KPR sekaligus cara membuka rekening banknya. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas maka besar kemungkinan rekening untuk KPR akan cepat selesai dibuat. Covid-19 yang masih merajalela mengharuskan semua orang patuh protokol kesehatan. Saat datang ke bank biasakan untuk menggunakan masker, nasabah yang tidak patuh biasanya tidak diizinkan masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *