Ini 6 Penyebab SMS Banking BRI Tidak Masuk ke Nomor Nasabah

Ini 6 Penyebab SMS Banking BRI Tidak Masuk ke Nomor Nasabah

Ternyata ada beberapa penyebab sms banking bri tidak masuk pada saat melakukan transaksi atau kegiatan Banking lainnya. Hal ini tentunya membuat nasabah tidak bisa mengetahui bila ada transaksi yang telah dilakukan. Padahal notifikasi tersebut tentunya perlu dan penting untuk diketahui.

SMS memang menjadi salah satu media komunikasi yang populer di era 2000an awal hingga akhirnya muncul aplikasi yang mulai menggantikan sistem ini. BRI Banking adalah salah satu yang masih setia dengan sistem ini. Meski, pada kenyataannya seringkali terjadi kendala notifikasi SMS yang tidak dapat masuk ke nomor nasabah. Lalu, apa saja sebenarnya penyebab SMS BRI Banking tidak masuk?  simak ulasannya berikut ini:

1. Nominal Kurang dari Rp 500.000,-

Salah satu penyebab SMS Banking BRI tidak masuk adalah karena nominal transaksi yang dilakukan nasabah kurang dari 500 ribu rupiah. Hal ini terjadi karena merupakan prosedur Bank yang berlaku. Nasabah hanya akan menerima SMS dari pihak bank bila melakukan transaksi 100 ribu atau lebih.

2. Adanya Gangguan pada Jaringan Provider

Masalah lain yang bisa saja terjadi dan menjadi penyebab notifikasi SMS BRI tidak masuk adalah karena jaringan provider yang sedang pending atau error. Permasalahan pada provider tentu bukan hal aneh lagi bagi masyarakat awam. Provider yang mengalami masalah biasanya disebabkan karena sinyal yang tidak dapat terkirim dengan baik.

3. Tidak Terdaftarnya Nomor Telepon

Permasalahan lain yang bisa menjadi penyebab tidak masuknya notifikasi SMS adalah nomor belum terdaftar. Hal ini bisa saja terjadi karena kelalaian dari nasabah yang lupa melakukan aktivasi nomor di ATM setelah mendaftarkannya terlebih dahulu di customer service.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu cek akun terlebih dahulu dan daftarkan nomor ke ATM. Hal ini bertujuan supaya notifikasi SMS dapat masuk. Jangan lewatkan setiap prosedur yang berlaku agar tidak ada error yang terjadi pada ID maupun akun.

Baca Juga  Keunggulan dan Syarat Pinjaman BNI Sesuai Keperluan Kebutuhan

4. Pengaturan pada Handphone yang Tidak Tepat

Menggunakan layanan SMS BRI ternyata tidak begitu saja dapat diterima oleh semua handphone tanpa setting. Melakukan setting terlebih dahulu pada sistem untuk dapat menerima SMS adalah solusi yang dapat dilakukan. Inilah yang biasanya menjadi salah satu masalah satu penyebab SMS Banking BRI tidak masuk.

5. Tidak Memiliki Cukup Pulsa

Pulsa yang tidak mencukupi tentu saja menjadi satu kendala lain yang bisa terjadi. Melakukan transaksi menggunakan SMS tentunya membutuhkan pulsa supaya dapat segera diproses. Apabila pulsa yang dimiliki oleh nasabah tidak mencukupi, sudah pasti transaksi tidak dapat terjadi dan tidak akan ada SMS dari BRI yang masuk.

Satu solusi lain untuk dapat menghindari terjadinya masalah seperti ini adalah melakukan pembayaran operator. Nanti setiap bulannya nasabah membayar sebesar 5 ribu rupiah. Hal ini tentunya akan membuat nasabah tidak lagi mengalami kendala tentang pulsa bila rutin melakukan pembayaran. Jadi, transaksi dapat berjalan dengan cepat dan mudah. Notifikasi juga dapat masuk tanpa gangguan.

6. Masalah pada Provider

Kartu SIM memang menjadi perantara utama dalam mengirim dan menerima SMS. Apabila ada perbaikan atau masalah yang terjadi pada provider tentu saja SMS tidak akan dapat masuk. Apabila hal ini terjadi maka, hal yang bisa dilakukan nasabah adalah menunggu hingga provider kembali berfungsi dengan normal. Nasabah bisa juga melakukan pengecekan mutasi di ATM untuk memastikan transaksi benar telah terkirim.

Itulah tadi 6 penyebab SMS Banking BRI tidak masuk pada nomor nasabah. Hal seperti tersebut di atas memang seringkali menjadi masalah kecil yang terjadi pada transaksi melalui SMS. Melakukan pengecekan secara manual adalah solusi yang bisa dilakukan sebagai antisipasi apabila terjadi hal-hal tersebut di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *