Cara Membuka Rekening Saham Untuk Pemula

Cara Membuka Rekening Saham Untuk Pemula

Investasi saham merupakan suatu kegiatan tanam modal dengan membeli surat berharga perusahaan. Sebelum menjadi seorang investor ketahuilah cara membuka rekening saham terlebih dahulu. Dikarenakan jika ingin melakukan investasi saham syarat pertama yang diperlukan adalah memiliki rekening saham. Pembuatan rekening didasarkan pada ketentuan dari pihak sekuritas yang dipakai oleh calon investor yang untuk lebih detail perhatikan cara pada setiap sekuritas dibawah ini:

1. Penyiapan Dokumen

Sebelum berbicara mengenai cara membuat rekening saham pertama-tama persiapkan dahulu beberapa dokumen penting. Dokumen-dokumen tersebut pada umumnya meliputi foto e-KTP. Adalagi Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP jika memilikinya bila tidak bisa diganti dengan surat keterangan tidak punya NPWP. Dokumen terakhir yaitu buku tabungan pribadi cukup memfoto pada bagian depan bila lewat online jika offline bawa langsung ke bank.

2. Pilih Perusahaan sekuritas

Badan usaha yang telah terdaftar dan memiliki ijin dari OJK serta termasuk anggota BEI inilah yang disebut perusahaan sekuritas. Perhatikan pula besaran fee yang ditawarkan pihak sekuritas kepada investor sebelum memutuskan perusahaan mana yang ingin dipakai. Jasa yang ditawarkan pun harus diperhatikan betul apakah penawaran mengakomodir kebutuhan atau tidak.

Perlu diingat pula dalam memilih perusahaan sekuritas untuk memastikan lebih awal tentang rekam jejak perusahaan tersebut. Hal ini ditujukan agar saat berinvestasi terasa nyaman dan aman. Cari pula sekuritas tersebut memiliki trading online sehingga memudahkan dalam melakukan transaksi. Jadi, sebagai seorang investor dapat melakukan kegiatan investasi dimanapun dan kapanpun.

3. Membuka Rekening Secara Online

Kunjungi situs resmi yang dimiliki perusahaan sekuritas yang telah dipilih sebelumnya. Pilihlah daftar baru kemudian klik selanjutnya. Tuliskan email, nomor telepon serta password pada kolom yang tersedia. Klik tombol selanjutnya setelah mengisi kolom salin kata sandi. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan ke nomor ponsel pribadi yang dimasukkan sebelumnya.

Baca Juga  Informasi Daftar Saham LQ45 2021 Periode Februari Sampai Dengan Juli

Buka link verifikasi di email lalu isilah data diri pada tampilan daftar yang muncul di halaman layar. Upload pula foto e-KTP, foto buku tabungan bagian muka lalu Klik kirim. Setelah proses selesai akan muncul dialog box yang meminta salinan tanda tangan lalu pilih lanjut. Terakhir tunggu hingga proses selesai dan terdapat kiriman email masuk berisi username serta password.

4. Lewat Pembuatan  Secara Offline

Bawalah dokumen yang telah dipersiapkan pada awal tadi ke kantor bank terdekat. Ambil nomor antrian dan tunggu giliran dipanggil. Katakan kepada CS bank yang dituju jika ingin membuat rekening saham sertakan pula dokumen yang dibawa.

Cara membuka rekening saham secara offline ini terbilang gampang-gampang susah. Isilah formulir pembuatan rekening saham yang diberikan pihak CS bank. Beri materai dan bubuhi tanda tangan selanjutnya pihak bank akan memproses pengajuan formulir.

5. Setor Dana Awal

Rekening saham yang telah selesai dibuka bisa digunakan langsung setelah melakukan setoran awal. Setoran awal ini biasanya memiliki ketentuan sendiri pada setiap sekuritas yang dipakai. Transfer sejumlah nominal sesuai ketentuan ke rekening investor yang telah jadi. Untuk diingat transfer hanya dikirimkan ke rekening di atas nama pribadi yang telah diregistrasikan di awal.

Lima cara membuka rekening saham melalui perusahaan sekuritas lebih aman karena memiliki izin dari OJK serta merupakan anggota bursa BEI. Telusuri rekam jejak aplikasi untuk kenyamanan dan kemudahan dalam berinvestasi. Perhatikan pula penawaran jasa apakah memenuhi kebutuhan dan cari tahu juga kebutuhan besaran fee transaksi yang dikenakan. Agar tidak salah dalam memilih investasi saham yang akan dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *