Syarat Pengajuan Pinjaman BRI, Perhatikan Agar Tidak Gagal!

Syarat Pengajuan Pinjaman BRI, Perhatikan Agar Tidak Gagal!

Kebutuhan sehari-hari atau keperluan mendesak membuat beberapa orang berpikir untuk melakukan pinjaman. Pinjaman memiliki beragam jenisnya mulai dari pinjaman online hingga pinjaman bank BRI. Keamanan dan bunga yang tidak terlalu mencekik membuat beberapa orang berpikir untuk melakukan pinjaman bank. Jika tertarik meminjam dana ke bank, sebaiknya lengkapi syarat pengajuan pinjaman BRI agar cepat di acc.

Saat ini tak sedikit nasabah yang memilih meminjam di bank BRI. Hanya saja, kurangnya informasi membuat beberapa pengajuan ditolak lantaran ketidaktahuan nasabah tentang syarat yang diberlakukan. Lantas apa saja syarat yang harus dipenuhi sebelum mengajukan pinjaman? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Syarat pengajuan pinjaman BRI pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang dibutuhkan di antaranya adalah identitas diri yakni KTP atau SIM, fotokopi buku nikah, fotokopi kartu keluarga, serta fotokopi buku tabungan. Ada persyaratan lain yang sekiranya dibutuhkan seperti surat rekomendasi dari atasan, slip gaji atau bukti gaji,  NPWP dan lain sebagainya.

2. Mengisi Formulir Pengajuan

Syarat selanjutnya adalah mengisi formulir pengajuan pinjaman. Formulir ini dapat didapatkan melalui bank BRI terdekat dan cabangnya. Dalam formulir ini biasanya calon peminjam akan diminta mengisi informasi diri mulai dari nama, no. hp, alamat, pekerjaan dan lain halnya serta jumlah uang yang ingin dipinjam.

3. Ketahui Jenis Pinjaman yang Ingin Dipilih

Bank BRI memiliki banyak sekali pinjaman yang ditawarkan dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan calon peminjam. Saat ini tak kurang dari belasan pinjaman yang ditawarkan oleh bank BRI. Berikut jenis-jenis pinjamannya:

  • KPR BRI= Pinjaman untuk memiliki hunian seperti rumah, ruko apartemen dan lain halnya.
  • KPRS BRI= Pinjaman ini diperuntukkan bagi calon peminjam yang ingin memiliki hunian namun berpenghasilan rendah yakni dibawah Rp.4 jutaan dengan masa cicil hingga 20 tahunan.
  • KKB= Merupakan pinjaman untuk kendaraan, ini dikhususkan bagi peminjam yang menginginkan kepemilikan mobil bekas maupun baru.
  • KKB Refinancing=Pinjaman untuk kendaraan bermotor.
  • KKB Motor Premium= pinjaman bagi calon peminjam yang menginginkan memiliki kendaraan motor mewah.
  • KUR BRI= pinjaman bagi yang membutuhkan modal maupun kredit investasi, namun syaratnya harus memiliki usaha sekurang-kurangnya berjalan 6 bulan.
  • Briguna Karya= adalah pinjaman bagi calon peminjam yang memiliki gaji tetap. Jenis pinjaman ini dapat digunakan untuk hal apapun.
  • Briguna Purna= adalah pinjaman bagi calon peminjam yang telah memiliki pensiunan,
Baca Juga  Upaya Perlindungan Data Nasabah Bank BRI Agar Tetap Aman

Itulah beberapa jenis pinjaman yang dapat dipilih, namun tak hanya itu saja, masih banyak jenis pinjaman lainnya yang dapat dipilih. Agar berhasil mengajukan pinjaman sesuai jenisnya pastikan sudah melengkapi syarat pengajuan pinjaman BRI.

4. Ajukan Kredit

Syarat berikutnya agar pengajuan segera diproses yakni dengan mengajukan kredit melalui bank BRI terdekat. Calon peminjam bisa mengajukan dengan mendatangi BRI lalu mengambil antrian customer service. Jika telah mendapatkan giliran, maka katakan saja pada petugas cs BRI jika ingin mengajukan pinjaman, dan tanyakan beberapa pertanyaan yang sekiranya masih bingung. Jika sudah maka serahkan berkas persyaratan dan sampaikan jenis pinjaman yang ingin dipilih.

5. Menunggu Persetujuan

Langkah terakhir adalah menunggu persetujuan saja. Bank akan menyeleksi lagi melalui berkas dan formulir yang telah diserahkan. Tunggu saja prosesnya dengan menunggu persetujuan bank. Biasanya jika berhasil, pihak bank akan menghubungi.

Itulah beberapa syarat pengajuan pinjaman BRI yang harus dilakukan oleh calon peminjam agar pinjamannya disetujui. Pikirkan secara matang terlebih dahulu sebelum meminjam apakah keputusan benar atau tidak. Pilihlah pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan pikirkan secara matang. Jika sudah maka siapkan berkas yang dibutuhkan dan penuhi segera persyaratan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.