Cara Blokir ATM BNI Lewat Mobile Banking serta Cara Membuat Kartu Barunya

Cara Blokir ATM BNI Lewat Mobile Banking serta Cara Membuat Kartu Barunya

Saat kartu ATM BNI menghilang, langkah pertama yang dilakukan ialah memblokir kartunya. Hal tersebut bertujuan supaya kartu tidak disalahgunakan, oleh orang yang berniat jahat. Untuk memblokir ATM BNI bisa dilakukan melalui smartphone, tidak usah repot pergi ke kantornya. Berikut cara blokir ATM BNI lewat Mobile Banking, sekaligus membuat kartu yang baru:

Cara Memblokir Kartu ATM Lewat Mobile Banking

Dulu jika kehilangan kartu ATM BNI, tidak bisa langsung memblokir nya. Pengguna harus pergi ke kantor BNI, membuat surat kehilangan dan sebagainya. Kini pengguna tidak perlu melakukan hal itu lagi, karena sudah bisa memblokir lewat Mobile Banking. Berikut cara blokir ATM BNI lewat Mobile Banking:

1. Masuk ke Aplikasi BNI Mobile Banking

Pertama masuk ke aplikasi BNI Mobile Banking, kemudian Login menggunakan pin dan nama pengguna. Jika belum memiliki aplikasi BNI Mobile Banking, bisa diunduh di playstore dan lakukan tahap aktivasi dulu. Biasanya saat melakukan pembukaan rekening, nasabah akan langsung disuruh untuk membuat BNI Mobile Banking.

2. Masuk ke Menu Administrasi

Pengguna akan langsung dibawa ke Home, begitu berhasil Login. Di dalam Home terdapat menu Administrasi, yang letaknya ada di bawah. Terdapat berbagai pilihan yang dapat dipilih oleh nasabah, pilihlah opsi Blokir Kartu Debit.

3. Pilih Nomor Rekening yang Akan Diblokir

Akan ada pilihan berbagai nomor rekening, setelah memencet opsi Blokir Kartu Debit. Pilihlah nomor rekening yang kartunya sudah hilang. Jika hanya memiliki satu nomor rekening, maka tidak perlu memilih. Bila pilihan nomor rekening sudah benar, bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Baca Juga  Saham CPO Apa Aja? Inilah 7 Contohnya yang Populer di Indonesia

4. Memastikan Identitas Kartu Debit dan Masuk ke Validasi

Layar akan menampilkan identitas kartu debit, dan juga statusnya. Bila identitas kartu sudah sesuai, lanjutkan ke langkah berikutnya. Masuk ke menu Validasi dan cek identitas kartu debit, seperti nama, nomor kartu debit, tanggal terbit dan tanggal berakhirnya.

5. Pilih Alasan Memblokir Kartu

Jika seluruh identitas kartu telah sesuai, selanjutnya masuk ke Alasan Memblokir Kartu Kredit. Nantinya, akan ada banyak sekali pilihan, karena kartu hilang maka pilih opsi Hilang/Dicuri. Setelah memilih alasannya, selanjutnya masukkan Password Transaksi BNI.

6. Kartu Berhasil Diblokir

Jika sudah memasukkan Password, selanjutnya pilih opsi berikutnya. Tunggu sampai BNI Mobile Banking memberikan notifikasi, bahwa kartu debit berhasil diblokir. Bila notifikasi itu sudah ada, maka pengguna berhasil memblokir kartunya.

Cara Membuat Kartu yang Baru

Tanpa kartu ATM, transaksi di mesin ATM sulit dilakukan. Meski sudah ada sistem Tanpa Kartu, tetap saja rasanya kartu merupakan nyawa untuk bertransaksi di ATM. Jika sudah mengetahui cara blokir ATM BNI lewat Mobile Banking, selanjutnya membuat kartu ATM baru. Berikut cara buat kartu BNI yang baru:

  • Mendatangi Kantor BNI

Langsung mengunjungi kantor bank BNI terdekat, untuk membuat kartu yang baru. Jangan lupa membawa data diri, seperti KTP, buku tabungan, dan surat kehilangan dari polisi. Biasanya bank memang akan meminta nasabah membuat surat kehilangan dari polisi, jika kartunya hilang atau dicuri.

  • Berikan Data ke Customer Service

Saat berada di hadapan Customer Service, berikan semua data yang diminta. Biasanya Customer Service membutuhkan waktu, untuk verifikasi data yang diberikan. Sambil data verifikasi, nasabah bisa menceritakan kejadian bagaimana kartu debit BNI nya bisa hilang. Jika semua telah sesuai, Customer Service akan langsung memberi kartu debit yang baru.

Baca Juga  Cara Membuat Rekening Koran BCA Untuk Pengguna Nasabah Baru

Cara blokir ATM BNI lewat Mobile Banking di atas sangat mudah dilakukan. Tidak butuh waktu lama bahkan tidak sampai lima menit, nasabah bisa melakukan pemblokiran sendiri. Sama halnya juga saat membuat kartu ATM yang baru, tidak perlu memakan waktu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *