Apa Pentingnya KUR BRI dan Apa Syarat Pengajuan KUR BRI 2021, Simak Penjelasannya!

Apa Pentingnya KUR BRI dan Apa Syarat Pengajuan KUR BRI 2021, Simak Penjelasannya!

Perusahaan perbankan yang lahir pada tahun 1895 dan dinamakan sebagai Bank Rakyat Indonesia. Sesuai dengan nama yang dimiliki perusahaan ini, tentunya perusahaan ini berkomitmen untuk selalu berfokus pada kebutuhan rakyat Indonesia, khususnya UMKM. Pembuktiannya melalui program yang dinamakan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Mendapatkan kredit tersebut harus memenuhi syarat pengajuan KUR BRI 2021. Tertera dengan jelas tahun 2021 sebab perusahaan selalu melakukan update persyaratan setiap tahun.

Hal ini didorong dengan demand pengajuan kredit yang begitu banyak dan sulit untuk menentukan debitur yang layak jika harus menggunakan syarat sebelumnya. Mengapa hal tersebut bisa dikatakan seperti itu? Setiap tahun perusahaan selalu melakukan evaluasi dari debitur yang ditangani sehingga pastinya akan menghasilkan update syarat terbaru. Tujuannya agar perusahaan dapat memberikan pinjaman pada debitur yang berkompeten dan layak.

Penjelasan Singkat Pentingnya Kredit Usaha Rakyat Bank BRI

Kredit Usaha Rakyat merupakan suatu program pinjaman yang diadakan oleh perusahaan perbankan terhadap calon peminjam yang berada di lingkup UMKM. Tujuan dari KUR ini agar dapat memajukan bisnis masyarakat menengah agar dapat bersaing dengan perusahaan besar lainnya. Selain itu, membantu meringankan beban dalam mencari modal usaha. Hasilnya dari program tersebut yaitu usaha tetap dapat berlangsung dengan lancar walaupun debitur memiliki uang yang sedikit dalam menjalankan usahanya.

Berdasarkan penjelasan di atas ini dapat disimpulkan bahwa KUR masuk ke dalam sesuatu yang sangat penting bagi usaha kecil di Indonesia. Hal tersebut disebabkan peminjaman tersebut dapat membantu modal bagi pemilik usaha kecil dalam memajukan usahanya. Melalui tenor dan bunga yang rendah, tentunya kondisi tersebut telah disesuaikan dengan owner bisnis tersebut. Itulah pentingnya kredit usaha rakyat bagi para pemilik UMKM Indonesia.

Baca Juga  Cara Daftar Internet Banking BRI Di Atm yang Mudah Dilakukan

Syarat Pengajuan dari KUR yang Diadakan Oleh Bank BRI

Sebelum memasuki syarat pengajuan KUR BRI 2021, akan lebih baik dapat mengetahui tipe-tipe pinjaman untuk UMKM yang diadakan dalam program pinjaman usaha rakyat. Tipe program tersebut ini terdiri atas 3 tipe yaitu mikro, ritel, dan TKI. Berikut syarat-syarat dari setiap jenis kredit usaha rakyat BRI adalah sebagai berikut:

1. Mikro

Program peminjaman ini debitur memiliki maksimal pinjaman sebesar  Rp 50.000.000. Informasi lebih lanjut yaitu rentang waktu yang diberikan pihak perusahaan selama kurang lebih 1 hingga 2 tahun. Suku bunga pun telah disesuaikan dengan kemampuan rata-rata peminjam sehingga didapat jumlah yaitu 6% pa. Berikut syarat pengajuan KUR BRI 2021 golongan mikro yaitu:

  • Usaha harus dijalani serta dimiliki sendiri.
  • Membawa sejumlah syarat penunjang melalui ketetapan dari informasi yang diberikan, salah satunya kartu tanda pengenal,
  • Perjalanan usaha ini harus berlangsung setidaknya 6 bulan sampai pengajuan pinjaman.
  • UMKM yang dijalankan secara online (Tokped, Gojek, Shopee, dll) maupun offline.
  • Tidak mempunyai pinjaman lain selain yang bersifat konsumtif, contoh credit card (CC).

2. Ritel

Pinjaman kategori ini dimulai dari Rp 50.000.000. hingga Rp500.000.000. Menariknya pinjaman tipe ritel ini memiliki dua tipe masa pinjaman yaitu modal kerja (4 tahun) dan investasi (5 tahun). Bunga yang didapatkan dari peminjaman ini yaitu 6%/tahun. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  • Produktif merupakan syarat pertama dari peminjam.
  • Enam bulan merupakan waktu yang harus dipenuhi pemilik bisnis yang bersangkutan.
  • Tidak mempunyai pinjaman lain selain yang bersifat konsumtif, contoh credit card (CC).
  • Memiliki IUMK ataupun pernyataan lainnya yang mengkonfirmasi ada bisnis dan dapat disetarakan.

3. Tenaga Kerja Indonesia

Para tenaga kerja yang akan bekerja di luar negeri dapat membuat permohonan pinjaman, akan mendapatkan maksimal uang pinjaman tersebut sebesar Rp 25.000.000. Kendati demikian lama waktu pinjaman adalah tiga tahun. Pengguna harus membawa sejumlah berkas yang berhubungan dengan kondisi peminjaman. Persyaratan ini hanya ditujukan pada seseorang yang mempunyai status sebagai TKI dan memiliki negara penempatannya.

Baca Juga  Cara Buka Blokir Pin ATM BRI Tanpa Ke Bank Mudah dan Gratis

Demikian penjelasan singkat mengenai KUR BRI dan syarat pengajuan KUR BRI 2021. Tips sebelum memahami syarat dari ketiga jenis pinjaman yang diadakan BRI yaitu pahami terlebih dahulu tipe program yang nantinya pembaca ambil. Sesuaikan tipe peminjaman melalui jenis usaha yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.