3 Cara Menggunakan SMS Banking BRI Paling Simpel

3 Cara Menggunakan SMS Banking BRI Paling Simpel

Sebagai nasabah BRI, tentunya harus mengetahui kalau lembaga telah merilis program SMS Banking yang memungkinkan penabung tak harus ke bank dan ATM jika ingin memproses transfer apalagi hanya untuk cek saldo. Perlu kiranya dijelaskan tentang cara menggunakan SMS Banking agar pengetahuan nasabah semakin lengkap.

Sebelum membahas cara untuk bisa menggunakan SMS banking, ada baiknya mengetahui lebih dulu penjelasannya. Hal ini bertujuan agar para nasabah bisa lebih memahami bagaimana menggunakan SMS Banking dari Bank BRI. Berikut penjelasan singkatnya:

Pengertian SMS Banking BRI

Sebenarnya ini sama seperti SMS biasa pada umumnya, hanya saja SMS Banking BRI merupakan layanan digital yang dikeluarkan oleh bank BRI. Tujuannya adalah, supaya nasabah bisa mengecek transaksi lebih mudah tanpa harus mendatangi ATM dan kantor BRI. Sediakan saja ponsel jadul, program pasti bisa dinikmati nasabah.

Ternyata rilis layanan SMS Banking bukan BRI saja, bank lain juga banyak yang membukanya. Sebuah bukti kalau transaksi via ponsel bisa digunakan kapanpun bahkan saat keadaan mendesak, daripada harus antri di bank hanya untuk mengetahui mutasi keuangan saja.

Cara Menggunakan SMS Banking BRI

Jika sudah mengetahui pengertian SMS Banking BRI, berikut dijabarkan tentang cara menggunakannya. Termasuk teknik mendaftar atau register, karena tanpa register layanan tidak akan bisa dipakai. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Mendaftar Terlebih Dahulu via Gerai ATM

Teknik termudah untuk registrasi ialah datangi ATM terdekat. Biasanya semua bank menggunakan teknik tersebut, termasuk BCA, BNI maupun BPRS. Tahap mendaftar dan cara menggunakan SMS Banking di ATM sangat populer dan terkenal. Untuk cara yang lebih lengkap silahkan datangi ATM, lalu masukkan kartu ATM ke dalam slot mesin.

Baca Juga  Inilah 7 Cara Membuka Rekening BRI Online Yang Wajib Nasabah Ketahui!

Jika sudah selesai, silahkan masukkan PIN dan tekan tab Bahasa Indonesia. Setelah itu, silahkan klik Transaksi Lain, pilih Lainnya, tab menu Registrasi lalu pilih Mobile Banking. Jika langkah di atas sudah dijalankan silahkan input nomor ponsel lalu klik Benar. Selanjutnya silahkan buat PIN Mobile Banking, lalu tekan lagi menu Benar. Selesai, silahkan struk yang muncul disimpan untuk digunakan sebagai syarat aktivasi.

2. Lakukan Aktivasi di Bank

Berhasil melakukan registrasi, tidak berarti sudah boleh mengaktifkan SMS Banking. Tetapi masih harus melakukan aktivasi awal sebagai legalitas kalau nasabah Bank Rakyat Indonesia ingin bertransaksi digital dengan aplikasi E-banking. Nasabah cukup mendatangi Bank Rakyat Indonesia terdekat dengan membawa buku rekening dan tanda pengenal termasuk KTP dan KK. Jangan lupa juga membawa struk registrasi SMS Banking yang telah didapatkan via ATM.

Setelah itu, berikan persyaratan tersebut kepada CS lalu sampaikan keinginan untuk melakukan aktivasi SMS Banking. Biasanya, pihak CS akan langsung memproses keinginan, dan nasabah tinggal menunggu proses tersebut sampai selesai. Umumnya proses membutuhkan waktu satu hari saja asalkan jaringan internet stabil dan lancar.

3. Mulai Menggunakan SMS Banking BRI

Jika proses aktivasi sudah selesai apalagi sukses, berarti nasabah sudah bisa mengaktifkan SMS Banking. Nasabah sudah bisa melakukan transfer maupun ketika akan mengecek mutasi dan riwayat transaksi di BRI. Jadi, nasabah bisa bertransaksi jauh lebih mudah tanpa harus mendatangi bank dan tidak perlu antri. Untuk cara menggunakan SMS Banking, sejatinya sangat mudah. Tahapan tutorialnya juga singkat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Nasabah pemula sekalipun tetap bisa menggunakannya dengan benar hanya dengan satu dua kali latihan saja. Untuk bertransaksi via SMS Banking, nasabah cukup mengirimkan pesan ke nomor 3300. Ini berlaku untuk semua transaksi baik untuk cek saldo maupun transfer. Penulisan pesan harus benar seperti contoh, (Cek Saldo(spasi)PIN) untuk periksa saldo. Format SMS transaksi dalam bentuk transfer silahkan (ketik TRANSFER(spasi)BRI(spasi)Rekening Tujuan(spasi)Nominal Transfer(spasi)PIN)

Baca Juga  Jam Perdagangan Bursa yang Telah Ditentukan

Itulah beberapa cara menggunakan SMS Banking khusus BRI yang bisa dijadikan panduan. Semakin canggihnya teknologi membuat pihak bank harus ikut mengembangkan fasilitas yang disediakannya. Dengan adanya SMS Banking ini tentu lebih memudahkan nasabah dalam mengecek saldo maupun mutasi transaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.