game untuk mengasah otak

9 Game Untuk Mengasah Otak dan Melatih Daya Ingat

Saat ini, sebuah permainan tidak hanya ditujukan untuk hiburan semata atau mengisi waktu luang saja. Namun juga bermanfaat bagi diri sendiri, diantaranya adalah meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan ketepatan dalam memutuskan sesuatu. Itu semua bisa dilatih dengan game untuk mengasah otak yang bisa segera dicoba.

1. Infinity Loop

Game pertama yang cocok dicoba adalah Infinity Loop. Aplikasi ini ramah bagi semua pengguna, baik android, iOS, atau Microsoft Windows. Menghadirkan dua cara bermain yang siap mengaduk-aduk otak dalam memutuskan strategi. Pemain dituntut untuk mencegah balok bersentuhan ataupun malah membuatnya menjadi bersentuhan agar bisa naik level.

2. Math Duel

Bagi penyuka pelajaran Matematika sangat disarankan untuk memainkan game ini. Sebenarnya tampilan dari aplikasi ini tidak jauh beda dengan permainan catur atau kartu, namun berisi soal-soal hitungan yang harus diselesaikan dengan cepat dan tepat.

3. Lumosity: Brain Training

Lumosity: Brain Training menjadi rekomendasi ketiga dari game untuk mengasah otak. Telah digunakan lebih dari 10 juta, permainan satu ini memang sangat disarankan. Mental pemain turut terlatih saat menyelesaikan setiap tantangan. Pengguna dituntut bisa memutuskan suatu masalah secara tepat dan cepat.

4. Roll The Ball: Slide Puzzle

Permainan satu ini dikembangkan oleh developer terkenal yang bernama BitMango. Memiliki jumlah unduhan sebanyak 100 juta lebih tentu menunjukkan bahwa game ini menjadi salah satu favorit. Pemain harus menyambungkan pipa yang nantinya digunakan sebagai jalan untuk menggelindingkan sebuah bola.

Baca Juga  Game RPG Terbaik PC yang Paling Banyak Dimainkan Gamers

5. Quick Brain

Sesuai namanya, game ini memang dikhususkan untuk melatih otak berpikir secara cepat tapi tetap dengan akurasi yang tepat. Sebab disediakan waktu tertentu untuk menyelesaikan soal-soal Matematika yang sudah disediakan. Untuk mengunduh permainan ini bisa melalui App Store ataupun Play Store.

6. Brain Out

Permainan yang cocok digunakan untuk mengasah ingatan juga ketepatan ini bernama Brain Out. Para pemain diharuskan menggunakan logika dan refleks yang tepat untuk menyelesaikan setiap tantangan. Saat memainkannya pun dituntut tenang dan tidak boleh terpancing emosi. Sayangnya, game ini terlalu banyak iklan yang mengganggu.

7. Kuis Gambar Saku

Tidak ingin kalah dengan developer asing, Touchten menciptakan game asah otak yang bisa dibanggakan sebagai karya anak negeri. Permainan ini menggiring penggunanya untuk berimajinasi saat menuntaskan tantangan dengan tepat.

Lebih seru lagi, para pemain dapat membagikan soal berupa gambar tersebut ke media sosial masing-masing. Setiap selesai menyelesaikan misi, akan mendapatkan poin yang nantinya bisa ditukar dengan hadiah yang sudah disediakan oleh developer. Menarik bukan?

8. Kahoot

Game untuk mengasah otak selanjutnya adalah Kahoot. Para pemain akan diajak berpikir untuk mengerjakan soal-soal yang disediakan. Mulai dari pertanyaan seputar hitungan, pengetahuan umum, hingga sejarah. Sangat lengkap dan menarik.

Salah satu keseruan dari permainan ini adalah bisa mengajak hingga 10 kawan untuk bermain bersama, sehingga akan tambah ramai dan menantang. Selain melalui aplikasi, pengguna juga dapat memainkannya di website kahoot.com

9. Brain dots

Permainan yang bisa dijajal oleh segala usia ini bernama Brain dots. Bahkan anak di atas tiga tahun dapat memainkannya. Para pemain ditugaskan untuk menggambar jalur yang nantinya akan menghubungkan satu bola dengan bola yang lainnya. Semakin tinggi level, tingkat permainan juga semakin sukar.

Baca Juga  6 Game Balapan Offline PC, Andalan Gamers Master dan Newbie

Itulah 9 game untuk mengasah otak yang direkomendasikan bagi orang-orang yang mencari latihan bagi daya ingatnya. Sekarang, bermain tidak bisa dianggap sebagai bentuk negatif saja, tetapi juga memiliki dampak positif. Asal tetap tahu waktu dan batasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *