jurusan kuliah untuk menjadi editor video

Jurusan Kuliah untuk Menjadi Editor Video di Indonesia

Sekarang ini jurusan kuliah di bagian industri seni kreatif sudah semakin marak bermunculan. Salah satunya adalah jurusan kuliah untuk menjadi editor video.  Tadinya mungkin jurusan ini merupakan bagian dari jurusan multimedia. Tapi sekarang jurusan penyuntingan video ini sudah berdiri sendiri, dan memiliki banyak jenis.

Jurusan Kuliah untuk Menjadi Editor Video

Tentunya untuk menjadi seorang penyunting video ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah kemahiran mengoperasikan alat yang digunakan. Karena penyuntingan seperti ini tidak hanya berhubungan dengan seni, tapi juga dunia digital. Itulah sebabnya jurusan kuliah untuk menjadi editor video masuk dalam industri seni kreatif dan digital.

1. Cinematography

Jurusan pertama adalah sinematografi yang sebenarnya berhubungan kepada film. Di jurusan ini mahasiswa tidak hanya diajarkan tentang bagaimana mengubah suatu video menjadi lebih menarik. Tapi, diajarkan bagaimana caranya mengambil video dengan teknik terbaik. Jadi memang jurusan ini sudah mengajarkan pondasi tentang bagaimana caranya menciptakan video dan melakukan perubahan di video tersebut.

Karena kalau dari awal teknik pengambilan video sudah salah dilakukan, maka proses pengubahan video akan lebih banyak memakan waktu. Oleh sebab itu penting bagi yang terjun ke bidang ini untuk melakukan pengambilan yang baik sejak dari awal. Dengan begitu maka proses pengubahan video tidak terlalu sulit, dan tidak memakan banyak waktu.

2. Desain Komunikasi Visual

Ini merupakan jurusan yang paling terkenal dalam bidang design. Karena disini mengajarkan tentang semua ilmu design. Dari mulai pengubahan foto, video, dsb semuanya diajarkan di jurusan ini. Hal ini sejalan dengan nama yang dimiliki oleh jurusan ini yakni komunikasi visual. Jadi merupakan jurusan yang mengajarkan mahasiswanya untuk melakukan komunikasi secara visual.

Baca Juga  Daftar Universitas Jurusan Farmasi di Bandung Terfavorit

Artinya adalah kegiatan berbicara, menyampaikan pesan, atau komunikasi lainnya dilakukan melalui gambar. Karena itu di sini akan diajarkan bagaimana caranya menciptakan suatu gambar yang mampu menghantarkan pesan kepada yang melihat. Jadi tidak hanya sekedar gambar saja, melainkan ada kehidupan, pesan, ataupun makna yang ingin disampaikan dari hal yang sudah dibuat itu.

3. Editing Video

Terakhir adalah jurusan yang sangat sesuai dengan penyuntingan video karena memang  namanya saja penyuntingan atau editing video. Di sini mahasiswa akan diajarkan bagaimana caranya untuk mengoperasikan alat penyuntingan. Dimulai dari yang paling bawah yakni kamera, jadi proses pengubahan dilakukan secara sederhana melalui kamera terlebih dahulu baru masuk ke alat lainnya.

Nama prosesnya sering juga disebut dengan IPO atau input-process-output. Jadi memasukan data, kemudian mengolah data tersebut, dan mengeluarkan data yang tadi sudah diolah. Dalam hal ini data yang dimaksud adalah video. Selain itu ada juga proses analisis yang dilakukan selama proses berlangsung. Jadi mahasiswa menganalisa apakah videonya layak atau tidak.

Perhatikan Fasilitas yang Dimiliki

Ternyata jurusan kuliah untuk menjadi editor video sangatlah lumayan. Menawarkan proses belajar berlandaskan kurikulum yang tidak main-main dengan tujuan untuk menghasilkan seorang penyunting video yang berkualitas. Tentunya untuk bisa mendapatkan hasil akhir pembelajaran yang optimal dibutuhkan fasilitas yang memadai.

Fasilitas ini berfungsi untuk mendukung mahasiswa supaya mengerti. Jadi kuliah tidak hanya berupa teori saja, tapi diterapkan langsung dalam praktek. Dengan begitu kemungkinan mahasiswa untuk bisa memahami proses penyuntingan video menjadi lebih mudah dan terarah.

Jadi bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke jurusan kuliah untuk menjadi editor video ada baiknya untuk memperhatikan fasilitas yang dimiliki juga. Karena kalau proses pembelajaran dibarengi dengan fasilitas yang memadai, tentunya nanti output yang dihasilkan akan maksimal.

Baca Juga  Universitas Dokter Kecantikan di Bandung Terbaik Ini Rekomendasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *