Pengertian Take Profit Saham dan Strategi Jitunya (tradingsetupsreview.com)
Pengertian Take Profit Saham dan Strategi Jitunya (tradingsetupsreview.com)

Pengertian Take Profit Saham dan Strategi Jitunya

Take profit saham adalah tindakan melakukan penjualan saham yang dimiliki, setelah mencapai target dan harga sesuai yang direncanakan. Para investor atau trader setelah mencapai target yang diharapkan dan ada peluang untuk take profit saham, tentu harus memahami ilmunya.

Belajar saham bukan hanya menentukan kapan dapat membeli saham dengan tepat. Akan tetapi, mengetahui kapan waktu saham bisa take profit dengan keuntungan maksimal juga sangat penting. Karena, Anda akan mendapatkan untung maksimal ketika dapat timing yang tepat dalam melakukan take profit.

Bila Anda seorang pemegang saham dan melakukan take profit dengan sembarangan tanpa memperhatikan waktu yang tepat, tentu ini akan jadi musibah. Di dalam ulasan ini, Anda akan menemukan beberapa strategi jitu untuk melakukan take profit dengan hasil yang maksimal.

Strategi Jitu Melakukan Take Profit Saham Secara Maksimal

Melakukan segala sesuatu dengan strategi tentu akan menambah peluang sukses lebih besar. Apabila dengan urusan yang besar pula.

Perhatikan Hal Penting Ini

Sebelum masuk ke beberapa strategi, simak beberapa hal penting ini.berinvestasi memang bertujuan untuk meraup cuan, tetapi pemula kadang enggan memperhatikan langkah profesionalitasnya. Jangan sampai Anda mengabaikan kondisi bursa ketika fokus meraup untung. Untuk menghindarinya, coba perhatikan dua hal ini

  • Lakukan jual saham ketika laba saham sudah sesuai portofolio. Tidak perlu menjual semua investasi koleksi Anda, jual sebagian saja.
  • Melakukan penjualan saham bila fundamental sudah tidak bagus lagi atau valuasi saham terlalu mahal

Pilih Waktu yang Tepat

Cara menentukan atau memilih inilah salah satu hal krusial yang harus ditetapkan penuh dengan perhitungan. Berikut waktu yang tepat untuk take profit saham

Ketika keuntungan tercapai. Tentu sebelum berinvestasi atau tanam modal, Anda para investor sudah menuliskan beberapa target. Baik itu jangka dekat maupun lama. Bila Anda merasa target yang dibuat sudah tercapai, maka ini bisa menjadi salah satu kesempatan Anda untuk take profit. Tapi jangan abaikan kondisi bursa, agar semua berjalan sesuai rencana.

Baca Juga  3 Aplikasi Reksadana Terbaik Investasi Saham Anda

Saham mencapai harga tertinggi. Pola-pola terbentuk koleksi. Ketika nilai saham Anda sedang naik, lalu Anda melihat bahwa saham Anda berpotensi untuk dikoleksi, Anda bisa melakukan take profit terlebih dari dahulu. Ada beberapa pola atau sistem yang bisa Anda gunakan untuk melihat saham saham yang berpotensi menurun.

Ketika (Indeks Harga Saham Gabungan) IHSG sudah naik tinggi. Saat IHSG naik , sentimen masyarakat pun juga akan unik. Oleh karenanya, Anda perlu menjual harga saham yang sudah naik sebelumnya. Salah satu kondisinya adalah ketika indeks naik berhari-hari.

Waktu Stop Loss

Stop loss adalah tindakan menjual harga saham di harga tertentu untuk mencegah kerugian. Bila Anda seorang trader terburu-buru dan menggunakan emosi ketika menetapkan harga, tentu ini sikap yang kurang bijaksana. Karena dalam pasar modal harga cenderung berubah-ubah dalam waktu yang tidak menentu, atau biasa disebut fluktuatif.

Akibatnya ketika harga mendadak turun, dan Anda cenderung terburu-buru, maka kemungkinan Anda akan mengalami kerugian. Namun bila mampu bersabar dan menggunakan ilmu, Anda tetap akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Jadi intinya adalah, selama Anda sebagai seorang trader atau investor membeli saham yang memiliki fundamental baik, likuiditas baik. Kemudian sudah memaksimalkan indikator teknik, maka Anda perlu memahami timing yang tepat atau menunggu waktu untuk take a profit saham.

Bagi seseorang yang menggeluti dunia saham, wajib hukumnya mempelajari take profit saham dan berhati-hati ketika melakukan hal ini. Karena dengan kecerobohan dan emosi tanpa ilmu hanya akan membawa Anda kepada kerugian, bahkan kehilangan modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *