Cara Mengenali Indikator Tekhnikal Saham dengan Tepat (idxchart.com)
Cara Mengenali Indikator Tekhnikal Saham dengan Tepat (idxchart.com)

Cara Mengenali Indikator Teknikal Saham dengan tepat

Indikator teknikal saham adalah salah satu ilmu saham yang wajib dipelajari oleh para investor atau trader. Karena bila Anda melewatkan jenis ilmu ini tentu, dalam mengarungi dunia saham akan pincang. Bahkan akan mengalami kemungkinan buruk yang tidak pernah diharapkan.

Dalam indikator teknikal ini, ilmu bagaimana menganalisa perkembangan harga aset pasar modal memakai perangkat statistik, misalnya grafik serta rumus matematis. Sehingga Anda sebagai seorang trader akan dapat melihat kondisi pasar saat ini berdasarkan pengalaman atau history di masa lampau, sekaligus memprediksi tentang pergerakan pasar di masa depan.

Biasanya, para investor pemula, yang menguasai ilmu ini, mereka membeli saham tanpa melakukan analisis terlebih dahulu. Akan tetapi, mereka mereka membeli saham atas rekomendasi dari kerabat maupun karib yang lebih dulu terjun didunia ini.

Untuk kedepan, bertransaksi saham dengan ilmu ini menjadi sangat penting karena tidak mungkin kita akan terus bergantung kepada orang lain. Selain itu, belajar ilmu ini  akan penting bagi investor, karena indikator ini dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk menentukan saat yang tepat untuk membeli saham dengan perhitungan jangka panjang.

Sedangkan bagi trader, ilmu ini bisa digunakan untuk mengukur saham seperti apa yang bisa menghasilkan di waktu yang singkat. Di dalam artikel ini Anda akan temukan beberapa istilah dan jenis indikator atau parameter dalam menentukan dan melihat pasar modal dengan baik.

Macam-Macam dari Indikator Teknikal Saham

Ada lima indikator yang paling sering digunakan dalam dunia saham. Kelima indikator ini juga sering menjadi pembicaraan para ahli terkait. Anda sebagai trader maupun investor juga wajib mengenal kelimanya.

Relative Strength Index

Relative Strength Index atau RSI yakni indikator yang bisa waktu yang tepat sebuah saham mengalami jenuh beli dan jenuh jual. Bila RSI sedang menunjukkan jenuh jual, maka harga saham kemungkinan akan naik. Begitupun sebaliknya, bila saham jenuh beli maka kemungkinan harga saham akan menurun.

Baca Juga  Kenali Jenis Produk DBS Bank Surabaya yang Sangat Menguntungkan

RSI mempunyai tampilan seperti sub windows yang dapat Anda atur posisi jenuh beli dan jenuh jual. Akan tetapi,akurasi RSI terbukti relatif lemah, karena jenuh beli dan jenuh jual umumnya bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Stochastic Oscillator.

Stochastic Oscillator memiliki tampilan sub-window yang memiliki nilai jual jenuh dan beli jenuh sama dengan RSI. Kemudian, yang membedakan adalah Stochastic Oscillator ini memiliki garis yang bisa menghasilkan sinyal trading. Perpaduan garis ini pula yang akan memunculkan sinyal jual atau beli saham. Indikator Stochastic Oscillator terbukti cukup akurat, kecuali ada yang tidak wajar di pasaran

Moving Average (MA)

Moving Average adalah indikator saham atau trading yang paling penting dipelajari oleh semua calon trader maupun investor. Indikator ini digunakan dalam mengetahui kondisi dari tren harga saham kala ini, yang berdasarkan perbandingan posisi harga sekarang dengan rata rata historis.

Dengan paham indikator ini, trader akan mengetahui level support dan resistance yang menandai titik krusial dalam riwayat harga saham. Apabila Anda mempelajari atas seluk beluk dari indikator saham ini secara lebih lanjut, maka akan menemukan sejumlah kegunaan lain, misalnya identifikasi peluang jual/beli.

Adapun ada beberapa istilah yang biasa digunakan dalam indikator teknikal saham diantaranya adalah chart. Ini adalah tampilan grafik yang merepresentasikan pergerakan harga saham. Trend adalah arah kecenderungan atas pergerakan harga dari saham dalam jangka waktu tertentu dan lain sebagainya.

Itulah pengertian dan beberapa jenis indikator teknikal saham yang akan berguna untuk mengukur harga saham dan  kondisi pasar modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *