Aplikasi Mencari NISN Siswa Paling Mudah dan Ringan

Aplikasi Mencari NISN Siswa Paling Mudah dan Ringan

NISN merupakan data penting yang harus selalu disimpan rapi oleh para siswa. Kenyataannya banyak yang tidak bisa menjaga data tersebut dengan baik sehingga harus mencarinya terlebih dahulu ketika diperlukan. Sekarang tidak perlu khawatir karena ada banyak aplikasi mencari NISN siswa yang dapat dipergunakan. Berikut adalah beberapa aplikasinya:

1. Aplikasi Cek NISN New

Aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi NISN  lama yang dibuat oleh POPSI. Ukuran dari aplikasinya sangat kecil yaitu 2,92 MB sehingga tidak akan membuat memori pengguna cepat penuh. Perangkat NISN ini terakhir di update pada tanggal 16 Maret 2020 lalu dan siap untuk membantu siswa dalam mencari NISN.

Langkah untuk memanfaatkan aplikasi ini sangat mudah sekali yaitu mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store kemudian instal aplikasinya. Pengguna akan masuk ke halaman utama dan klik Cek Nama untuk mencari NISN yang selama ini telah hilang dan dilupakan.

2. Aplikasi Dapodik All In One

Dapodik All In One memiliki data lengkap mengenai sekolah yang meliputi guru, siswa, dan tenaga kependidikan. Aplikasi mencari NISN siswa ini dilengkapi dengan petunjuk dan menu yang jelas sehingga sangat mudah sekali untuk digunakan. Pada menu ini, peserta didik dapat melihat dan menggunakan sub menu cari NISN yang sangat berguna sekali bagi siswa.

Aplikasi ini dapat dinikmati hanya dengan menggunakan HP Android saja tidak perlu menggunakan laptop. Pengguna hanya perlu masuk ke dalam aplikasinya kemudian klik bagian Peserta Didik. Lihatlah bagian yang paling atas terdapat menu Cari NISN, kemudian klik sub menu tersebut dan masukkan data yang dimiliki setelah itu akan muncul NISNnya.

3. Aplikasi Cetak Kartu NISN

Kasus yang jarang terjadi namun mungkin terjadi adalah siswa sudah memiliki kartu NISN namun bagian yang menunjukkan NISN tidak terlihat jelas. Penyebab dari ketidakjelasan kartu tersebut adalah tergores maupun terpotong. Cara yang paling mudah untuk mengetahui nomor NISN-nya yaitu menggunakan barcode yang ada pada kartu.

Baca Juga  Aplikasi Untuk Menyadap Whatshapp Pacar, Suami ataw Istri dengan Mudah

Cetak Kartu NISN dapat digunakan untuk menscan barcode yang memang sudah tertera pada kartu. Aplikasi ini mampu mendeteksi barcode kemudian menampilkan kembali data siswa yang sesuai dengan apa yang tertulis pada kartu. Langkah selanjutnya adalah mencetak kartu tersebut agar tidak bingung lagi untuk mencari NISN.

4. Aplikasi Cek NISN Siswa Yang Akurat

NISN merupakan nomor induk dijadikan sebagai identitas pengenal siswa yang ada di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri bahwa data tersebut merupakan data penting yang seharusnya disimpan dengan baik. Setiap siswa memiliki NISN yang berbeda-beda sehingga tidak bisa mencontek teman yang lainnya.

Cek NISN Siswa Yang Akurat ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk mengecek NISN. Aplikasi ini bukan buatan dari Kemendikbud dan terakhir di update pada 14 Juni 2021. Ukuran dari aplikasi ini tidak terlalu besar yaitu 7,2 MB saja sehingga masih terjangkau untuk dikoleksi pada HP pengguna.

5. Buka Web Kemendikbud

Web Kemendikbud adalah solusi jika siswa tidak memiliki ruang yang cukup untuk mengunduh aplikasi mencari NISN. Caranya yaitu dengan mengunjungi website https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama kemudian mencantumkan data diri berupa nama lengkap, tanggal lahir, tempat lahir, dan nama ibu. Langkah selanjutnya klik saya bukan robot dan Cari Data.

Dewasa ini mencari NISN tidak perlu repot lagi karena sudah ada bantuan dari beberapa aplikasi mencari NISN siswa yang telah disajikan di atas. Jika aplikasi tersebut dirasa sulit untuk dijangkau, maka disarankan kepada siswa untuk datang langsung ke sekolah dan meminta data NISN melalui guru yang mengurusi data tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *