Daftar Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android

Daftar Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android

Melakukan tangkapan layar (screenshot) sudah biasa dilakukan. Namun tidak demikian dengan screen record, atau merekam layar. Masih banyak yang belum mengetahuinya. Beberapa tahun terakhir ini aplikasi perekam layar terbaik semakin mudah ditemukan. Sesuai judulnya, fungsi aplikasi ini yakni merekam aktivitas di layar gadget sehingga nantinya bisa dilihat ulang dalam bentuk video. Berikut rekomendasi aplikasi pilihannya:

1. Screen Recorder

Aplikasi besutan NLL ini berfungsi dengan baik untuk screen recording. Aplikasi ini sangat mudah ditemukan di Play Store maupun Google Play dengan ukuran relatif kecil yaitu 4.7 MB. Jumlah unduhannya telah mencapai 10 juta, dan bisa berfungsi secara maksimal pada OS minimal 5.0 di Android. Kelebihan aplikasi ini yakni terdapat gesture yang dapat menghentikan atau memulai rekaman dengan menggoyangkan gadget, konsep tampilannya yang unik, juga mudah digunakan.

2. DU Screen Recorder

DU merupakan aplikasi perekam layar terbaik berikutnya. Aplikasi yang cukup populer dengan jumlah download di atas lima juta ini terdapat di Play Store. Ada beberapa kelebihan DU Screen Recorder seperti mendukung hingga 20 bahasa, hasil rekaman yang berkualitas tinggi, jarang ada iklan, juga tidak memerlukan root.

Fiturnya mudah digunakan, pengguna hanya perlu melakukan screen record dengan satu kali sentuhan. Videonya juga bisa diedit melalui fitur editing, hingga mampu menjalankan live streaming. Ukuran 34 MB rupanya sesuai dengan fitur yang lengkap. Hanya saja kelemahannya terletak pada watermark di hasil rekamannya.

3. Mobizen

Bila membicarakan aplikasi untuk screen record, rasanya tidak terlepas dari Mobizen. Aplikasi penerima penghargaan Best App pada 2016 ini telah diinstal sampai 100 juta kali. Kecanggihannya tidak perlu diragukan lagi. Mobizen mampu menghasilkan kualitas rekaman video yang tinggi hingga fullHD 1080p.

Baca Juga  Gagal Ekstak File? Inilah Cara Mengatasi File RAR Yang Tidak Bisa di Ekstrak di Android

Bitratenya sendiri mencapai 12Mbps disertai 60 fps. Selain itu ada fitur facecam, editing dan juga mendukung Android dengan OS paling tidak 4.4 sehingga lebih mudah dijangkau banyak pengguna Android. Mobizen dapat diinstal dengan ukuran 30 MB lewat Play Store.

4. AZ Screen Recorder

App yang satu ini termasuk dalam jajaran aplikasi perekam layar terbaik. Ukurannya cukup kecil yaitu 11 MB, aplikasi ini sudah didownload sejumlah 50 juta kali. Keunggulan AZ terletak pada kualitas yang dapat diatur HD ataupun full HD. Penggunaannya juga tidak memerlukan root dan hasil videonya tidak memiliki watermark. Tampilan yang sederhana disertai kemudahan menggunakannya menjadikan aplikasi perekam AZ meraih nilai cukup tinggi di Google Play, yaitu 4.6.

5. Google Play Games

Aplikasi yang didukung oleh Google ini cukup ringan dan penggunaannya mudah. Pengguna hanya perlu menyediakan 13 MB sudah bisa mendapatkannya lewat Google Play. Kualitas pada video yang bisa dipilih yakni 480p hingga 720p. Aplikasi ini banyak digunakan untuk merekam gameplay saat sedang memainkan game favorit, karena telah terintegrasi dengan banyak judul game sehingga keseruannya tidak akan terlewatkan.

6. Super Screen Recorder

Aplikasi dari Happy Bees ini dilengkapi dengan keragaman fitur yang menarik. Pengguna bisa menambahkan sendiri watermark sehingga videonya tidak digunakan sembarangan oleh orang lain. Pilihan kualitasnya banyak, pun bisa disesuaikan dengan keinginan.

Pengguna bisa memakai facecam hingga membuat GIF sendiri. Keunikan lainnya adalah waktu merekam yang tidak terbatas, namun pastikan memori pribadi masih cukup banyak. Hanya dengan ukuran 26 MB, aplikasinya bisa diunduh di Play Store.

Itu tadi sederet aplikasi perekam layar terbaik yang dapat diunduh di gadget Android. Kini tidak perlu lagi merekam layar gadget secara manual dari kamera ponsel, cukup dengan mengunduh aplikasi sudah dapat menyelesaikannya dengan mudah. Melakukan streaming game, merekam video tutorial, dan sebagainya akan dipermudah dengan bantuan fitur yang terdapat dalam aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.