5 Penyebab Face ID Rusak pada iPhone yang Sering Terjadi

5 Penyebab Face ID Rusak pada iPhone yang Sering Terjadi

Face ID adalah salah satu fitur pengenalan wajah yang terdapat di iPhone dan berguna untuk sistem keamanan. Fitur ini dinilai baik karena bisa memberikan pengamanan lebih pada iPhone. Namun, banyak juga pengguna yang mengeluhkan kerusakan yang sering terjadi pada Face ID. Penyebab Face ID rusak juga bermacam-macam.

Penyebab-penyebab yang ada umumnya karena kesalahan selama penggunaan. Maka dari itu, perlu diketahui apa saja penyebabnya agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Penasaran apa saja penyebab Face ID sering rusak? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Salah Satu Komponen iPhone Sudah Diganti

Penyebab pertama yang sangat berpengaruh sehingga Face ID rusak adalah salah satu komponennya sudah pernah diganti. Mungkin banyak yang bingung kenapa penggantian komponen ini bisa berpengaruh pada Face ID, tapi hal ini memang benar adanya. Salah satu komponen yang berperan besar akan hal ini adalah layar.

Banyak yang menyepelekan penggantian layar iPhone. Padahal jika sudah diganti akan berpengaruh pada Face ID yang kemudian tidak bisa digunakan. Solusi yang paling tepat adalah menjaga agar layar tidak rusak dan jangan sampai diganti. Kalau memang harus diganti, maka cari tempat servis resmi dari Apple.

2. iPhone Terkena Air

Air adalah penyebab lainnya yang harus dihindari. Sama seperti jenis ponsel lainnya, sebisa mungkin iPhone harus dijauhkan dari tempat yang banyak air. Jika sering terkena air meskipun sedikit, maka bisa jadi Face ID akan rusak. Hal ini sering terjadi pada pengguna iPhone yang kurang memperhatikan penggunaannya.

Penyebab satu ini juga sering diabaikan oleh pengguna. Sangat disarankan untuk tidak membiarkan iPhone terkena air. Meskipun sedikit tapi kalau terus menerus maka akan terjadi kerusakan pada Face ID. Jika hal ini sudah terjadi dan Face ID sudah diperbaiki, maka jangan ulangi kesalahan yang sama.

Baca Juga  Inilah 7 Aplikasi Bokeh Video Full Apk yang Wajib Editor Coba!

3. Sensor face ID Terkena Benda Keras

Hal lainnya yang perlu dihindari adalah sensor Face ID terkena atau bahkan tertindih benda yang keras. Penyebab Face ID rusak satu ini sangat berkaitan dengan penggunaan yang kurang hati-hati. Ponsel jenis iPhone adalah salah satu perangkat elektronik yang pastinya sering digunakan. Jadi, peletakannya tidak bisa seenaknya atau kurang diperhatikan.

Jika ingin Face ID awet dan tidak terjadi kerusakan, maka harus dijauhkan dari benda-benda keras yang mungkin mengenainya. Kerusakan pada sensor ini sering terjadi jika iPhone dimasukkan dalam tas yang berisi banyak barang dan bercampur menjadi satu. Sebaiknya hindari hal seperti ini agar Face ID tidak rusak.

4. Belum Upgrade ke iOS Terbaru

Penggunaan Face ID juga tergantung pada iOS yang digunakan. Jika masih menggunakan iOS versi lama, maka sangat disarankan untuk segera upgrade ke versi terbaru. Hal ini akan sangat berpengaruh pada penggunaan Face ID. Setelah di-upgrade, biasanya Face ID bisa digunakan kembali.

5. Kegagalan Upgrade iOS

Kegagalan saat upgrade juga bisa menjadi penyebab kerusakan pada Face ID. Saat iOS di-upgrade ke versi terbaru, pastikan prosesnya berjalan dengan lancar dan sampai selesai. Karena jika ada kendala atau tidak selesai dengan benar, Face ID bisa rusak dan tidak bisa digunakan. Salah satu yang berperan penting adalah baterai.

Saat melakukan upgrade, pastikan baterai iPhone dalam kondisi penuh atau tidak kurang dari 50%. Proses upgrade pasti memerlukan waktu yang tidak sedikit, maka baterai yang cukup sangat diperlukan. Hal yang bisa dilakukan adalah mengisi dulu baterai iPhone hingga penuh, baru kemudian upgrade iOS ke versi terbaru.

Baca Juga  5 Aplikasi Edit Feed IG Untuk Tampilan yang Lebih Menarik

Itulah 5 penyebab Face ID rusak yang sering terjadi. Lebih baik menghindari hal-hal tersebut daripada harus memperbaiki kerusakan Face ID. Jika memang harus diperbaiki, percayakan pada tempat servis resmi dari Apple yang lebih memahami komponen-komponennya. Perhatikan juga penggunaan iPhone agar tidak terjadi kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.