Memahami Prinsip High Risk High Return Dalam Dunia Investasi Saham (koinworks.com)
Memahami Prinsip High Risk High Return Dalam Dunia Investasi Saham (koinworks.com)

Memahami Prinsip High Risk High Return Dalam Dunia Investasi Saham

High Risk High Return merupakan salah satu prinsip dalam berinvestasi saham. Sebuah prinsip yang menggambarkan hubungan antara risiko dan hasil dalam saham.

Prinsip yang terdengar sederhana ini terkadang diabaikan oleh investor. Padahal mereka harus memikirkan strategi yang akan digunakan untuk berinvestasi

Definisi High Risk High Return Investasi

Memiliki arti bahwa investasi yang berisiko tinggi, biasanya memberikan imbal hasil yang juga tinggi. Sebaliknya, jika investasi dengan risiko rendah, maka imbal hasil yang diberikan juga rendah. Sehingga jika disimpulkan, risiko akan sebanding dengan imbal hasil yang didapat.

Investasi dengan risiko terendah adalah deposito. Setelah itu, obligasi. Sedangkan investasi dengan risiko yang tinggi tentu saja dipegang oleh saham. Namun imbal hasil yang diberikan oleh saham juga lebih besar jika dibandingkan dengan lainnya.

Sehingga jika Anda ingin mendapatkan hasil yang besar, maka Anda juga harus mau menerima risiko yang besar pula.

Jenis Investasi High Risk High Return

Investasi dengan risiko yang tinggi ini merupakan adaptasi dari prinsip perencanaan keuangan. Di mana seseorang akan mendapat risiko besar, namun hasil yang diperoleh juga besar.

Instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi tentu menawarkan jumlah hasil besar. Beberapa instrumen investasi ini menjanjikan untuk Anda yang berani mengambil risiko tinggi.

Saham

Instrumen investasi High Risk High Return ini memiliki risiko yang tinggi, namun tetap saja investor yang memiliki keberanian mengambil risiko menanamkan modalnya pada investasi satu ini. Sebab saham dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang, sehingga investor dapat membuat perencanaan terkait dengan risiko yang mungkin terjadi.

High Yield Bonds

Biasa juga disebut dengan obligasi sampah, namun investasi ini menawarkan keuntungan yang besar kepada para investor. Baik yang diterbitkan oleh perusahaan swasta maupun oleh pemerintah.

Baca Juga  Inilah Cara Transfer Uang Lewat BRI Link Beserta Kelebihannya!

Instrumen yang memiliki risiko tinggi ini karena peluang terjadinya gagal bayar juga sangat tinggi. Namun jenis obligasi yang satu ini menawarkan keuntungan yang tinggi dibandingkan dengan jenis obligasi lainnya.

Cryptocurrency

Jenis High Risk High Return  yang satu ini lebih dikenal dengan mata uang digital. Memberikan penawaran risiko yang tinggi sebab tidak terikat dengan  lembaga keuangan dan bank konvensional manapun. Namun ketika nilainya sedang tinggi, Anda dapat menerima pengembalian dana dalam jumlah yang besar.

Tingkat Pengembalian atau Keuntungan

Wujud dari pengembalian investasi dapat berupa bunga maupun dividen, tergantung jenis investasi yang Anda lakukan. Ada dua jenis pengembalian investasi, yaitu pengembalian yang diharapkan atau expected return serta pengembalian yang sebenarnya atau realized return.

Kedua jenis tersebut tentu memiliki perbedaan, yaitu harapan versus aktual. Anda mungkin dapat memprediksi faktor maupun variabel ekonomi yang dapat mempengaruhi investasi Anda, sehingga tentunya Anda berharap akan memperoleh tingkat pengembalian yang tinggi.

Namun terkadang prediksi tersebut dapat meleset, sebab ada beberapa faktor di luar kendali Anda seperti mekanisme pasar, inflasi, dan lainnya. Dengan ketidakpastian tersebut terkadang membuat perbedaan antar tingkat pengembalian yang Anda harapkan dengan aktual yang Anda terima.

Risk dan return pada prinsipnya merupakan sebuah kondisi yang dialami oleh investor dalam perencanaan keuangannya. Risk sebagai presentasi kondisi yang tidak diharapkan investor.

Sedangkan return merupakan kondisi yang sangat menguntungkan bagi investor. Sehingga korelasi High Risk High Return dalam dunia investasi sangat berkaitan erat. Di mana ada risiko yang tinggi, maka disitulah juga terjadi tingkat pengembalian yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *