Cara Cut Loss Saham, Atasi Rugi yang Menggerogoti Keuntungan (economy.okezone.com)
Cara Cut Loss Saham, Atasi Rugi yang Menggerogoti Keuntungan (economy.okezone.com)

Cara Cut Loss Saham, Atasi Rugi yang Menggerogoti Keuntungan

Dalam pergulatan dunia saham, tidak selamanya pasar bergerak sesuai apa yang kita ekspektasikan. Ketika kita mengalami kerugian karena saham yang kita beli terus turun dan berakhir pada kata rugi, maka solusi terbaik hanya mencari cara cut loss saham yang tepat.

Seringkali, investor atau trader, apalagi seorang pemula meragukan langkah untuk menjual sahamnya saat mengalami kerugian. Posisi seperti ini dalam dunia investasi saham biasa dikenal dengan kata “nyangkut”.

Ketahui Cara Cut Loss Saham yang Benar

Saat sedang terjebak di posisi nyangkut, investor kerap acuh tak acuh terhadap tingkat ketahanan risikonya. Padahal memasang batasan toleransi risiko adalah hal yang sangat penting dalam investasi. Apabila nanti saham bergerak turun melebihi batas toleransi tersebut, segera lakukan cut loss agar rugi tak menghujani lebih kuyup.

Cut loss bisa menjadi tindakan yang tepat jika saham tidak menuai peningkatan yang signifikan. Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk melakukan cut loss? Simak uraian di berikut.

1. Tentukan Cut Loss Ketika Entry

Langkah pertama untuk bisa melakukan tindakan cut loss ini adalah Anda telah menentukan batasan risiko seperti yang telah dicuplik di atas. Buat perkiraan terlebih dahulu dalam harga berapa Anda akan melakukan cut loss. Semisal Anda memasang batas toleransi risiko sebesar 5%, maka ketika rugi sudah menginjak 5% tersebut segera saja Anda menjualnya.

2. Segera Lakukan Cut Los

Cut loss memang berat dilakukan, namun tidak akan seberat jika Anda tak melakukannya dan harus menanggung banyak kerugian. Maka jangan menunda waktu jika tak ingin rugi tetap membuntuti. Gas lakukan cut loss dan musnahkan segalanya dari ingatan.

3. Cut Loss-wait-Buy Again

Anda bisa melakukan cut loss terlebih dahulu. Kemudian menanti hingga harga berada di bawah, lalu Anda kembali melakukan pembelian. Cara ini bisa Anda terapkan ketika Anda sedang dalam posisi floating loss, analisa Anda menunjukkan bahwasannya harga saham bisa menurun lagi, sementara prospek saham masih tetap bagus.

Baca Juga  5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Gadai AJB Rumah di bank BRI oleh Pemohon

4. Cut Loss Sebagian

Cara cut loss saham yang terakhir ini bisa menjadi opsi ketika Anda tetap tak mampu memantapkan hati. Anda ragu, apakah saham yang Anda beli akan tetap menurun atau malah berputar naik, maka Anda bisa lebih dulu menjual sebagian saham.

Hal ini hanya agar kerugian terminimalisir. Apabila harga tetap menurun, Anda bisa langsung menjual sisanya. Namun, jika harga bergerak naik, setidaknya Anda masih punya sebagian saham di sana.

Jenis dan Fungsi Cut Loss

Membahas tentang cut koss, Anda juga harus tahu apa saja jenis-jenis cut loss itu. Cut loss terdiri dari dua jenis yaitu cut loss persentase dan cut loss nominal point.

Cut loss persentase merupakan aksi jual kerugian yang dilandasi dengan hitungan kerugian dalam bentuk persentase. Sedangkan cut loss nominal ialah aksi jual kerugian yang dilandasi dari kerugian berdasarkan hitungan nominal.

Dalam permainan investasi saham, metode cut loss ini difungsikan sebagai peminimalisir kerugian. Apabila Anda segan melakukannya, ada kemungkinan jika Anda mendapati kerugian yang lebih besar.

Selain itu, cut loss juga bisa Anda lakukan ketika Anda menemukan saham lain yang menurut kacamata Anda memiliki potensi yang lebih bagus. Opportunity cost akan terasa lebih efisien apabila Anda segera melakukan cut loss daripada harus menunggu hingga harga kembali seperti harga beli.

Seperti itulah cara cut loss saham mencegah adanya kerugian yang membaku hantam. Bertahan sebenarnya boleh saja, namun apabila tak ada peningkatan, baiknya potong, keluar dan lupakan segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *