Jam Perdagangan Bursa yang Telah Ditentukan (idx.co.id)
Jam Perdagangan Bursa yang Telah Ditentukan (idx.co.id)

Jam Perdagangan Bursa yang Telah Ditentukan

Di Indonesia saat ini sedang ramai membahas persoalan investasi saham. Semakin melonjaknya kegiatan investasi ini, mendorong Anda untuk mengetahui jam perdagangan bursa yang tepat. Hal ini berpengaruh untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai investasi saham.

Saat ini semakin canggih teknologi, sehingga memberikan kemudahan juga kepada kita untuk melakukan investasi saham. Anda hanya membutuhkan koneksi internet yang stabil agar bisa melakukan trading di mana dan kapanpun.

Namun, Anda harus mengetahui beberapa hal ketika melakukan trading saham. Karena, semua transaksi di bursa saham yang berada di luar jam bursa akan ditolak secara otomatis.

Ketahui Jam Perdagangan Bursa yang Tepat

Di Indonesia, jam bursa saham sendiri ditentukan oleh pedoman JATS (Jakarta Automated Trading System). Menurut standarnya, jam bursa terbagi menjadi 3 jenis. Dari ketiga jam tersebut, Anda bisa tahu jam mana yang cocok untuk digunakan sebagai investasi saham.

Bursa saham hanya buka dari hari Senin hingga Jumat. Lalu tutup pada hari-hari libur, baik nasional dan tanggal merah. Jam buka bursa saham juga sama dengan jadwal operasional bank. Berikut jenis jam bursa saham.

Bursa Saham Pasar Tunai

Bursa saham yang satu ini hampir sama dengan sistematika bursa reguler. Hal yang membedakan hanya sistematika pembayaran saja. Jam perdagangan bursanya tiap Senin sampai Kamis mulai dari jam 09.00-12.00. Lalu Jumat mulai 09.00-11.30.

Bursa Saham Pasar Reguler

Merupakan pasar yang memperjualbelikan saham dalam satuan dagang yang biasa disebut lot. Di pasar ini 1 lot dihargai 100 lembar saham. Pasar ini juga memiliki sistematika tawar-menawar yang berputar terus-menerus selama jangka waktu.

Bursa saham pasar reguler ini dibagi menjadi dua sesi. Pertama, Senin sampai Kamis. Sesi pertama mulai dari pukul 09.00 sampai 12.00. Sedangkan sesi kedua, akan dimulai dari pukul 13.30 hingga 15.49.

Baca Juga  Penasaran dengan Kelebihan Emas Antam? Berikut Ulasan Lengkapnya!

Lalu Jumat. Sesi pertama akan mulai dari 09.00 sampai 11.30. Untuk sesi keduanya, mulai dari pukul 14.00 sampai 15.49.

Bursa Saham Pasar Nasional

Merupakan jenis bursa saham negosiasi. Jenis saham yang tidak tergantung satu sama lain. Keputusan yang berlangsung hanya tergantung dari keputusan anggota bursa jual dan anggota bursa beli.

Hal uang membedakan bursa yang satu ini dengan bursa lainnya adalah besar jumlah yang terjadi. Selain itu, bursa saham negosiasi hanya terjadi dengan dua belah pihak saja.

Jadwal jam perdagangan bursanya yaitu Senin hingga Kamis. Sesi pertama mulai dari jam 09.00 hingga 12.00. Sedangkan sesi keduanya dimulai dari 13.30 hingga 16.15.

Lalu Jumat. Sesi pertama mulai dari pukul 09.00 hingga 11.30. Sedangkan sesi keduanya, 14.00 sampai 16.15.

Jadi itulah berbagai jenis jam perdagangan yang biasa Anda gunakan untuk melakukan transaksi saham. Dengan menggunakan jam dagang ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak. Anda juga bisa mengetahui harga saham melalui cara melihat harga saham di IDX.

Karena itu, memperhatikan jam dagang bursa, sangat berpengaruh besar bagi kelangsungan usaha Anda. Sebab bila Anda melakukan transaksi saham tidak pada waktunya, pengajuan Anda akan ditolak. Sehingga Anda tidak bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Ketahui jam perdagangan bursa saham yang bisa Anda gunakan. Dari ketiga jenis jam bursa itu, Anda bisa memilih mana yang cocok Anda gunakan. Karena jadwal operasionalnya mirip dengan jam operasional bank. Maka Anda bisa menyesuaikan diri dengan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *