Kelebihan Dan Kekurangan Saham Syariah Bagi Investasi (pixabay.com)
Kelebihan Dan Kekurangan Saham Syariah Bagi Investasi (pixabay.com)

Kelebihan dan Kekurangan Saham Syariah Bagi Investasi

Menanam modal dengan berinvestasi saham syariah memang tidak salah. Sama seperti halnya saham konvensional lainya, terdapat kelebihan dan kekurangan saham syariah.

Hal yang perlu diperhatikan, ketika ingin menggunakannya sebagai investasi, kita terlebih dahulu diharuskan mengetahui beberapa poin yang menjadi kekurangannya. Sehingga kelak di kemudian hari, kita merasa tidak dirugikan oleh karenanya.

Terdapat Kelebihan dan Kekurangan Saham Syariah

Aktivitas ekonomi serta keuangan syariah kini mulai banyak menjadi pilihan bagi masyarakat muslim di Indonesia. Hal ini sejalan dengan bertambahnya pilihan produk yang ditawarkan oleh perbankan syariah, obligasi syariah ataupun jenis investasi syariah lainnya.

Sebagai muslim yang hendak melakukan investasi syariah, tentunya kita harus mengedepankan prinsip-prinsip yang sesuai dengan syariat ajaran Islam.

Sama halnya dengan bisnis, ada banyak sekali kelebihan dan kekurangan saham syariah. Investasi ini pun memiliki beberapa resiko yang harus ditanggung oleh investor. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terlebih dahulu mencari investasi dengan resiko minim yang aman serta halal.

Dalam praktiknya investasi syariah sebetulnya tidak jauh berbeda dari investasi yang dilakukan oleh bank konvensional. Hanya saja, investasi jenis ini memiliki landasan yang syariah yakni hukum Islam. Dalam hal ini, hukum Islam lebih mengutamakan transaksi halal, dan tanpa riba.  berikut ini beberapa keuntungan menggunakan Saham Investasi Syariah.

Terhindar dari Riba

Seperti yang diketahui, bahwa riba erat kaitannya dengan bunga yang diberikan kepada nasabah oleh pihak bank. Praktik secara riba jelas syarat yang haram bagi syariat Islam. Itu sebabnya, dalam Investasi syariat, tentu jauh dari praktik riba, dan mensyaratkan untuk meniadakan unsur tersebut di dalamnya.

Dengan demikian, para investor akan mendapatkan hasil yang halal, dan berasal dari jerih payah investasinya. Pada umumnya, keuntungan didapatkan dari praktik bagi hasil.

Baca Juga  Indikator Swing Trading Saham, Simpel Namun Berpower

Mengedepankan Prinsip yang Halal

Sesuai dengan prinsipnya, sebagai investasi syariah Islam, mengedepankan prinsip halal tentu merupakan keunggulan dari sistem investasi ini. Tidak hanya sekedar memikirkan keuntungan belaka, investasi syariah juga menjamin harta yang diperoleh oleh para nasabahnya.

Investasi syariah didahului dengan akad atau perjanjian dari kedua belah pihak, serta akan dibahas terlebih dahulu dan diusahakan agar terhindar dari hal-hal yang diatur dan diharamkan oleh syariat. Sehingga pihak yang berinvestasi dapat merasa aman dan terjamin.

Sama seperti dua sisi mata uang yang berbeda, ada kelebihan dan kekurangan saham syariah. Berikut ini kekurangan menggunakannya sebagai pilihan investasi.

Risiko terjadinya Capital Loss

Capital loss merupakan sebuah istilah yang dipakai ketika investor menjual saham dengan harga yang lebih rendah daripada harga beli. Hal itu tentunya akan menjadi kerugian pendapatan bagi investor.

Capital loss terjadi jika penjualan saham  mengalami ketidakstabilan grafik trading di bursa efek secara tidak menentu. Ini mengakibatkan investor terjerumus saat harga jual sedang berada di harga yang rendah.

Risiko Likuiditas, serta kehilangan Modal

Kekurangan pada investasi ini adalah bisa mengalami hilangnya modal yang ditanamkan. Dana pembelian tersebut, sewaktu-waktu bisa berkurang nilai riilnya.

Selain itu, risiko likuiditas menjadi ancaman yang lain, terutama bagi investor yang membeli saham tetapi tidak rajin untuk ditransaksikan di pasar efek.

Ketidak seringan bertransaksi tersebut juga akan menjadi kendala saat akan menjual saham dengan harga sesuai yang ditawarkan. Itulah mengapa kita dituntut untuk mengetahui secara detail perihal kelebihan dan kekurangan saham syariah, maupun bisnis saham yang lain, yang ingin kita jadikan sebagai investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *