Indikator Swing Trading Saham, Simpel Namun Berpower (articleritz.com)
Indikator Swing Trading Saham, Simpel Namun Berpower (articleritz.com)

Indikator Swing Trading Saham, Simpel Namun Berpower

Sebelum melangkah pada bahasan indikator swing trading saham, sudahkah Anda memahami istilah swing trading itu sendiri? Untuk orang-orang yang sudah aktif dalam permainan saham, tentu tak perlu meragukannya lagi. Namun, untuk yang pemula ataupun masih baru dalam bermain saham, mungkin istilah ini akan terdengar awam.

Seperti yang telah diketahui, yang merumitkan dalam dunia investasi adalah banyaknya istilah asing yang artinya belum kita ketahui. Swing trading hanyalah satu diantaranya.

Pengertian dan Indikator Swing Trading Saham yang Akurat

Dalam jual beli saham akan memerlukan banyak strategi. Bisa dengan strategi tahunan, strategi bulanan, hingga strategi jual beli saham dalam hitungan jam atau menit saja. Lalu ada strategi dalam trading saham yang mengandalkan trend dalam pergerakan harga saham.

Strategi satu inilah yang disebut dengan istilah swing trading. Swing trader merupakan sebutan untuk pelaku swing trading. Mereka sangat mengandalkan trend, hingga muncul sebuah slogan, trend is friend.

Alat yang banyak digunakan para swing trader ini biasanya berupa analisis teknikal menentukan jual beli saham. Namun analisis fundamental, pola harga, dan trend tidak mereka abaikan begitu saja. Keuntungan yang diraih oleh para swing trader ini termasuk besar. Bisa mencapai kisaran 5-20% dalam kurun waktu beberapa hari saja.

Indikator Swing Trading Saham

Dalam trading set up, sebenarnya ada banyak sekali indikator yang bisa untuk acuan. Namun para trader yang sudah lama mendekam di kubangan saham umumnya memilih memakai indikator simpel dan sederhana.

  1. Stochastic Oscillator

Indikator ini diciptakan tahun 1950-an oleh seorang trader generasi ke enam CME (Chicago Mercantile Exchange) Bursa komoditas utama di Amerika Serikat, bernama George Land. Stochastic Oscillator ini terkenal dengan strategi utamanya yaitu buy low, sell high. Sifatnya yang mengukur momentum (analisis teknikal saham), menjadikan stochastic ini sangat tepat digunakan untuk indikator swing trading.

  1. MA (Moving Average)
Baca Juga  Instrumen Pasar Modal Umumnya Bersifat Jangka Panjang

Indikator swing trading yang satu ini dianggap sebagai indikator modern perdana dari semua indikator teknikal modern yang lain. Moving average ini hanya berdasar pada penggunaan rata-rata harga dalam beberapa hari sebelumnya. Harga rata-rata terakhir bisa menjadi bahan informasi trend suatu harga saham.

Indikator MA ini menghadirkan banyak varian. Ada SMA (Simple Moving Average), EMA (Exponential Moving Average), juga WMA (Weighted Moving Average). Ketiganya akan memberikan banyak kekuatan untuk mereka yang telah penuh penguasaan dalam penggunaan.

  1. MACD (Moving Average Convergence Divergence)

Indikator ini masih turunan alias modifikasi pengembangan dari Moving Average (MA). Letak perbedaan keduanya ada di MACD ini bisa menangkap tendensi adanya pembalikan arah atau trend dari sebuah trend yang sedang beredar.

Indikator ini dikatakan lebih patut menjadi konfirmator dari sebuah trend yang sedang terbentuk. Sehingga para trader bisa mempersiapkan dahulu jika ternyata sebuah trend menunjukkan peluang untuk ditradingkan.

  1. Price Action dan Volume

Price action dan volume merupakan indikator gabungan. Ketika price action yang merupakan pondasi dari analisis teknikal, bersatu dengan volume, maka akan membentuk hasil yang powerfull.

Tidak perlu mengandalkan indikator yang lain, dengan perpaduan price action dan volume ini Anda bisa mencetak keuntungan yang tak main-main. Bahkan para trader yang sudah pro sekalipun, tetap setia pada indikator ini saja.

Meski terdapat banyak indikator swing trading, keputusan terbaik tetaplah ada di tangan masing-masing trader. Indikator-indikator di atas adalah indikator yang umum digunakan. Meski terbilang simpel, indikator tersebut tetap besar dalam power. Pahami ulasan mengenai indikator swing trading saham, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *