Instrumen Pasar Modal Umumnya Bersifat Jangka Panjang (blog.modalku.co.id)
Instrumen Pasar Modal Umumnya Bersifat Jangka Panjang (blog.modalku.co.id)

Instrumen Pasar Modal Umumnya Bersifat Jangka Panjang

Instrumen pasar modal yang umumnya memiliki sifat jangka panjang. Sebagian orang kemungkinan sudah tidak asing lagi dengan pasar modal. Pasar modal atau capital market seperti halnya pasar tradisional. Pasar modal tentunya menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli.

Namun ada perbedaan dengan pasar tradisional. Penjual pasar modal adalah pencari dana, sedangkan pembelinya adalah investor. Selain itu juga memiliki beberapa instrumen yang ada di dalamnya.

Inilah Beberapa Instrumen Pasar Modal

Instrumen tersebut seperti halnya semua surat-surat berharga (securities) yang diperdagangkan di bursa. Instrumen ini umumnya bersifat jangka panjang dan terdiri dari berbagai jenisnya. Berikut ini beberapa instrumen yang terdapat didalamnya.

Saham

Saham merupakan salah satu instrumen yang cukup populer. Terlebih untuk orang yang sehari-hari tidak mengetahui dunia keuangan. Bahkan, banyak juga yang memahami saham sebagai satu-satunya instrumen yang ada. Saham merupakan satuan nilai atau pembukuan untuk berbagai instrumen finansial. Hal itu yang mengacu pada bagian kepemilikan perusahaan.

Perusahaan yang menerbitkan saham dapat memperoleh pendanaan jangka panjang untuk kepentingan bisnisnya. Nantinya perusahaan memberikan imbalan, berupa uang tunai kepada investor. Bursa Efek Indonesia yang menyampaikan mengenai saham. Saham tersebut sebagai surat untuk tanda bukti kepemilikan dari seseorang (investor) pada suatu perusahaan.

Investor yang mempunyai saham pada suatu perusahaan. Tentunya memiliki hak atas untung atau dinamakan dividen. Keuntungan lainnya yang asalnya dari capital gain. Keuntungan tersebut selisih harga saham saat dibeli dengan saat dijual.

Selain memperoleh sejumlah keuntungan, ada juga risiko yang perlu dipahami. Pasar saham yang bersifat sangat fluktuatif setiap waktunya. Penyebab terjadinya hal itu tentunya beragam. Sehingga investor perlu melakukan memonitor pergerakan instrumen pasar modal tersebut.

Baca Juga  Jenis Kredit Bank BPD Bali yang Tersedia Sekarang

Obligasi

Obligasi merupakan surat tanda meminjamkan uang namun dalam jangka waktu tertentu. Jenis instrumen ini disebut juga surat pengakuan utang jangka panjang. Surat tersebut yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh sejumlah dana. Tidak hanya perusahaan swasta, obligasi juga diterbitkan oleh perusahaan pemerintah. Penerbitan obligasi oleh pemerintah disebut Obligasi Negara Ritel (ORI).

Tujuan dari penerbitan ORI, seperti halnya untuk memperoleh dana pembangunan. Dalam memperbaiki jalan yang rusak, perbaikan sekolah, dan kebutuhan lainnya. Keuntungannya pemegang obligasi adalah dari kupon. Kupon yang terdiri atas fixed coupon dan floating coupon serta selisih harga jual dari harga belinya.

Reksa Dana

Jenis instrumen pasar modal lainnya yaitu reksa dana. Cara kerjanya dengan mempercayakan sejumlah dana kepada manajer investasi. Manajer investasi tersebut nantinya akan bekerja dan mengembangkan dana. Anda dapat memilih manajer investasi dengan performa dan reputasi baik. Hal itu agar memperoleh hasil investasi secara optimal.

Reksa dana yang terdiri dari beberapa jenisnya. Jenisnya antara lain reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Tiap jenis reksa dana tersebut memiliki keuntungan dan risiko yang berbeda.

Derivatif

Jenis instrumen derivatif ini merupakan surat berharga sebagai turunan dari saham dan obligasi. Derivatif oleh manajer investasi, bermanfaat melindungi nilai investasi dari risiko yang terjadi. Hal itu karena pergerakan harga saham dan berbagai faktor penyebab perubahan harganya.

Jenis instrumen derivatif antara lain opsi, right, dan warrant. Opsi merupakan surat pernyataan dari pihak yang memberikan hak kepada pemegang saham. Untuk menjual saham sesuai harga kesepakatannya. Right merupakan surat berharga yang memberikan hak kepada pemodal untuk pembelian saham baru.

Baca Juga  Ini 7 Bank KPR Termurah, Jangan Sampai Salah Pilih!

Sedangkan warrant merupakan surat dari perusahaan yang menyebut bahwa pemegangnya memiliki hak. Untuk melakukan pembelian saham dengan syarat yang sudah menjadi kesepakatan.

Kini Anda dapat mengetahui beberapa instrumen pasar modal. Setiap instrumen memiliki keuntungan dan risiko yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.