Komputer Lemot_ Ini Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7

Komputer Lemot? Ini Cara Mengatasi Komputer Lemot Windows 7

Banyak sekali alat-alat elektronik yang menjadi bagian dari kehidupan seperti komputer. Akan sangat menyebalkan jika komputer yang sedang digunakan tidak beroperasi maksimal sehingga mengganggu pekerjaan yang dilakukan. Lalu apa cara mengatasi komputer lemot windows 7?

Menurunnya kinerja komputer saat sedang digunakan adalah salah satu problem yang dapat menimpa perangkat elektronik. Melambatnya proses operasi komputer akan mengakibatkan kinerja komputer melambat dan akan terlalu sulit untuk digunakan secara efektif. Berikut adalah cara mengatasi komputer lemot windows 7 secara mudah dan tidak ribet, agar komputer bekerja maksimal.

1. Gunakan Anti Virus dan Bersihkan Malware

Banyak cara yang dapat membuat komputer kembali bekerja optimal, yaitu dengan membersihkan virus yang mengganggu. Gunakan aplikasi pembersih malware dan juga antivirus sebagai langkah untuk membuat komputer kembali bekerja normal.

Jalankan program antivirus secara berkala dan aplikasi pembersih saat sesudah menggunakan komputer agar terhindar dari sampah komputer yang menumpuk. Tidak lupa untuk menghapus data atau aplikasi yang sudah tidak terpakai.

2. Hindari Membuka Program Komputer Terlalu Banyak dan Bersamaan

Hal yang harus dihindari agar komputer tidak mengalami penurunan kinerja atau lemot adalah jangan buka banyak program. Dalam menjalankan program komputer baiknya tidak menumpuk program yang berjalan bersamaan.

Selain itu, program yang tidak digunakan namun tetap berjalan, dapat membuat sistem prosesor akan berat dalam menjalankan perintah. Yang tentunya akan berdampak pada Ram yang terlalu berat saat bekerja. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan membatasi start-up program berjalan yang tidak digunakan agar tidak menjadi gangguan.

3. Periksa Kondisi Hard Disk Komputer

Problem lainnya adalah ketersediaan ruang penyimpanan memori yang sudah sedikit hingga membuat kinerja komputer menjadi bermasalah. Terlalu banyaknya malware ataupun sisa dari data akibat pengoperasian sistem komputer juga menjadi penyebabnya.

Baca Juga  Ingin Program Hamil Ini Aplikasi untuk Menghitung Masa Subur, Coba Saja!

Langkah yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti kapasitas hard disk yang lama dengan yang baru. Serta secara berkala merawat hard disk dengan membongkar dan membersihkannya. Dan tidak lupa gunakan aplikasi pembersih memori.

4. Non-aktifkan Program Software yang Tidak Terpakai

Banyaknya program dan aplikasi yang digunakan akan membuat sistem operasi komputer menjadi lambat. Sebaiknya copot aplikasi program yang tidak perlu agar tidak mengganggu komputer yang sedang dijalankan.

Program yang tidak digunakan akan membuat ruang penyimpanan sesak dan membuat komputer menjadi lemot. Pengguna dapat memeriksa aplikasi yang tidak dibutuhkan dengan memanfaatkan fitur control panel dan remove program serta melepas program tersebut.

5. Tidak Mengaktifkan Efek Visual di Komputer.

Terdapat program efek visual yang dijalankan pada program untuk mempercantik desktop atau tampilan layar. Namun hal itu bisa menjadi pemicu kenapa program yang sedang dikerjakan menjadi lambat dan seperti susah untuk dikendalikan.

Ternyata efek visual yang dijalankan dapat memakan banyak ruang penyimpanan. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi atau bahkan menonaktifkan pemakaian aplikasi efek visual tersebut. Caranya adalah masuk ke fitur control panel dan aktifkan setting pada advanced system setting dan pilih menu performance. Lalu gunakan opsi atur efek visual dan hidupkan ulang komputernya.

6. Panasnya Hard Disk Drive Menyebabkan Kinerja Komputer Menjadi Lambat.

Cek dan pastikan keadaan perangkat keras penyimpanan komputer yang menjadi tempat utama kinerja komputer. Komputer menjadi lambat disebabkan karena kondisi panas yang dialami oleh Hard Disk Drive. Solusi yang tepat adalah meletakkan komputer di ruang yang lebih sejuk atau dekatkan ke sumber angin. Jangan letakkan komputer ditempat yang tidak menyerap panas.

Baca Juga  Terbaru, 5 Aplikasi Tambah Followers Instagram Gratis

Begitulah beberapa cara mengatasi komputer lemot windows 7 yang dapat dilakukan dengan mudah dan tepat. Serta membuat pengguna semakin mudah dalam mengoperasikan komputernya dengan nyaman. Segera dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.