Harus Tahu! Inilah Cara Memperbaiki Charger Laptop Rusak Tidak berfungsi

Harus Tahu! Inilah Cara Memperbaiki Charger Laptop Rusak Tidak berfungsi

Pernahkah terbayang saat asyik bermain laptop tiba-tiba baterai habis. Sialnya lagi, charger yang digunakan nyatanya tidak berfungsi sama sekali. Itulah mengapa mengetahui cara memperbaiki charger laptop rusak tidak berfungsi bisa menjadi jalan keluar.

Perangkat seperti computer atau laptop menjadi salah satu barang yang kerap digunakan saat ini. Tidak hanya pekerja kantoran, bahkan anak sekolah banyak yang diwajibkan memiliki perangkat ini. Jika beberapa hal ini dilakukan dengan benar, kemungkinan memperbaiki charger tidak perlu harus ke tempat service. Simak beberapa cara mudah berikut ini:

1.  Memeriksa Colokan Kabel Charger

Hal yang patut diperiksa dalam situasi semacam ini adalah dengan memeriksa kabel colokan charger. Pastikan apakah benar colokan tersebut telah menancap di posisi yang tepat. Hal sepele yang terkadang orang sering meremehkannya.

Namun colokan yang terhubung dengan listrik, apabila tidak tepat dengan port maka otomatis aliran daya charger tidak akan masuk ke laptop. Begitu juga penting untuk memasukkan colokan lurus dengan port. Jangan sampai miring, sebab lama kelamaan tentu akan merusak charger laptop.

2. Memeriksa Konektor, Ampere Maupun Voltase Charger

Cara memperbaiki charger laptop rusak tidak berfungsi juga bisa dilakukan dengan memeriksa antara fungsi konektor, Ampere ataupun Voltase. Tidak jarang pengguna menggunakan charger yang bersifat All in, yakni dapat mengisi untuk semua tipe laptop. Namun nyatanya hal ini sangat beresiko.

Setiap laptop memiliki besaran voltase berbeda, begitupun dengan besar amperenya. Oleh karenanya, sebelum membeli sebuah charger pastikan untuk menyesuaikan besaran daya tersebut. Hal ini pula yang dapat menghambat pengisian laptop atau lebih fatal, yakni tidak dapat mengisi sama sekali.

3. Memastikan Kabel Charger Tidak Patah Atau Terliit

Seringkali saat melakukan pengisian, kabel tidak diatur dengan baik. Dampaknya kabel charger terlilit atau bahkan patah. Apabila hal ini berlangsung dalam waktu lama, tidak menutup kemungkinan serabut tembaga di dalam kabel akan patah dan tentu berdampak dengan tidak masukkan daya listrik dari charger ke laptop.

Baca Juga  Simak Cara Menggunakan Disk Digger Untuk Memulihkan Foto yang Terhapus

4. Mendiamkan Adaptor Panas Agar Dingin Terlebih Dahulu

Adaptor bisa saja sangat panas apabila terlalu lama digunakan. Dampaknya, charger tidak dapat berfungsi dengan baik. Jadi jika hal ini terjadi, coba cabut adaptor terlebih dahulu. Lalu biarkan adaptor ini dingin. Begitupun saat charger panas, juga dapat merusak aliran daya charger itu sendiri. Tidak sampai disini, adaptor yang terlalu panas juga bisa merusak baterai laptop.

5. Lepas Baterai Laptop

Charger tidak dapat mengisi bisa saja karena permasalahan pada baterai. Untuk mengatasi hal tersebut, penguna bisa mencoba untuk melepas baterai dari laptop. Hal ini bertujuan untuk menormalkan kembali fungsi laptop. Setelah melepas baterai, tekan tombol daya selama beberapa waktu.

Fungsinya untuk menghapus semua muatan daya tersisa di sistem. Apabila telah selesai, sambungkan pengisi atau charger dan nyalakan laptop. Jika ini berjalan normal, pasang kembali baterai tersebut ke tempatnya. Namun jika hal ini tidak menyelesaikan masalah, segera ganti baterai dengan yang baru, sebab kemungkinan baterai laptop telah rusak.

Pengguna seharusnya mengetahui cara memperbaiki charger laptop rusak tidak berfungsi seperti yang dijabarkan di atas. Namun apabila semua telah dilakukan dengan benar tapi charger masih saja tidak berfungsi, kemungkinan besar charger tersebut rusak berat. Jalan terakhir yakni membawa ke tempat reparasi atau membeli charger yang baru. Sebagai pengetahuan, saat membeli baru pastikan daya yang tertera pada charger sesuai dengan yang tekanan ada pada laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.