Inilah Cara Memperbaiki Charger HP yang Tidak Mengisi

Inilah Cara Memperbaiki Charger HP yang Tidak Mengisi

Kesal bukan kepalang kala mengetahui charger hp yang terpasang sejak pagi tidak dapat mengisi sama sekali. Seringkali orang beranggapan jika charger ponsel sudah rusak. Padahal tidak selalu demikian, ketahui cara memperbaiki charger hp yang tidak mengisi agar tidak bingung lagi seperti ulasan di bawah ini.

Apabila kendala yang dialami terdapat pada charger. Maka alangkah lebih baik sebelum memutuskan untuk membeli baru atau membawa ke tempat servis pengguna melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Perbaiki Strip Tepat dengan Port USB

Apabila diperhatikan lebih teliti, di tengah port USB ada sebuah strip kecil. Strip inilah yang terkadang kendor sehingga membuat colokan pada USB tidak stabil. Hal ini juga bisa berdampak charger ponsel tidak berfungsi dengan baik.

Penting bagi pemilik untuk memperbaiki posisi agar kembali tepat di posisinya. Caranya yakni dengan mengungkit sedikit ke atas bisa menggunakan kawat kecil ataupun tusuk gigi. Dalam banyak kasus, hal ini terbukti berhasil mengatasi charger tidak berfungsi.

2. Ganti Kabel USB

Kabel merupakan komponen yang sangat rentan akan kerusakan. Utamanya apabila sering digulung, ditarik ataupun ditekuk. Jika hal ini berlangsung lama, kemungkinan terbesar adalah kabel rusak. Cara memperbaiki charger hp yang tidak mengisi bisa dilakukan dengan mengganti kabel tersebut.

Perlu diperhatikan untuk tidak membeli kabel dengan sembarangan. Pilih yang sesuai dengan adaptor charger-nya. Penting juga untuk memilih tipe kabel yang lebih tebal akan lebih awet. Meski harganya cenderung lebih mahal, namun daya pakai pasti akan lebih lama.

3. Gunakan Charger yang Tepat

Meski bentuk charger umumnya sama, namun tidak semua pengisian daya mengisi sebaik charger bawaan asli. Perbedaan arus pada adaptor menyebabkan pengisian menjadi lambat. Apabila pengguna menggunakan charger universal, penting untuk melihat tegangan pada adaptor. Sesuaikan tegangan tersebut agar tidak merusak ponsel yang digunakan.

Baca Juga  Ingin Program Hamil Ini Aplikasi untuk Menghitung Masa Subur, Coba Saja!

4. Bersihkan Debu Menempel

Hal sepele yang seringkali luput dari perhatian yakni adanya debu dan kotoran yang menempel di port USB. Kotoran yang menumpuk ini juga bisa menjadi penyebab charger tidak berfungsi. Cara memperbaikinya cukup mudah, yakni dengan meniup dengan kencang menggunakan semacam sedotan atau sebagainya.

Apabila cara ini kurang berhasil, pengguna bisa memanfaatkan penggunaan kompresor udara kalengan. Tekanan tiupan yang kencang pasti akan membersihkan semua sumbatan debu dan kotoran, sehingga port USB bersih kembali.

5. Cek Baterai

Cara memperbaiki charger hp yang tidak berfungsi satu ini hanya bisa digunakan pada smartphone yang tidak menggunakan baterai tanam. Jadi bagi pengguna ponsel dengan baterai tanam, skip saja cara ini. Nah, baterai ponsel bukanlah sebuah komponen yang didesain optimal dapat bekerja selamanya. Umumnya, baterai yang digunakan selama 2 tahun akan mulai muncul beberapa kerusakan.

Salah satu indikator baterai rusak yakni bisa dilihat dengan baterai cepat habis, pengisian lambat atau bahkan tidak mengisi sama sekali. Cara tepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencopot baterai dari ponselnya. Perhatikan dengan seksama apakah baterai terlihat menggembung atau terdapat cairan keluar. Ini merupakan tanda bahwa baterai sudah tidak layak pakai dan harus beli baru.

Itulah sekilas mengenai cara memperbaiki charger hp yang tidak mengisi. Tiada salahnya mencoba beberapa cara di atas sebelum memutuskan untuk membeli yang baru. Selain bisa dilakukan di rumah, cara tersebut juga tidak menghabiskan banyak biaya. Ponsel menjadi kebutuhan bahkan bisa menjadi wajib untuk saat ini. Itulah sebabnya kendala semacam ini sangat menyusahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *