Inilah Cara Memindahkan Kontak iPhone Ke Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Inilah Cara Memindahkan Kontak iPhone Ke Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Kala ingin berganti dari ponsel iOS ke perangkat Android seharusnya memikirkan terlebih dahulu beberapa hal, seperti memindah kontak iPhone ke Android. Proses pemindahan ini sebenarnya tidak begitu rumit jika mengetahui caranya. Adapun cara memindahkan kontak iPhone ke Android bisa dilakukan dengan dua cara.

Banyak orang beranggapan proses ini cenderung susah. Hal ini mungkin saja terjadi karena kedua perangkat tersebut memiliki sistem operasi yang berbeda. Jadi proses pemindahan tidak dapat dilakukan dengan instan. Untuk mengetahui lebih jelas simak pembahasan di bawah ini:

Memindah Kontak Melalui iCloud

Untuk melakukan proses ini pengguna perlu mengubah kontak menjadi file .vcf atau disebut juga file vCard. File inilah yang nantinya dapat dipindahkan dari IPhone  ke perangkat Android. Berikut beberapa langkah mudah untuk memindah kontak dari iPhone ke ponsel Android yang bisa dicoba:

  • Petama masuk ke menu “Settings”.
  • Berikutnya pilih opsi Mail, Contacts, serta Calendars.
  • Lanjutkan dengan memilih “Account”.
  • Kemudian masuk dan pilih opsi “iCloud”.
  • Langkah berikutnya gunakan mesin pencarian untuk masuk ke iCloud.com lalu cantumkan juga Apple ID pengguna.
  • Pilih opsi “Contact”, lalu klik juga symbol gear yang ada di sudut kiri bagian bawah tampilan.
  • Setelah itu, pilih opsi “Select All” atau “Pilih Semua”.
  • Lanjutkan dengan klik “Export vCard”.
  • Hal berikutnya yang harus dilakukan yakni dengan mengunjungi Gmail.com di mesin pencarian.
  • Selanjutnya pilih menu yang terdapat di sudut kanan bagian atas. Lalu pilih”Contact” dan pilih “Import”.
  • Pengguna dapat megimpor file tersebut ke kontak Google ataupun langsung menuju ponsel.
  • Memindai file .vcf ke smartphone bisa menggunakan tehnik seperti memindah melalui kartu SD ataupun dengan menghubungkan smartphone langsung ke laptop ataupun PC.
  • Selain itu bisa juga melalui opsi impor ataupun ekspor. Untuk lokasi sendiri tergantung dengan masing-masing perangkat yang digunakan.
Baca Juga  Aplikasi Al Quran 30 Juz yang Paling Sering Diinstal

Memindah Kontak Menggunakan Akun Google

Cara memindahkan kontak iPhone ke Android yang satu ini tentu saja memerlukan akun Google. Jadi pastikan pengguna memiliki akun terlebih dahulu. Bagi yang belum memiliki akun Googe, bisa langsung membuatnya dengan mudah dengan mengetik di mesin pencarian “Google Sign Up”. Untuk memindah kontak, perhatikan tahapan berikut ini:

1. Pergi Ke Menu Setting

Hal pertama tentu menyiapkan perangkat yang ingin digunakan seperti iPhone. Setelah itu pergi ke menu “Settings”. Pada tampilan ini  pilih beberapa opsi yang diperlukan yakni Mail, Contact dan Calendars. Silakan pilih ketiga opsi tersebut.

2. Tambahkan Akun

Tahap berikutnya yakni menambahkan akun pengguna. Caranya yakni dengan memilih Google lalu mulai log in ke akun pengguna. Maka secara otomatis, iPhone akan memunculkan beberapa opsi yang bisa disinkronkan. Penting untuk memastikan sinkronisasi kontak sudah terpilih.

3. Tunggu Proses Sikronisasi Hingga Selesai

Proses ini membutuhkan beberapa saat untuk menyelesaikannya. Tunggu hingga semua proses selesai dengan sempurna. Apabila telah selesai, kini kontak iPhone otomatis akan tersedia pada akun Google. Langkah berikutnya hanya tinggal melakukan setup pada perangkat Android.

Ada banyak alasan mengapa pengguna mengganti ponsel dari satu perangkat ke parangkat lain. Namun dalam kasus ini, cara memindahkan kontak iPhone ke Android memang sedikit membingungkan. Namun begitu, setelah mempelajari cara di atas, diharapkan para pembaca tidak lagi kesulitan. Apabila tahap demi tahap dilakukan dengan benar, kemungkinan besar proses tersebut akan berhasil. Semoga menjadi pengetahuan baru dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.