untung rugi investasi emas

Kenali Untung Rugi Investasi Emas Supaya Tidak Salah Langkah

Rasanya emas masih menjadi salah satu bagian dari investasi yang penggemarnya lumayan banyak. Karena memang banyak yang menganggap kalau investasi ini mampu memberikan keuntungan yang lumayan. Padahal sama halnya dengan investasi lainnya, investasi ini memiliki untung ruginya sendiri. Lalu hal yang menjadi untung rugi investasi emas itu apa saja, berikut pembahasannya.

Benefit Investasi Emas

Pembahasan awal adalh benefit yang ditawarkannya. Sebenarnya bisa dikatakan kalau benefit dari investasi ini sangatlah banyak, dan karena itu sayang untuk dilewatkan. Apalagi untuk mendapatkannya juga mudah dan beberapa bisa langsung dirasakan manfaatnya. Jadi tidak heran jika kemudian banyak yang memilih jenis ini karena benefit yang ditawarkannya itu.

1. Harga Selalu Naik

Keuntungan utama yang tidak bisa dipungkiri adalah harga emas ini selalu naik. Meskipun terkadang ada waktunya harganya turun, tapi tidak terlalu jauh dan sebentar saja, Hanya dalam hitungan bulan saja harganya akan menunjukan peningkatan, dan menjadi stabil kembali jadi pastinya sangat lumayan.

2. Mudah Didapatkan

Ingin mendapatkan emas? Bisa di pasar, mall, atau bahkan pembelian secara online. Hal ini menjadi bukti bahwa untuk mendapatkan barang investasi ini bukanlah perkara yang sukar dilakukan. Hanya saja sekarang ini karena mudah untuk didapatkan harus diperhatikan keasliannya. Sebab bukan tidak mungkin banyak yang menjual emas palsu, dan tentunya itu sangat merugikan.

3. Alat Penyimpan Kekayaan

Seperti yang dikatakan sebelumnya kalau investasi ini memiliki harga yang selalu meningkat. Karena itu apabila menukarkan uang cash dalam bentuk emas, maka kemungkinan untuk mendapat benefit lebih besar. Oleh sebab itu emas sering disebut sebagai alat penyimpan kekayaan, berbeda dengan barang seperti mobil yang harganya relatif turun ketika dijual kembali.

Baca Juga  Ini 6 Penyebab SMS Banking BRI Tidak Masuk ke Nomor Nasabah

4. Mudah untuk Dijual Kembali

Terakhir adalah investasi ini sangat mudah untuk dijual kembali, bahkan melakukan penjualannya ini bisa dimana saja. Namun lebih direkomendasikan ketika melakukannya gunakan tempat yang resmi. Selain itu ketika kegiatan penjualan, keuntungan dan dana dari penjualan bisa langsung dirasakan. Terutama ketika yang dijual bagiannya tidak terlalu besar.

Kerugian yang Mungkin Terjadi

Meskipun menawarkan benefit  sangat lumayan bukan berarti investasi ini tidak memiliki kerugian sama sekali. Karena memang seperti halnya investasi lainnya untung rugi emas pasti ada dan harus siap dihadapi. Sayangnya banyak yang mengabaikan bagian ini dan hanya berpikir tentang keuntungan semata.

1. Kemungkinan Terjadinya Kehilangan Lumayan Besar

Mau apapun bentuk atau wujud emasnya akan sangat mampu menarik perhatian orang lain. Apalagi ini berkaitan dengan keuntungan yang sebelumnya dikatakan barang ini mudah dijual. Jadi banyak tangan-tangan jahat yang pastinya ingin mengambil barang ini. Karena itu kemungkinan barang ini hilang sangat besar, apalagi kalau tidak disimpan dengan baik.

2. Bukan Investasi Jangka Pendek

Kalau ingin melakukan investasi yang langsung terasa manfaatnya, maka ini tidak masuk sebagai pilihan tepat untuk dilakukan. Meskipun bisa dijadikan pilihan namuni ini lebih sesuai untuk jika dilakukan dalam waktu jangka panjang. Apalagi untuk menunggu harganya naik, dan memberikan selisih keuntungan yang lumayan.

3. Harganya Terlalu Dinamis

Harga emas memang selalu naik, tapi seperti yang dikatakan juga sebelumnya kalau ada beberapa waktu harganya ini akan turun. Bisa dikatakan kalau harga bagian ini terlalu dinamis dengan pergerakannya yang lumayan cepat. Jadi kalau tidak terlalu siap, bisa-bisa pusing duluan melihat pergolakan harganya.

Beberapa kali sudah ditekankan kalau emas sama seperti instrument lainnya memiliki untung ruginya sendiri. Karena itu perhatikan untung rugi emas yang tadi sudah dibahas, dengan begitu saat melakukan investasi bisa lebih tenang dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.