Fasilitas Gadai Tabungan Emas

5 Kelebihan yang Bisa Dinikmati dari Fasilitas Gadai Tabungan Emas

Menabung emas saat ini semakin mudah untuk dilakukan. Fasilitas tabungan emas salah satunya disediakan oleh Pegadaian dalam bentuk produk Tabungan Emas. Saat dibutuhkan dana darurat maka bisa diambil pilihan gadai Tabungan Emas. Berikut adalah 5 kelebihan yang dapat dinikmati jika menggadaikan tabungan emas lewat layanan ini:

1. Proses Pengajuan Mudah

Saat membutuhkan dana darurat maka dibutuhkan layanan yang cepat dan akurat. Pegadaian akan memberikan layanan cepat bagi nasabah Tabungan Emas yang akan menggadaikan tabungannya. Proses pengajuan tidak membutuhkan syarat yang rumit dan waktu pencariannya pun tergolong cepat. Hanya dengan memiliki Tabungan Emas, pengguna bisa langsung mengajukan aplikasi gadai.

Registrasi pengajuan gadai emas bisa dilakukan melalui outlet Pegadaian. Nasabah hanya perlu menyerahkan KTP serta buku Tabungan Emas yang dimiliki. Selanjutnya petugas akan meminta nasabah untuk melakukan pengisian formulir. Pengisian data harus dilakukan lengkap sehingga proses pencairan berjalan lancar.

2. Plafon Pinjaman Fleksibel

Salah satu kelebihan dari gadai emas adalah besar plafonnya sangat fleksibel. Jumlah pinjaman yang dapat diajukan akan dipengaruhi oleh besar saldo yang dimiliki. Jika saldonya besar maka akan semakin besar pula jumlah pinjaman yang dapat diambil. Hanya saja nasabah harus memastikan ada sisa saldo di dalam tabungan yaitu emas sebesar 0,1 gram.

3. Pilihan Tenor Bervariasi

Tak hanya plafonnya yang bervariasi namun pilihan tenor juga sangat beragam. Jangka waktu pinjaman untuk gadai Tabungan Emas bisa disesuaikan dengan keinginan. Pilihannya tersedia mulai dari 30, 60, 90, dan 120 hari. Jadi, bisa dilihat dulu bagaimana kemampuan diri sendiri untuk membayar angsuran sehingga gadai tabungan bisa ditebus.

Lalu bagaimana jika pinjaman tidak bisa dilunasi padahal sudah jatuh tempo? Pegadaian memberikan kelonggaran bagi nasabah yang menggadaikan Tabungan Emas. Pinjaman dapat diperpanjang jika memang belum bisa melunasinya. Selain itu nasabah juga bisa melunasi pinjaman sewaktu-waktu kapan saja jika dana sudah tersedia.

Baca Juga  Kelebihan dan Kekurangan Saham Syariah Bagi Investasi

4. Emas Tersimpan Aman

Saat tabungan emas digadaikan untuk memperoleh pinjaman maka emas yang dimiliki akan dijadikan agunan atau jaminan. Nasabah tidak perlu memberikan jaminan berupa emas fisik. Agunan yang diserahkan cukup dalam bentuk saldo tabungan emas. Jaminan ini akan disimpan oleh pihak Pegadaian hingga nanti pinjaman lunas dan bisa ditebus kembali.

Tabungan emas yang dimiliki nasabah akan tersimpan aman di Pegadaian. Langkah ini tentu sangat aman dan menguntungkan karena nasabah tak perlu pusing memikirkan keamanan barang berharganya. Pegadaian akan menjamin tabungan emas tetap aman dan dikembalikan lagi jika pinjaman sudah lunas.

5. Biaya Ringan

Pengajuan pinjaman lewat menggadaikan tabungan emas ini juga menguntungkan karena biaya administrasinya sangat ringan. Seringkali dalam sebuah program pinjaman, biaya administrasi terlalu besar hingga dirasa membebani kreditur. Padahal banyak sekali kreditur yang benar-benar terlilit kondisi finansial sehingga nilai administrasi yang tinggi akan begitu memberatkan.

Pegadaian menawarkan pinjaman yang mudah dijangkau dengan biaya administrasi ringan. Besar biaya administrasi hanya 0,05% dari uang pinjaman. Nilai minimal biaya administrasi adalah Rp2.000,00 dan maksimal hanya Rp25.000,00. Tentu besar biaya ini sangat mudah untuk dijangkau oleh semua nasabah.

Itulah 5 kelebihan yang ditawarkan oleh program gadai Tabungan Emas. Program ini jelas akan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan pinjaman uang. Oleh karena itu coba saja untuk memiliki tabungan emas di Pegadaian sebagai bentuk investasi dan tindakan berjaga-jaga jika suatu saat butuh dana darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *