beli saham diluar jam bursa

Bisakah Beli Saham di Luar Jam Bursa? Temukan Jawabannya di Sini!

Jual beli saham saat ini menjadi salah satu aktivitas yang banyak diminati, khususnya oleh generasi milenial. Investasi saham memang cukup populer akhir-akhir ini. Banyak investor pemula yang kemudian bertanya-tanya, bisakah beli saham di luar jam bursa? Mari temukan penjelasan singkat mengenai waktu jual beli saham yang dapat dipilih oleh para investor.

Aturan Waktu Jual Beli

Di bidang investasi saham, penting sekali untuk mengenal Bursa Efek Indonesia atau BEI. BEI ini merupakan pihak yang akan menentukan waktu perdagangan saham. Aturan waktu dari BEI harus diikuti oleh semua investor maupun perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar secara resmi sebagai anggota dari bursa saham.

Setiap transaksi saham yang berlangsung di bursa hanya dapat disetujui pada waktu yang sudah ditentukan oleh pihak BEI. Apabila transaksi dilakukan di luar jam bursa ketentuan BEI maka bid atau penawaran tidak akan disetujui. Bid atau offer akan langsung ditolak secara otomatis oleh sistem trading yang bekerja. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa tidak bisa dilakukan beli saham di luar jam bursa.

Jadi, sangat penting bagi para investor saham untuk mengetahui waktu perdagangan bursa yang disetujui. Jika memang ingin melakukan jual beli saham maka harus dilakukan sesuai jam yang ditentukan. Penting juga untuk terus mengikuti informasi waktu jual beli saham ini agar tahu jika sewaktu-waktu terjadi. BEI memiliki hak penuh untuk mengubah jadwal jual beli saham sehingga harus dipantau oleh para investor.

Jam Bursa

Lalu kapan saja jual beli saham ini bisa dilakukan? Jadwal bursa di dunia saham akan dibagi ke dalam 3 segmentasi yaitu pasar reguler, tunai, juga negosiasi. Pilih waktu yang tepat sesuai dengan segmen pasar yang dipilih. Pasar tunai diketahui memiliki 1 sesi perdagangan setiap harinya. Kemudian pasar reguler juga negosiasi tercatat memiliki 2 sesi perdagangan.

Baca Juga  Cara Buka Blokir Pin ATM BRI Tanpa Ke Bank Mudah dan Gratis

1. Pasar Saham Reguler

  • Senin hingga Kamis: 09.00 s/d 12.00 serta 13.00 s/d 15.49.59
  • Jumat: 09.00 s/d 11.30 serta 14.00 s/d 15.49.59

2. Pasar Saham Tunai

  • Senin hingga Kamis: 09.00 s/d 12.00 hanya 1 sesi
  • Jumat: 09.00 s/d 11.30 hanya 1 sesi

3. Pasar Saham Negosiasi

  • Senin hingga Kamis: 09.00 s/d 12.00 serta 13.30 s/d 16.15
  • Jumat: 09.00 s/d 11.30 serta 14.00 s/d 16.15

Waktu Pembelian Terbaik

Jadwal ini terus berlaku dan bisa dijadikan acuan. Selain memperhatikan jadwal ini, investor juga perlu membeli saham di waktu-waktu terbaik. Pada dasarnya memang tidak acuan pasti karena nilai saham bisa berubah kapan saja. Namun banyak yang menyarankan untuk melakukan pembelian saham di bulan Mei, Agustus, serta November sampai Februari.

Mengapa disarankan membeli saham pada bulan-bulan tersebut? Pada bulan tersebut biasanya perusahaan telah merilis laporan keuangan. Dengan begitu bisa dilihat bagaimana kondisi perusahaan dan peluang pembelian saham di sana. Akan jauh lebih mudah mengambil keputusan jika ada bahan pertimbangan tersebut.

Banyak juga investor yang menyarankan untuk melakukan pembelian saham pada saat jam bursa baru saja dibuka. Pada saat jam awal buka ini biasanya ada banyak penawaran saham dari diskon kemarin sore. Agar bisa melakukan pembelian saham dengan lancar dan beruntung, cobalah untuk berpikir terlebih dahulu di malam harinya. Dengan begitu, saat pasar atau bursa saham dibuka langsung bisa melakukan pembelian.

Kesimpulannya, beli saham di luar jam bursa tidak bisa dilakukan karena secara otomatis sudah pasti akan ditolak oleh sistem yang bekerja. Pembelian saham harus dilakukan sesuai jam bursa yang sudah ditetapkan. Lakukan pertimbangan yang matang agar saham yang dibeli bisa mendatangkan keuntungan dan risiko minimal.

Baca Juga  Wajib Tahu! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Tabungan BCA Xpresi

Pencarian Popular

Beli saham diluar jam bursa,Membeli saham diluar jam kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *