5 Hal Tentang Puasa Pengasihan Nabi Yusuf Yang Perlu Dipahami

5 Hal Tentang Puasa Pengasihan Nabi Yusuf Yang Perlu Dipahami

Nabi Yusuf adalah salah satu Nabi yang selain menyebarkan agama Islam, dikenal memiliki paras dan sifat yang baik serta menawan. Salah satu yang bisa diterapkan di masa sekarang adalah ilmu pengasihan Nabi Yusuf misalnya berupa amalan dan puasa. Oleh karena itu, berikut ini akan dipaparkan 5 hal terkait tentang puasa pengasihan Nabi Yusuf yang perlu dipahami.

1. Penjelasan Mengenai Puasa Pengasihan Nabi Yusuf

Perlu diketahui sebelumnya bahwa dinamakan pengasihan Nabi Yusuf karena telah dikisahkan di masa itu ketampanan wajah nabi Yusuf bisa membuat daya tarik tersendiri bagi orang lain yang melihatnya. Sehingga dengan hal ini dijadikan sebagai simbol pengasihan terutama bagi laki-laki.

Ada banyak ilmu pengasihan Nabi Yusuf ini selain menerapkan beberapa amalan dan doa. Ada juga puasa pengasihan Nabi Yusuf, dimana salah satu keberkahan yang diharapkan dari puasa ini adalah mendapatkan berkah dan karomah dari Nabi Yusuf.

2. Manfaat Melakukan Puasa Ini

Salah satu yang melatar belakangi orang melakukan puasa pengasihan ini adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri. Dan lebih memiliki daya tarik untuk lebih mudah menarik perhatian orang lain. Bagaimanapun ada beberapa orang yang minder saat hendak berkenalan dengan orang lain termasuk lawan jenis

Hal ini membuat beberapa orang juga menggunakan puasa pengasihan ini sebagai salah satu ikhtiar untuk mendapatkan pujaan hati. Sehingga untuk manfaat lain yang didapatkan dari puasa ini adalah  dipermudahkan dalam urusan jodoh. Puasa ini dijadikan sebagai salah satu bagian dari usaha.

Baca Juga  5 Cara Menghancurkan Jin Kiriman Menurut Islam

3. Waktu Untuk Melaksanakan

Sebenarnya puasa pengasihan ini dibarengi dengan mengamalkan doa-doanya. Seperti halnya puasa sunnah lainnya yang tidak ada waktu khusus, puasa ini juga bisa dilakukan sewaktu-waktu. Namun, yang perlu diingat tidak melakukan puasa di hari-hari yang dilarang oleh agama Islam.

Misalnya puasa saat tanggal 1 Syawal dan sebagainya. Adapun waktu puasa ini bisa dilakukan kapan saja. Untuk aturan puasanya sama dengan aturan puasa pada umumnya, mulai dari hal-hal yang membatalkan puasa hingga waktu untuk berbuka.

4. Niat Puasa dan Waktu Terbaik Untuk Melakukan Puasa

Banyak ilmu-ilmu pengasihan yang dianggap tidak sesuai dengan agama islam. Namun untuk ilmu pengasihan ini adalah dengan menerapkan doa-doa seperti yang dilakukan oleh Nabi Yusuf sehingga tidak ada hal yang menyimpang di dalamnya. Adapun doa pengasihan ini ada pada surat Yusuf ayat 4. Adapun untuk niat puasanya tetap ditujukan kepada Allah SWT.

5. Tata Cara Puasa Pengasihan Ini

Adapun tata cara yang disarankan adalah sebagai berikut. Pertama dengan melakukan puasa sunnah selama 3 hari berturut-turut dengan menata niat  yang benar yaitu pertama niat karena Allah dan untuk hajat yang dikehendaki. Kedua setelah beribadah sholat baik sholat sunnah maupun fardhu hendaknya membaca doa Nabi Yusuf. Doa ini diamalkan setelah melakukan puasa tiga hari berturut-turut.

Selain itu ada saran untuk membaca doanya sebelum tidur dengan menyiapkan air putih dalam sebuah gelas terlebih dahulu. Kemudian selesai membaca doa ditiupkan dalam gelas berisi air tersebut dan pengamal doa ini bisa meminum air yang telah diberikan doa tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan doa tidur. Saat terbangun cara tadi bisa dipraktikkan lagi.

Demikian itu beberapa hal terkait dari puasa pengasihan Nabi yang perlu dipahami. Pahami bahwa puasa pengasihan Nabi Yusuf ini semata-mata diniatkan untuk memperoleh karomah dan berkah dari Nabi. Serta doa-doa yang diamalkan juga berasal dari ayat-ayat suci Al Quran tepatnya pada surat Yusuf.

Baca Juga  Bagaimana Tingkatan Ilmu dan Amalan Jin? Ini Dia 5 Kelasnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *