5 Tata Cara Puasa Mutih 1 Hari Ini Mudah Diterapkan

5 Tata Cara Puasa Mutih 1 Hari Ini Mudah Diterapkan

Sebuah tradisi masyarakat Jawa kuno yang masih begitu banyak dijalankan sampai sekarang ini, ialah puasa mutih. Meskipun tradisi itu tak dikenal di dalam agama Islam, namun puasa mutih ini pun tak dilarang. Beragam tata cara puasa mutih 1 hari dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin melaksanakan puasa mutih tersebut.

Puasa mutih adalah puasa yang melarang orang yang melakukan untuk memakan atau pun meminum makanan apa pun, terkecuali air putih dan juga nasi putih. Seseorang yang melaksanakan puasa memiliki larangan mengonsumsi selain daripada garam, gula, serta jenis bumbu-bumbu berwarna putih lainnya. Adapun tata cara dari puasa mutih yang dilaksanakan sehari penuh, sebagai berikut :

1. Niat Puasa

Hal pertama yang bisa dilakukan oleh seseorang yang hendak melaksanakan puasa mutih, ialah dengan berniat untuk puasa mutih. Adapun niat dari puasa mutih ini, bukan menggunakan bahasa Arab, karena bukan merupakan budaya Islam pada umumnya.

Bagi seseorang yang akan melaksanakan puasa mutih, bisa menggunakan bahasa Jawa atau pun Indonesia. Niat puasa mutih seperti berikut : Niat saya melaksanakan puasa mutih, Illahi ta’ala. Pastikan mengucapkan niat di malam sebelum melakukan puasa mutih, maupun ketika sahur bagi puasa mutih.

2. Menentukan Waktu

Penentuan waktu bagi melaksanakan puasa mutih tersebut pun perlu diperhatikan, sebab itu ialah bagian yang begitu penting. Lamanya waktu untuk melaksanakan puasa mutih itu bukan hanya satu hari satu malam, terdapat pula yang tiga hari tiga malam, sampai empat puluh hari lamanya.

Tinggal menentukan waktu yang sesuai untuk melanjutkan puasa mutih ini. Puasa mutih tersebut pun dilaksanakan dengan waktu satu hari satu malam, yang berarti jika memulai puasa saat pukul 05.00, maka waktu berbuka puasa pun pukul 05.00.

Baca Juga  5 Cara Menghancurkan Jin Kiriman Menurut Islam

3. Puasa Seperti Biasa

Melaksanakan puasa mutih hampir mirip dengan puasa layaknya puasa bulan Ramadan. Bagi sebagian orang yang sedang menjalankan puasa mutih tak diizinkan untuk sahur serta berbuka dengan makanan selain warna putih.

Maka sebab itu, sebagian orang yang menjalankan puasa mutih perlu lebih kuat bagi menahan nafsu makan terhadap hidangan selain air putih, nasi, serta garam beserta bumbu lainnya. Godaan untuk orang yang berpuasa mutih tentu lebih berat, karena tak diperbolehkan memakan sembarang jenis makanan.

4. Berzikir

Hendaknya seseorang selalu berzikir setiap waktu, untuk lebih mengingat Allah SWT. Tak terkecuali bari orang yang menjalankan puasa mutih. Ibadah pun akan terasa lebih lengkap jika selalu diiringi dengan zikir.

Zikir yang dilantunkan mampu beragam, tak harus ada patokan zikir tertentu yang harus dilantunkan. Menjadikan orang-orang yang menjalankan puasa tersebut tak harus khawatir jika tidak hafal beberapa zikir, sebisanya saja.

5. Syukuran

Bagi sebagian orang yang melaksanakan puasa mutih, berikut adalah tata cara puasa mutih 1 hari yang tak boleh terlewatkan. Menjalankan syukuran karena terlaksananya puasa mutih yang telah berhasil dilakukan dengan baik.

Syukuran tersebut bisa dilakukan dengan cara membuat hidangan seperti bubur merah serta bubur putih yang telah diberikan doa. Hidangan tersebut selanjutnya dapat dibagikan untuk keluarga terdekat maupun tetangga di sekitar rumah.

Melaksanakan  tata cara puasa mutih 1 hari yang baik mampu memberikan manfaat bagi seseorang melaksanakannya. Puasa mutih itu pun sifatnya tidak wajib, jadi siapa saja boleh melaksanakan atau tidak, karena hal ini merupakan budaya dari Jawa. Pastikan juga kondisi fisik dalam keadaan sehat ketika akan melaksanakan puasa mutih tersebut.

Baca Juga  5 Cara Menghilangkan Aura Negatif Menurut Islam, Lakukan Hal-Hal Ini !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *