Mengenal IMEI hingga Cara Mengatasi IMEI Tidak Terdaftar yang Wajib Diketahui

Mengenal IMEI hingga Cara Mengatasi IMEI Tidak Terdaftar yang Wajib Diketahui

IMEI adalah sekumpulan nomor-nomor unik yang terdapat di semua jenis ponsel. Dengan adanya IMEI ini, ponsel bisa terhubung ke jaringan dan berfungsi untuk SMS dan telepon. Jika IMEI tidak terdaftar, ponsel akan mengalami kendala tidak bisa terhubung ke internet dan jaringan. Berikut ini adalah pengenalan tentang IMEI, cara mengecek IMEI dan cara mengatasi IMEI tidak terdaftar yang wajib diketahui, yaitu:

Apa Itu IMEI?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Nomor IMEI biasanya terdiri dari 15 digit angka dan ditetapkan ke telepon apa pun yang beroperasi di jaringan GSM (Global System for Mobile Communication). IMEI ini ditetapkan oleh masing-masing produsen ponsel dan berbeda-beda di setiap perangkat.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, IMEI berguna agar ponsel bisa terhubung ke jaringan. Ponsel yang IMEI-nya tidak terdaftar biasanya merupakan ponsel yang diekspor dari black market luar negeri. Hal ini bertujuan untuk mengelabui bea cukai agar tidak dikenakan pajak. Namun, saat ini Kemenperin sudah tegas akan memblokir ponsel yang IMEI-nya tidak terdaftar di database.

Tak hanya ponsel black market, ada juga sejumlah ponsel resmi namun IMEI-nya tidak terdaftar. Hal ini mungkin terjadi karena kesalahan penginputan data sewaktu proses produksi. Meskipun persentase kasusnya kecil, namun ini merupakan masalah yang cukup serius.

Cara Mengecek Apakah IMEI Sudah Terdaftar

Untuk melihat apakah IMEI sudah terdaftar, pengguna bisa langsung mengunjungi tautannya. Awalnya buka situs pengecekan melalui browser dan ketikkan IMEI yang ada pada ponsel. IMEI biasanya bisa ditemukan di bagian belakang kardus ponsel ataupun di pengaturan. Jika sudah diketikkan, klik ikon search di samping kolom dan tunggu beberapa detik. Website akan langsung memberikan informasi IMEI sudah terdaftar atau belum.

Baca Juga  Berikut 5 Cara Memperbaiki HP Lemot Agar Performa HP Kembali Kencang

Mengatasi IMEI Tidak Terdaftar

Jika sudah dicek namun IMEI tidak terdaftar di database, maka ponsel memiliki potensi untuk diblokir dari jaringan. Tak usah sedih, dibawah ini adalah cara mengatasi IMEI tidak terdaftar yang bisa diikuti, yaitu:

1. Gunakan Kartu SIM Lain

Salah satu ciri-ciri ponsel dengan IMEI tidak terdaftar adalah tidak bisa digunakan untuk mengakses jaringan. Ketika dipasangkan kartu SIM, bar sinyal akan menjadi kosong dan ada tanda silang diatasnya. Satu-satunya opsi agar pengguna bisa menggunakan internet adalah dengan menggunakan jaringan WiFi. Hal ini mungkin menjadi masalah bagi pengguna yang tidak memiliki akses WiFi.

Namun, dalam beberapa kasus ini hanya terjadi pada kartu SIM provider tertentu. Salah satu provider yang sering diblokir adalah Telkomsel. Jika ini terjadi, pengguna bisa mencoba kartu SIM dari provider lain untuk melihat apakah ponsel bisa terkoneksi ke internet. Provider yang banyak penggunanya dan dapat menghindari pemblokiran IMEI, seperti XL dan Tri.

2. Lakukan Pendaftaran IMEI di Kemenperin

Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan mendaftar IMEI ke database Kemenperin. Pertama-tama, pengguna perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi Bea Cukai Mobile melalui Google Play Store ataupun App Store. Setelah terunduh, buka aplikasinya dan pilih menu daftar IMEI. Masukkan IMEI dari ponsel yang terblokir tadi.

Selanjutnya, pengguna diharuskan mengisi sejumlah data diri dan informasi penerbangan. Setelah itu, masukkan detail spesifikasi dari ponsel yang IMEI-nya diblokir termasuk warna, kapasitas penyimpanan, merek, dan lainnya. Setelah itu, pengguna bisa langsung menyimpan formulir yang telah dibuat tadi. Pengguna juga akan diberikan Barcode dan ID pendaftaran. Kunjungi kantor Bea Cukai terdekat tunjukkan barcode kepada petugas.

Baca Juga  5 Aplikasi Edit Feed IG Untuk Tampilan yang Lebih Menarik

Demikian tadi cara mengatasi IMEI tidak terdaftar yang wajib diketahui. Dengan adanya penjelasan diatas, pengguna kini tidak perlu bingung lagi apabila IMEI ponsel tiba-tiba diblokir dan tidak bisa digunakan.

Pencarian Popular

cara mengatasi imei tidak terdaftar,cara mengatasi imei yang tidak terdaftar,SOLUSI IMEI tidak terdaftar

Leave a Reply

Your email address will not be published.