Cara Memperbaiki Foto Yang Rusak Di Memory Card

Cara Memperbaiki Foto Yang Rusak Di Memory Card Menggunakan PC

Seringkali pengguna yang memiliki kamera ataupun smartphone akan menambahkan memori card sebagai penampung foto dan dokumen lainnya. Ketika ingin memindahkan memori card tersebut ke perangkat lain namun foto yang ada mengalami kerusakan. Jangan khawatir karena ada cara memperbaiki foto yang rusak di memory card menggunakan PC agar dapat dilihat lagi.

Kerusakan yang terjadi memiliki faktor yang jarang diketahui oleh pengguna memory card itu sendiri. Memory card dapat membuat foto dan dokumen lainnya rusak karena kesalahan pengguna ketika menggunakannya. Seperti sedang menyalakan perangkat namun melepaskan kartu memori secara langsung. Langsung saja cek cara memperbaiki foto yang rusak di memory card melalui PC, berikut ini:

1. Download Stellar Phoenix Photo Recovery

Pertama-tama pengguna dapat mendownload Stellar Phoenix photo recovery sebagai wadah yang akan memperbaiki foto rusak pada memory card. Pastikan koneksi internet berjalan lancar agar pendownloadan dilakukan secara cepat melalui PC yang dimiliki. Download aplikasi tersebut sesuai dengan versi terbarunya agar dapat dijalankan dengan mudah.

Melalui aplikasi ini foto dan dokumen yang ingin diselamatkan pada memory card suatu perangkat dapat dimiliki lagi. Aplikasi ini juga sangat terpercaya dan mudah digunakan bagi pemula yang belum pernah mencoba memperbaiki foto yang rusak sendiri.

2. Install Aplikasi

Setelah aplikasi tersebut di download Maka selanjutnya pengguna dapat menginstal pada PC agar dapat digunakan segera. Untuk melakukan penginstalan Ini kemungkinan menggunakan menunggu beberapa saat sehingga aplikasi tersebut dapat digunakan. Setelah aplikasi tersebut diinstal maka dapat dijalankan hingga menuju pada tampilan awalnya.

Baca Juga  5 Alasan Kenapa Flashdisk Tidak Terbaca dan Cara Mengatasinya

Masukkan juga kartu memori yang membuat foto dan dokumen lainnya rusak kemudian pengguna dapat memilih opsi antarmuka utama. Pada opsi ini maka semua foto dan data yang ingin dipulihkan dapat segera dimulai agar bisa dibaca kembali oleh perangkat.

3. Pilih Drive Yang Ingin Di Scan

Selanjutnya ada cara memperbaiki foto yang rusak di memory card melalui PC yaitu dengan memilih drive yang ingin di scan sebagai bentuk pemulihan. Ketika drive tersebut telah dipilih maka pengguna dapat melanjutkannya dengan mengklik opsi Start now. Pengguna dapat memilih opsi Advanced scan sebagai pemulihan foto tertentu saja.

Pada opsi Advance pengguna dapat menghemat waktu ketika pemindaian karena hanya beberapa file saja. Berbeda dengan memilih opsi Start now yang dapat memindai seluruh file yang ada pada memory card agar terpulihkan.

4. Tunggu Hingga Proses Selesai

Setelah memilih dari kedua opsi tersebut maka pengguna dapat menunggu hingga proses pemulihan data selesai. Akan muncul bar Processing pada PC untuk menandakan waktu yang akan dimakan ketika pemulihan tersebut terjadi. Pengguna juga dapat melihat daftar foto yang akan dipulihkan ketika proses pemulihan sedang berlangsung.

Ketika proses ini telah selesai maka foto yang rusak dapat dilihat kembali sesuai dengan file aslinya. Semua foto dan dokumen dapat kembali terlihat dan bisa langsung ditinjau untuk memastikan pemulihan tersebut berhasil.

5. Pilih Lokasi Sebagai Tempat Pemulihan Foto

Pemulihan yang telah dilakukan hanya dapat ditinjau sehingga pengguna harus memilih tempat untuk menyimpan file tersebut. Semua foto atau beberapa saja yang ingin disimpan dapat dilakukan dan harus disimpan melalui tempat yang diinginkan.

Itulah cara memperbaiki foto yang rusak di memory card menggunakan PC agar kembali terlihat dengan baik. Foto yang rusak pada memory card dapat dipulihkan sehingga pengguna tidak perlu untuk memformat memory card tersebut. Kehilangan foto yang penting termasuk dokumen lainnya membuat pengguna merasa kesal dan juga resah sehingga dapat mengikuti cara di atas sebagai solusi.

Baca Juga  Cara Mengatasi Lupa Sandi Akun MI dengan HP dan Laptop_PC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *