cara memperbaiki file excel yang corrupt secara online

Cara Memperbaiki File Excel yang Corrupt Secara Online dan Offline

File Excel terkadang rusak atau corrupt karena berbagai hal. Ada yang tidak muncul saat dibuka, ada pula yang setelah dibuka hanya muncul simbol yang tidak dimengerti. Cara memperbaiki file Excel yang corrupt secara online dapat dilakukan dengan cara berbayar atau tidak. Pengguna bisa memilih perbaikan mana yang bisa ditempuh dan tidak memberatkan.

Memperbaiki dengan Membayar di Situs Perbaikan Excel

Pada cara memperbaiki file Excel yang corrupt secara online bisa langsung di situs www.excel.repair. Pada situs tersebut disediakan juga aplikasi untuk memperbaiki file secara offline. Pengguna cukup melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Mengunggah File Excel yang Corrupt

Di halaman awal akan ditemukan kolom Online Repair. Pada tombol “Select File”, pengguna bisa memilihnya. Setelah dipilih, unggah file Excel yang akan diperbaiki. Kemudian, tanda centang akan muncul setelah pengguna mengunggah file ke situs tersebut. Selanjutnya, pengguna menulis alamat email dan memasukkan kode captcha di kolom ”image”.

2. Menunggu Proses Perbaikan dan Mengunduh Pratinjau

Setelah itu menekan “Next Step”, proses selanjutnya adalah situs akan mengunggah dan memperbaiki file Excel tadi. Setelah beberapa lama, pengguna akan menerima file contoh yang dinamakan “Demo.xls”. Pengguna bisa mengunduh file ini untuk mengecek apa saja yang diperbaiki.

Ketika dibuka, file akan banyak tertulis kata “Demo” sebagai tanda bahwa file tersebut diperbaiki. Namun karena file masih pratinjau, maka tidak ditampilkan perbaikan yang dilakukan. Di bawah tombol unduhan file ini, ada catatan dalam bahasa Inggris yang mengatakan apabila perbaikan tidak terjadi di dalam file yang diunggah, maka memperbaikinya sudah mustahil.

3. Membayar dengan Paypro Global

Langkah selanjutnya, jika pengguna ingin memiliki file yang sudah diperbaiki, pengguna perlu melakukan pembayaran. Ketika menekan metode pembayaran, pengguna akan dialihkan ke situs Paypro Global. Pembayaran yang menggunakan kartu kredit dilakukan dengan memasukkan identitas kartu kredit dan menekan “Submit Order”. Pengguna harus membayar sebanyak 10 dolar atau setara dengan Rp151.796,00.

Baca Juga  Bingung Cari Pinjaman Modal? Ini 5 Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Memperbaiki File Excel dengan Drive

Google memiliki viewer file Excel online yang disebut Spreadsheet. Maka, selain memperbaiki online melalui situs, pengguna juga bisa menggunakan Drive Google. Nantinya, file akan dibuka secara online.

Langkah pertama yaitu pengguna mengunggah file ke Drive. Setelah file tersimpan secara online, pengguna bisa membuka file dengan Spreadsheet. Melalui cara ini pengguna tak perlu membayar seperti di situs resmi.

Membuka dengan Aplikasi Lain

Cara ini bisa digunakan ketika tidak bisa dilakukan dengan online. Pengguna bisa mengubah ekstensi file dengan aplikasi apa yang ingin dibuka. Salah satunya, pengguna bisa membuka dengan Microsoft Word.

Ada dua cara untuk membuka file. Pertama, mengubah ekstensi .xls menjadi .docs. Kedua, pengguna bisa melakukan klik kanan, lalu memilih “Open with…”, Setelah itu, muncul banyak aplikasi, salah satunya adalah Microsoft Word.

Pada dasarnya, Microsoft Excel adalah sebuah komputer yang berada di dalam perangkat. Apabila terjadi kegagalan pada aplikasi, terjadi gangguan ketika proses menyimpan, atau kerusakan internal, maka hal itulah yang menyebabkan file menjadi rusak. Jadi ketika terjadi kerusakan, Microsoft Excel akan mempelajari penyebabnya, kemudian memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Demikian beberapa cara memperbaiki file excel yang corrupt secara online. Melalui cara online di atas, pengguna bisa memilih cara yang berbayar bila mampu. Pengguna juga bisa mengunduh aplikasi khusus yang disediakan juga, tentunya dengan bayaran yang ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *