wifi silang merah

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi WiFi Silang Merah pada PC

Berselancar internet bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya menggunakan jaringan WiFi. Cara ini menjadi salah satu cara yang paling banyak diminati. Namun, ada kalanya jaringan WiFi menjadi lambat. Selain itu, banyak juga yang menemukan WiFi silang merah. Salah satu logo yang menunjukkan koneksi internet tidak terhubung dengan baik.

Jika kasus demikian terjadi, tentunya dibutuhkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Adakah cara yang tepat untuk mengatasi WiFi  yang silang merah? Tentu saja ada, berikut ini dijelaskan penyebab serta beberapa cara yang bisa dicoba. Mari simak ulasan berikut ini:

Penyebab WiFi yang Silang Merah

Untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi WiFi silang merah, harus diketahui terlebih dahulu penyebab hal itu terjadi. Munculnya tanda silang merah pada WiFi bisa disebabkan beberapa hal. Umumnya bisa dikarenakan driver yang belum terinstal secara lengkap. Hal ini bisa diketahui dengan melakukan pengecekan pada menu Device Manager.

Selain itu, WiFi yang silang merah juga bisa disebabkan fungsi driver WiFi dalam keadaan non-aktif. Hal ini bisa terjadi dikarenakan menekan kombinasi tombol.Keberadaan kasus yang demikian juga bisa dicek di Device Manager. Temukan penyebabnya dengan pasti, sehingga bisa diatasi dengan solusi yang tepat.

Cara Mengatasi WiFi yang Silang Merah

Setelah mengetahui penyebab WiFi yang silang merah, maka selanjutnya cari cara yang tepat untuk mengatasinya. Setiap cara bisa dilakukan dengan menyesuaikan dengan penyebab yang berkaitan. Adapun cara yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut:

Baca Juga  Aplikasi Penghasil Pulsa Tercepat yang Membayar

1. Periksa Jaringan WiFi

Melakukan pemeriksaan pada jaringan WiFi yang digunakan. Pastikan jaringan dari WiFi yang digunakan dalam kondisi yang stabil. Jika sambungan internetnya ditemukan dalam keadaan off, maka kemungkinan ada gangguan pada provider WiFi. Selain itu, perhatikan pula letak router yang digunakan. Pastikan dalam posisi yang strategis dan mudah dijangkau.

2. Restart WiFi dan PC

Cara lainnya untuk mengatasi WiFi silang merah yaitu dengan restart WiFi dan PC yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengatasi PC yang gagal dalam penerimaan koneksi internet. Cara ini bisa dilakukan pada WiFi yang digunakan, agar dapat kembali menjelajah internet secara lancar.

 3. Melakukan Update Driver Terbaru 

Jangan lupa, lakukan update driver terbaru. Ada kalanya, driver yang sudah lama dan kadaluarsa akan menghambat proses penyambungan suatu WiFi. Oleh karena itu, penting untuk melakukan update driver terbaru, sehingga jaringan WiFi pun bisa terkoneksi sebagaimana mestinya.

4. Gunakan PC Lain

Jika setelah pemeriksaan jaringan WiFi dalam kondisi stabil, maka cara lain yang bisa dicoba yaitu dengan menggunakan perangkat lain. Adakalanya masalahnya ada pada PC yang digunakan. Jika hal ini terjadi, maka cobalah untuk menggunakan PC lain. Cara ini dilakukan sebagai langkah untuk mengetahui titik kerusakan, apakah ada pada WiFi atau perangkat PC.

5. Memakai Receiver WiFi yang Berbeda

Alternatif lainnya bisa dengan menggunakan receiver WiFi yang berbeda. Hal ini termasuk ke dalam bentuk komponen tambahan. Cara ini dilakukan sebagai langkah untuk mengatasi komponen receiver yang rusak. Selain itu, untuk mengatasi masalah yang terjadi pada bagian driver.

Itulah penyebab serta beberapa cara mengatasi WiFi silang merah yang bisa dicoba. Setiap cara bisa dilakukan dengan menyesuaikan penyebab yang ditemukan. Jika memang menemukan masalah yang serius, ada baiknya untuk meminta bantuan pada ahli yang lebih professional.

Baca Juga  Apakah Ada Aplikasi Penjawab Soal Fisika dengan Kamera Android Ini Penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *