Cara Mengatasi Kartu SD Yang Tidak Terbaca

Mudah! Ini 5 Cara Mengatasi Kartu SD Yang Tidak Terbaca

Topik tentang cara mengatasi kartu sd yang tidak terbaca rupanya masih banyak dicari. Sepertinya kartu ini masih banyak digunakan, meskipun sudah tidak sepopuler dahulu. Kartu ini masih digunakan karena beberapa manfaat, diantaranya sebagai penyimpanan sementara. Penyimpanan seperti ini masih dianggap penting dalam dunia bisnis.

Dalam era digital seperti sekarang, kartu SD masih terasa penting. Beberapa industri masih menggunakannya karena masih terasa efektif dan efisien. Maka dari itu, adanya kerusakan pada kartu SD pasti sangat menyusahkan. Berikut adalah beberapa solusi mengatasi kartu SD yang tidak terbaca:

1. Cobalah di Perangkat Lain

Jangan sekali-kali memformat kartu SD hanya karena tidak terbaca. Sebaiknya cobalah dahulu kartu SD di perangkat lain. Hal ini untuk memastikan, jikalau kartu SD benar-benar rusak. Kartu SD yang tidak terbaca bisa jadi karena adanya kerusakan pada perangkat.

Jika kartu SD benar-benar rusak maka pembaca dapat beralih ke solusi yang kedua. Tetapi jika tidak, bawalah perangkat ke service center atau orang profesional yang dapat memperbaikinya. Jangan sekali-kali untuk memperbaikinya sendiri. Hal ini demi meminimalisir kerusakan lebih lanjut.

2. Bersihkan kartu

Di urutan kedua cara mengatasi kartu sd yang tidak terbaca berikutnya adalah dengan membersihkannya. Tidak terbacanya kartu SD mungkin disebabkan oleh adanya kotoran pada elemen tembaga pada kartu. Elemen ini sangat penting untuk proses pembacaan kartu.

Untuk membersihkan kartu SD pun tidak begitu sulit. Pembaca hanya perlu menyediakan cotton bud atau pembersih telinga. Caranya adalah dengan mengusap cotton bud secara perlahan dan halus pada lempengan tembaga. Lakukan hal ini berulang kali hingga lempengan terasa bersih dari segala kotoran.

Baca Juga  Aрlіkаѕі Kаmеrа Android Tеrbаru Buat Kаmu Buruan Unduh sebelum Terhapus

3. Restart Handphone

Kartu SD yang tidak terbaca mungkin terjadi karena kerja sistem yang sedang berantakan. Disadari atau tidak, sering merestart handphone dapat memberikan dampak baik bagi perangkat handphone. Dengan merestart handphone, sistem dalam handphone akan ter-refresh kembali sehingga sistem akan bekerja dengan baik.

Selain memperbaiki permasalahan kartu memori, merestart handphone dapat memperpanjang umur handphone. Merestart handphone dapat memberikan penyegaran untuk menjaga performa dari setiap komponen yang ada.

4. Disable Kartu SD

Permasalahan tidak terbacanya Kartu SD bisa juga disebabkan karena proses pembacaan kartu SD oleh perangkat yang tidak sempurna. Hal ini menyebabkan perangkat tidak mampu mengidentifikasi adanya kartu SD. Untuk itu alangkah baiknya lakukan untuk melakukan penonaktifan kartu SD dan diaktifkan kembali.

Caranya mudah, pembaca hanya perlu masuk ke menu setting, kemudian pilih opsi penyimpanan. Disitu akan terdapat opsi lepaskan kartu SD. Tekan lepaskan kartu SD untuk menonaktifkan kartu. Tunggu beberapa saat, kemudian aktifkan kembali kartu dengan menekan opsi pasang kartu SD.

5. Format Kartu SD

Cara mengatasi kartu sd yang tidak terbaca ini bisa dijadikan sebagai opsi terakhir. Ketika memformat kartu SD, maka semua data akan dipastikan terhapus. Tetapi setidaknya dapat menyelamatkan kartu SD itu sendiri. Kartu SD tidak terbaca mungkin disebabkan karena file registry yang terlalu rusak, sehingga mengharuskan kartu dikembalikan ke kondisi awal.

Cara memformatnya yaitu dengan masuk ke menu Setting. Cari dan pilihlah opsi Storage. Kemudian pilihlah opsi SD Card. Masuklah ke menu Setting Storage. Tekanlah pilihan Format dan pilih Erase & Format. Tunggu hingga proses formating selesai. Biasanya setelah ini kartu SD dapat digunakan seperti baru lagi.

Baca Juga  Aplikasi Al Quran 30 Juz yang Paling Sering Diinstal

Demikianlah beberapa cara mengatasi kartu SD yang tidak terbaca. Memang menjengkelkan jika menghadapi permasalahan tersebut. Tetapi setidaknya solusi diatas dapat membantu pengguna Gadget untuk mengatasi hal tersebut. Ada banyak solusi dari setiap permasalahan. Jangan menyerah dan cobalah setiap kemungkinan yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *