cara mengatasi batre hp boros

Cara Mengatasi Batre HP Boros yang Efektif

Nyawa dari smartphone atau android adalah baterai. Jika batre habis, aktivitas yang dilakukan dari hp akan terhenti. Namun, pernahkah mengalami batre cepat habis padahal belum dipakai dalam waktu yang lama? Bagaimana untuk mengatasi hal tersebut? Adapun hal yang akan dijelaskan disini adalah cara mengatasi batre hp boros yang harus dicoba oleh pengguna android.

Banyak sekali faktor yang menyebabkan batre cepat boros. Penggunaan aplikasi yang berat, misalnya Instagram, Telegram, Youtube, dan lainnya. Apalagi aplikasi di setting berjalan dilatar belakang seperti Shareit dll. Aplikasi tersebutlah yang memicu borosnya batre hp. Tapi hal ini  juga dipengaruhi oleh umur batre yang sudah tua. Berikut cara untuk mengatasi batre hp boros, antara lain:

1. Melepas Aplikasi yang Kurang Penting

Cara pertama untuk mengatasi masalah ini yaitu melakukan uninstall aplikasi yang dirasa kurang penting, bahkan yang jarang digunakan. Misalnya saja Instagram, karena selain menguras kuota, aplikasi ini juga menguras daya batre. Adapun caranya agar tau bahwa suatu aplikasi bisa menyedot batre banyak yang bisa dicoba.

Pertama, buka pengaturan lalu scroll bawah dan klik “baterai”. Pilihlah tulisan “penggunaan daya”. Pada menu itu akan ditampilkan aplikasi apa saja yang paling banyak menyedot baterai. Akan ditampilkan juga penggunaan daya hari ini, kemarin, dan kemarinnya lagi. Sehingga bisa diambil rata-rata aplikasi yang banyak menyedot baterai dan bisa untuk di uninstall.

2. Mengatur Kecerahan

Pada cara mengatasi batre hp boros kedua adalah mengatur kecerahan layar hp. Semakin cerah layar handphone, semakin boros batre yang dikeluarkan. Begitu juga sebaliknya, semakin redup kecerahan layar semakin hemat pula penggunaan baterai. Selain boros batre, jika kecerahan layar terlalu tinggi bisa menyebabkan suhu Hp naik dan system akan semakin lemot.

Baca Juga  Inilah 7 Cara Membuat Baterai Samsung Awet yang Harus Pengguna Lakukan

3. Melakukan Perawatan Batre

Step ketiga berikut ini sangat penting dilakukan, karena dengan melakukan perawatan, batre akan awet. Sebisa mungkin jangan menggunakan Hp di bawah terik matahari, karena suhu akan meningkat. Jangan membiarkan batre Hp habis baru di charge, dan jangan sampai kelamaan dalam mencharger. Selain itu, jangan sering menggunakan handphone jika dirasa kurang penting.

4. Menghapus Cache pada Aplikasi

Ternyata cache dapat menyebabkan batre Hp boros. Kok bisa? Cache atau sampah yang menumpuk dan tidak segera dibersihkan akan membuat ponsel menjadi lambat. Dengan melambatnya ponsel, sistem akan bekerja keras dan menyebabkan batre boros. Untuk itu segera lakukan pengecekan cache dan menghapusnya.

Langkah pertama untuk menghapus cache adalah masuk pada pengaturan, kemudian scroll dan pilih “manajemen aplikasi”. Selanjutnya pilih aplikasi yang akan dihapus cachenya, misalnya adalah Instagram. Klik pada “Instagram” pilihlah “penggunaan memori”. Dari situ akan ada ukuran cache dan data-data Instagram. Selanjutnya pilihlah “hapus cache”. Jika ingin menghapus data Instagram, maka pilih “hapus data”.

5. Mengaktifkan Mode Pesawat

Step terakhir dalam menghemat batre pada smartphone adalah menggunakan mode pesawat. Saat mode pesawat diaktifkan, semua aktifitas pada perangkat akan berhenti. Aplikasi yang diam-diam berjalan saat terhubung internet juga akan berhenti. Dengan berhentinya aktivitas Hp, penggunaan baterai akan semakin hemat. Mengaktifkan mode pesawat juga efektif dilakukan saat jaringan tidak ada.

Demikian lima ulasan tentang cara mengatasi batre hp boros yang sangat direkomendasikan. Dengan mencoba lima langkah diatas, dijamin batre akan tetap hemat. Namun, jika sudah melakukan cara-cara di atas tetapi tidak ada hasilnya, sebaiknya mendatangi pihak yang lebih profesional untuk membenahinya.

Baca Juga  Apakah Ada Aplikasi Penjawab Soal Fisika dengan Kamera Android Ini Penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *