Cara Memperbaiki Jaringan Smartfren

5+ Cara Memperbaiki Jaringan Smartfren dengan Mudah

Sejak menawarkan paket internet dengan harga murah, Smartfren jadi provider yang banyak peminatnya. Sayangnya, masih ada keluhan tidak stabilnya jaringan ini. Pengguna Smartfren perlu tahu poin berikut ini. Terdapat 7 cara memperbaiki jaringan Smartfren. Silakan coba cara-cara di bawah ini:

1. Beralih Jaringan 4G Only

Opsi ini terletak pada menu pengaturan dan jaringan seluler. Pilih 4G, agar provider menangkap jaringan internet optimal. Beralih ke 4G membantu pengguna untuk menstabilkan jaringan Smartfren miliknya. Ponsel dan lokasi yang tak mendukung 4G akan otomatis beralih ke Smartfren 3G. Opsi ini lebih banyak keunggulannya daripada kelemahannya. Kekurangannya ialah membuat baterai ponsel jadi boros.

2. Atur APN Smartfren

APN merupakan titik akses jaringan (Access Point Network). Terdapat pada menu pengaturan. Sesuaikan APN dengan paket Smartfren internetan yang dipilih. Contohnya ialah isi dengan “unlimited”, jika pengguna memilih paket internet unlimited.

APN bawaan operator umumnya terisi dengan kata “smartfren”. Tersedia pula deret pilihan APN di internet yang dapat diambil. APN membuat ponsel dan provider tersinkron dengan baik, sehingga akses internet pun didapatkan.

3. Pengaturan DNS

DNS merupakan alamat IP yang dapat diubah ke alamat IP yang lebih cepat. Kepanjangan DNS ialah Domain Name System. Daftar rekomendasi DNS banyak terdapat di internet. Pengguna tinggal memilih salah satu dan mencobanya. Berbeda DNS akan berbeda pula kecepatan internetnya. Kolom pengaturan DNS diisi dengan angka sesuai merk DNSnya, seperti Cloudflare, Google, atau Open DNS.

4. Periksa FUP

Pengaturan APN dan DNS sudah benar, paket yang dipilih pun unlimited. Lalu, mengapa akses internet masih bermasalah? Cara memperbaiki jaringan Smartfren yang satu ini perlu diperhatikan, yakni periksa lagi FUP. FUP ialah batas pemakaian internet atau dikenal sebagai Fair Use Policy.

Baca Juga  Manfaatkan 5 Aplikasi Cek Suhu Badan di Smartphone

FUP mengatur kecepatan dan kapasitas akses internet dalam sehari. Memang paket yang diambil unlimited, namun tak berarti pengguna mengakses berlebihan. Akses yang melewati batas FUP akan berpengaruh pada kecepatan jaringan. Jaringan Smartfren akan otomatis melambat. Maka dari itu, seimbangkan FUP paket yang dipilih dan penggunaannya.

5. Aktifkan Mode Pesawat

Mode pesawat itu sendiri memblok akses komunikasi pada ponsel. Salah satu akses komunikasi tersebut adalah akses internet. Namun, mengapa perlu mengaktifkannya? Aktifkan mode ini untuk beberapa saat saja. Gunanya ialah untuk memulihkan gangguan pada jaringan Smartfren pengguna.

Cara yang satu ini sangat sederhana. Belum banyak pengguna yang mengetahui cara ini ternyata berpengaruh pada jaringan Smartfrennya. Non-aktifkan lagi mode pesawat, kemudian coba lagi gunakan internet pengguna.

6. Pindah Lokasi

Bukan cara terbaik untuk memperbaiki jaringan Smartfren, namun cukup ampuh. Bukan juga cara pertama yang pengguna perlu coba. Banyak diketahui bahwa stabilitas jaringan Smartfren belum meluas. Itulah sebabnya, pengguna bisa coba berpindah lokasi. Pindah ke tempat yang jaringan Smartfrennya lebih baik.

7. Restart Ponsel

Fungsi dari cara ini ialah mirip seperti mengaktifkan mode pesawat. Restart atau memulai ulang ponsel dapat memulihkan gangguan di pemakaian sebelumnya. Fungsi lainnya ialah sistem ponsel setelah restart menjadi lebih ringan. Melalui cara ini juga ponsel siap dioperasikan dengan pengaturan atau instruksi terbaru. Coba lagi untuk berselancar menggunakan internet dari layanan Smartfren.

Pastikan untuk mencoba rekomendasi cara memperbaiki jaringan Smartfren dimulai dengan poin pertama. Dikarenakan tak stabilnya akses internet Smartfren dipengaruhi oleh beberapa hal. Tak hanya jaringan yang tidak memadai, tapi juga kesalahan pada pengaturan atau ponsel itu sendiri. Selamat mencoba dan menikmati internet Smartfren lagi.

Baca Juga  Aplikasi Pemutar Musik Terbaik dengan Lagu dari Berbagai Genre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *