Mengenal Suspend Saham, Gejala dan Penyebabnya (bareksa.com)
Mengenal Suspend Saham, Gejala dan Penyebabnya (bareksa.com)

Mengenal Suspend Saham, Gejala dan Penyebabnya

Sebagai seorang awam atau pemain saham pemula, Anda mungkin pernah mendengar istilah suspend saham oleh lembaga tertentu. Untuk mengetahui makanannya, mungkin Anda perlu membuka kamus atau pun menanyakan kepada kolega. Hal ini terjadi apabila Anda kurang memahami persoalan saham dan sekitarnya.

Namun jangan berlarut khawatir dan bersedih, tidak ada kata terlambat untuk belajar untuk memahami persoalan saham. Anda bisa memulainya saat ini juga dengan berbagai macam cara, mulai dari yang sederhana hingga menggunakan jasa mentor.

Pengertian Suspend Saham, Gejala dan Berbagai Faktor Penyebabnya

Saham adalah salah satu alat ataupun instrumen investasi yang paling populer dan aman. Bentuk saham adalah surat sebagai tanda bukti kepemilikan modal seseorang dalam sebuah perusahaan terbuka dengan nilai tertentu. Surat itulah yang bisa memberikan keuntungan, meskipun tidak Anda apa-apakan.

Selain keuntungan, Anda juga bisa memperjualbelikan surat tersebut kepada investor atau trader yang lainnya. Dengan harga pasar modal yang menjadi patokan, jual beli maupun besaran nilai saham bertujuan untuk meraup keuntungan yang sebesarnya.

Salah satu istilah dalam saham yang penting untuk dipahami adalah suspend saham. Secara umum istilah ini dapat diartikan bahwa sebuah hal yang tidak diinginkan oleh setiap pemiliknya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda pahami seputar saham

Pengertian Suspend Saham

Secara bahasa, suspend adalah diberhentikan. Kemudian dalam dunia saham suspend adalah pemberhentian secara sementara kegiatan perdagangan saham. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal yang bertentangan dengan peraturan perundangan.

Lembaga atau instansi yang berhak memberhentikan kegiatan perdagangan tersebut adalah BEI (Bursa Efek Indonesia). Kemudian Anda bisa melanjutkan perdagangan saham hingga lembaga BEI mengakhiri status suspend pada saham Anda.

Baca Juga  Keuntungan Saham Syariah yang Beragam Perlu Anda Ketahui

Hal yang semacam ini perlu Anda cegah dengan berbagai cara yang bisa Anda lakukan. Mulai dari mengenali sistem secara menyeluruh, gejala terjadinya suspend, hingga mengetahui berbagai penyebabnya. Hal ini penting untuk Anda pelajari untuk mencegah pemberhentian aktivitas perdagangan saham Anda.

Gejala 

Berikut adalah beberapa gejala dan ciri-ciri sebuah saham akan terkena suspensi.

  • Harga saham sangat murah dan tidak masuk akal
  • Saham tidak berkembang sedikitpun, bahkan terkesan tidak pernah terjadi transaksi
  • Keadaan perusahaan sedang memburuk. Mulai dari perkembangan kinerjanya, hingga hutang yang terus menumpuk.
  • Kemudian yang terakhir adalah, jumlah aset perusahaan yang sangat sedikit, Sehingga memberikan kesempatan para oknum untuk merekayasa harga saham, hingga menjadi saham gorengan

Faktor Penyebab Suspend Saham

Kemudian selanjutnya ada beberapa faktor yang menjadikan saham  diberhentikan oleh BEI, perhatikan dengan baik. Hal ini agar saham Anda tidak terkena hal yang semacam ini.

  • Harga saham pada sebuah perusahaan akan mengalami penurunan yang tidak wajar. Saham ini biasanya terdaftar dalam UMA (Unusual Market Activity). Karena sebelum secara resmi diberhentikan oleh BEI
  • Saham gorengan bisa menjadi penyebab yang selanjutnya, yaitu sebuah harga saham yang tidak sesuai dengan keadaan pada perusahaan. Sehingga ketika Anda khilaf dan membeli saham gorengan, maka itu akan berisiko terkena suspend
  • Permasalahan internal pada perusahaan menjadi daftar penyumbang terbanyak dari beberapa faktor yang lain.  Seperti halnya dalam pembayaran dividen, kebijakan yang tidak terungkap ke publik dan lain lain.

Setelah memahami sedikit mengenai gejala dan faktor penyebab terjadinya saham, selanjutnya Anda bisa menghindari kejadian hal itu. Salah satu cara yang inti adalah dengan berhati-hati ketika  ingin membeli saham. Pastikan saham Anda dalam keadaan yang baik dan stabil

Baca Juga  Bris Saham Memiliki Saham yang Cukup Bagus untuk Investasi

Penting bagi setiap pemain saham memahami permasalahan dan sebab terjadinya suspend saham. Karena dalam saham kerugian yang didapatkan biasanya lebih besar daripada instrumen lain. Sehingga perlu analisa yang baik sebelum membeli sebuah saham, terutama pada perusahaan yang memiliki likuiditas rendah, jangan ambil risiko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *