gadai ajb rumah di bank bri

5 Hal yang Harus Disiapkan untuk Gadai AJB Rumah di bank BRI oleh Pemohon

Ketika seseorang membutuhkan suntikan dana, seringkali menghubungi bank untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan AJB. Salah satunya adalah bank BRI yang memfasilitasi nasabahnya untuk mengajukan gadai ajb rumah di bank BRI. Bila ingin melakukan gadai tersebut, sebaiknya mengetahui hal-hal apa saja yang harus disiapkan:

1. Siapkan Persyaratan yang Diminta

Saat datang ke bank untuk mengajukan gadai ajb rumah di bank BRI agar mendapatkan suntikan dana segar untuk tambahan modal, biasanya pihak bank BRI akan memberikan persyaratan apa saja yang harus dilengkapi oleh nasabahnya sebagai syarat untuk mendapatkan pinjaman tersebut.

Adapun syarat yang harus dilengkapi yaitu KTP Pemohon dan pasangannya, KK, fotokopi buku nikah dan tentunya fotokopi AJB. AJB ini berupa fotokopi terlebih dahulu saat pengajuan awal, bila pengajuan pinjaman  telah disetujui , AJB asli harus diserahkan kepada pihak bank BRI, selanjutnya akan dijadikan jaminan.

2. Pastikan Memiliki Pendapatan yang Sesuai

Meskipun nilai bangunan pada AJB tersebut cukup besar namun bank tidak akan memberikan pinjaman bila kapasitas penghasilannya minim. Pinjaman akan diberikan oleh pihak bank bila nilai angsuran yang menjadi kewajiban nasabah 0,25% dari penghasilan bulanan agar meminimalisir penyitaan agunan.

Bank berhak menolak pengajuan kredit tersebut bila penghasilannya terbatas karena angsuran harus dibayar setiap bulan meskipun telah menyimpan jaminan. Namun, bila penghasilannya minim,  akan kesulitan untuk membayar angsuran tersebut sehingga agunan akan disita bila tidak membayar angsurannya.

3. Rumah Milik Sendiri

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan bila ingin gadai ajb rumah di bank BRI, yaitu harus mengajukan AJB dari rumah milik sendiri. Jangan sampai menggadaikan AJB rumah orang lain atau atas nama orang lain karena hal tersebut berpengaruh pada proses persetujuan kredit yang ditunda untuk beberapa waktu.

Baca Juga  Jenis Kredit Bank BPD Bali yang Tersedia Sekarang

Mengajukan AJB dari rumah milik orang lain, pinjaman yang didapatkan tidak terlalu besar sehingga kemungkinan besar tidak akan cukup digunakan untuk tambahan modal usaha. Bahkan kemungkinan besar gadai tersebut akan ditolak oleh pihak bank karena jaminannya diragukan kepemilikannya serta dapat menimbulkan persengketaan di kemudian hari.

4. Ketahui Peraturan Pembayaran Angsurannya

Setelah persyaratan utama dilengkapi, pihak bank akan melakukan survey terlebih dahulu kepada nasabah yang mengajukan. Survey tersebut untuk mengetahui kebenaran alamat, kelayakan usaha serta kelayakan nilai jaminannya yang dapat mempengaruhi persetujuan kredit.

Saat survey dilakukan, nasabah akan diwawancarai terkait pinjaman tersebut dan peruntukannya. Selanjutnya nasabah akan menandatangani surat kesanggupan untuk membayar angsuran setiap bulannya. Kadangkala nasabah lupa akan jumlah angsuran yang harus dibayarkan, untuk menghindari hal tersebut nasabah harus cermat membaca surat tersebut.

5. Kenali Sanksinya Bila Lalai

Setiap nasabah yang mengajukan gadai ajb rumah di bank BRI akan terikat dengan kewajiban untuk membayar angsuran setiap bulan. Pastikan nasabah sanggup membayarnya karena bila lalai, nasabah akan diberikan sanksi serta penyitaan barang jaminan oleh pihak bank, bila hal itu terjadi nasabah telah melakukan wanprestasi.

Sanksi tersebut dituangkan dalam surat perjanjian antara nasabah dengan pihak bank BRI. Pastikan nasabah memahami peraturan tersebut, termasuk bila harus membayar denda bila pembayaran angsuran lewat dari jatuh tempo. Pahami hal tersebut agar nasabah tidak melakukan wanprestasi karena lalai membayar angsurannya.

Bank BRI dihadirkan untuk menyokong ekonomi kerakyatan, sehingga memberikan fasilitas  pinjaman bagi usaha kerakyatan. Salah satu jenis pinjaman yang diberikan adalah gadai AJB rumah yang memungkinkan nasabah mendapatkan pinjaman atas jaminannya berupa AJB rumah tersebut, sehingga penting mengetahui gadai ajb rumah di bank BRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *